8 Cara Menghemat Baterai Android hingga bertahan Seharian

8 Cara Menghemat Baterai Android hingga bertahan Seharian

8 Cara Menghemat Baterai Android hingga bertahan Seharian

Sebagai pengguna smartphone anda tentu sering merasakan baterai smartphone anda cepat habis, walaupun tidak semua smartphone berdaya baterai boros. Tetapi ada sebagian banyak orang yang memiliki kendala pada smartphonenya yakni baterai cepat habis atau boros. Hal ini akan sangat menggangu aktifitas anda, seperti browsing atau sekedar bersosial media bersama teman-teman anda.

Menghemat baterai android sangat baik untuk smartphone anda, agar bisa bertahan seharian atau lebih, sehingga anda bisa tetap menerima telpon atau melakukan aktifitas yang berhubungan dengan smartphone anda. pada saat samrtphone dalam keadaan hidup, namun beberapa orang justru tidak tahu bagaimana cara menghemat baterai smartphonenya. Ada sebagaian dari mereka yang sampai mematikan HPnya agar baterainya bisa bertahan lama.

Baca juga : 5 Efek samping saat anda bermain Android untuk Kesehatan

Ini tetntu juga tidak salah, namun pada saat anda mematikan handphone anda, tentu anda tidak akan bisa dihubungi oleh teman-teman anda jika nanti mereka ada perlu dengan anda. Nah berikut kami akan jelaskan beberapa cara menghemat baterai android untuk anda tanpa harus mematikan HP anda, simak baik-baik tipsnya.

1. Non aktifkan Aplikasi yang tidak dipakai

Aplikasi yang membutuhkan data merupakan salah satu faktor yang juga menguras baterai anda, ada baiknya anda non aktifkan atau paksa berhenti aplikasi yang sedang tidak anda gunakan, karena pada saat aplikasi tersebut berjalan, alikasi tersebut terus memperbaharui memperitahuannya, dan inilah yang akan membuatbaterai anda cepat berkurang.

2. Jangan gunakan live wallpaper

Wallpaper bergerak merupakan salah satu faktor yang mengurangi daya baterai anda, misalnya baterai anda sudah tinggal sedikit, saya sarankan anda mengganti wallpaper smartphone anda dengan gambar yang tidak bergerak, atau wallpaper dengan warna gela, hal ini akan mengurangi borosnya baterai android anda untuk bertahan cukup lama lagi.

3. Kurangi pencahayaan HP

Pada saat malam hari misalnya ketika dalam kondisi cahaya agak gelap atau saat baterai anda tinggal beberapa persen saja, ada baiknya anda kurangi intensitas pencahayaan smartphone anda, ikarena intensitas cahaya yang begitu tajam atau terang dapat mengurangi baterai anda apalahi saat kondisi baterai anda sedang menurun, ini malah akan mempercepat baterai anda cepat habis.

4. Susah sinyal

Pada saat anda berada disuatu daerah yang susah sinyal ada baiknya anda matikan paket data anda, hal ini dikarenakan kondisi susah sinyal akan membuat kerja HP anda lebih dalam mencari sinyal, yang akan membuat smartphone anda akan memakan daya lebih yang berakibat borosnya baterai.

5. Gunakan wifi

Saat anda sedang nongkrong atau sedang berada dikampus yang terjangkau oleh wifi ada baiknya anda gunakan wifi saja dalam melakukan aktifitas didunia maya, hal ini karena bersosial media didunia maya atau internetan menggunakan paket data lebih menguras baterai anda dibandingan berinternet dengan menggunakan wifi.

6. Gunakan mode hemat daya

Dalam smartphone ada fitur mode hemat daya ultra, mode ini memungkinkan untuk membatasi penggunaan aplikasi, mematikan mode Bluetooth dan wifi dan juga bebrapa fungsi laiinya yang manfaatnya bisa untuk mengehemat baterai smartphone anda agar bisa bertahan lama.

7. Hindari browsing video

Saat smarthone anda dalam kondisi baterai yang minim, ada baiknya anda untuk tidak melihat video baik itu di youtube atauun di instagram, karena menonton video merupakan salah satu faktor yang mengkonsumsi data dan daya baterai anda dengan cepat, jika anda berniat untuk menghemat baterai androin anda, sebaiknya menonton video bisa anda tunda dulu.

8. Hindari main game

Terkadang ada diantara kita yang hobi bermain game hingga lupa kalau baterainya hampir habis, ketika anda ingin menghemat baterai, hobi anda bermain gam harus dihentikan dulu, karena game merupakan salah satu faktor yang akan menguras baterai anda dengan sant cepat, faktor gambar bergerak, cahaya, dan paket data ketika anda bermain game online adalah masalah yang bisa membuat baterai cepat habis.

Lihat juga situs : Tips dan Trik masa kini
Buka Komentar