Pengertian, Penjelasan dan cara Memasang Ads.txt di Blogger

Pengertian, Penjelasan dan cara Memasang Ads.txt di Blogger

Pengertian, Penjelasan dan cara Memasang Ads.txt di Blogger

Pengertian atau penjelasan ads.txt atau Authorized Digital Sellers adalah konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Artinya bahwa kita memberikan izin pada pihak tertentu seperti Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga dapat mencegah invalid activity.

Pasti sobat banyak yang binggung dari penjelasan di atas bukan, sama dengan saya sebelumnya belum mengerti apa itu Ads.txt pada Google Adsense yang di pasang di daskboard Blogger. Pada tanggal 31 Januari 2018 Ads.txt sudah dirilis dan tutorialnya sebenarnya sudah ada di blog kompi ajaib tetapi selama 2 hari saya tidak mengaktifkannya karena tidak mengerti apa tujuannya.

Seperti yang sudah di jelaskan pada paragraf pertama bahwa tujuan dipasangnya Ads.txt adalah untuk memastikan inventaris iklan digital anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Jika sobat mendaftar Adsense melalui Daskboard blogger maka tidak perlu mengaktifkan Ads.txt tetapi jika akun Adsense berasal dari akun lain maka wajib sobat alihkan Ads.txtnya.

Untuk mengecek aktif atau tidaknya Ads.txt sobat bisa menggunakan link ini : http://www.domainAnda.com/ads.txt

Jika Ads.txt aktif maka akan tampil ID Penayang Google Adsense seperti contoh ini : google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Berbeda jika Ads.txt blog sobat tidak aktif maka akan ada error 404. Ada juga yang aktif tetapi ID Penayangnya berbeda dengan akun Adsense yang sobat pasang. Jadi cepat aktifkan Ads.txt supaya dapat di alihkan dengan akun adsense yang aktif. Perbedaan ini terjadi karena blog sobat pernah di daftarkan ke Google Adsense tetapi mengalami penolakan.

Akibat jika tidak mengaktifkan Ads.txt adalah iklan yang tayang di blog sobat bisa blank atau dinonaktifkan sementara. Ini saya lihat di beberapa teman Facebook banyak yang share pengalaman mereka, di saat belum mengaktifkan Ads.txt iklan blank tetapi setelah mengaktifkannya Iklan muncul kembali setelah beberapa jam kedepan. Jadi saran saya tetap aktifkan Ads.txt walaupun sobat tidak terlalu paham.

Cara mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Masuk ke daskboard Google Adsense lalu sobat lihat Publisher ID Google Adsense melalui menu >> Setting >> Account >> Account Information >> Lihat ID Penayang Adsense paling atas seperti gambar di bawah ini. Baca juga : Cara daftar Google Adsense terbaru 2018

Jika sudah mendapatkan Publisher ID Google Adsensenya maka langkah selanjutnya masuk ke Daskboard Blogger >> Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom Ads.txt >> Klik edit dan Copy Kode berikut : google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 (teks merah isi dengan ID Adsense sobat).

Bagaimana masih ragu memasang Ads.txt, mungkin untuk kita yang pemula masih terasa takut melakukan edit seperti saat melakukan pengaktifan robot.txt. Saya jamin aman karena hampir beberapa blog besar menganjurkan untuk mengaktifkan Ads.txt supaya iklan adsense sobat tidak blank karena ID Penayang tidak sesuai atau belum aktif Ads.txtnya.

Semua blog saya termasuk mastimon.com sudah saya aktifkan Ads.txt dan sudah saya sesuaikan dengan ID Akun Adsense yang terpasang supaya tidak ada masalah di kemudian hari. Jika saat mengaktifkan Ads.txt terjadi blank iklan maka tunggu saja setelah beberapa jam kedepan akan tampil kembali. Sekian dan semoga bermanfaat.
Buka Komentar