Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Setrika Yang Berkerak dan Lengket

Memang, masalah lengket dan kerak pada setrika Anda sangat mengganggu kenyamanan saat menyetrika. Noda-noda gosong dapat tertinggal di kain pakaian Anda. Bukannya malah tampak kinclong dan licin, malah akibatnya akan buruk setelah proses menyetrika selesai.

Cara Mengatasi Setrika Yang Berkerak dan Lengket:

1. Menggunakan Kain Basah

Bila kotoran yang menempel pada setrika tidak terlalu bandel, cukup menggunakan kain basah saja. Ambil kain basah, lap bagian lapisan bawah setrika sampai bersih. Lakukan ini ketika setrika dalam keadaan dingin. Lakukan pembersihan ini dengan teratur agar dapat mencegah setrika menjadi lengket kembali.

2. Odol

Kali ini setrika  Anda harus dalam kondisi dingin ketika pasta gigi digosokkan ke seluruh bagian permukaan setrika.

Kemudian jika sudah rata & meresap ke noda-nodanya sampai keraknya rontok, barulah Anda memanasi atau menyalakanya. Jika setrika anda memiliki fitur uap, nyalakan saja fitur tersebut untuk melakukan pemanasan uap ke kain sembarang selama kurang lebih 5 menit pertama.

3. Menggunakan Daun Pisang

Apabila Anda tinggal di daerah yang terdapar pohon pisang atau Anda dapat meminta sehelai daun pisang ke tetangga sebelah.

Caranya: Ketika setrika dalam keadaan panas usapkan pada bagian dalam daun pisangnya. Lapisan lilin pada daun pisang ini akan berpindah pada lapisan setrika. Sehingga lapisan permukaan setrika menjadi licin kembali.

4. Amplas

Amplas ini digunakan ketika kotoran atau kerak sudah sangat membandel sekali dan berkerak pada setrika Anda. Pilihlah jenis amplas yang paling halus teksturnya agar tidak merusak lapisan setrika. Gosokkan dengan lembut pada bagian setrika yang berkerak dan sulit dihilangkan.

Cara ini merupakan cara paling simpel untuk membersihkan bagian yang paling kotor dengan waktu yang tak begitu lama.

5. Menggunakan Lilin

Siapkan lilin secukupnya, sesuai keperluan Anda. Dan juga kain bekas. Nyalakan setrika dengan panas maksimal, bila sudah cukup panas gosokan atau oleskan lilin pada permukaan setrika yang lengket atau berkerak.

Lalu lap permukaan setrika yang terkena lilin pada kain yang telah Anda siapkan. Lakukan berulang-ulang samapai kotoran pada setrika Anda bersih dan tidak lengket lagi.

6. Memakai Cuka & Garam

Cara menggunakan cuka dan garam untuk membersihkan atau melicikan lapisan bawah setrika adalah:
  • Siapkan dulu panci, masukkan cuka putih dan garam dengan perbandingan 2 : 1.
  • Panaskan dengan tingkatan sedang hingga garam larut dalam cairan cukanya, jangan sampai airnya mendidih. Ketika air cuka & garam sudah mulai dingin, masukkan kain bersih ke dalamnya.
  • Lalu peras dan lap bagian lapisan yang kotor dan berkerak pada setrika Anda.
  • Nah, apabila ada bagian yang membandel dan sulit di bersihkan, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas dengan tekstur lembut.
  • Sebelum digunakan untuk menyetrika, cobalah dahulu pada sehelai kain, bila tidak lengket berarti proses membersihkan Anda telah berhasil.
Baca juga : Cara menghilangkan Bau Badan secara alami dengan cepat dan Terbukti

7. Menggunakan Baking Soda

Cara lain yang juga efektif  yaitu menggunakan baking soda yang telah dicampurkan dengan air. Aduklah campuran baking soda dan juga air hingga cairannya mengental dan membentuk seperti pasta. Gunakan pasta baking soda ini untuk mengoles bagian setrika hingga keraknya bersih. Penyebab Setrika Lengket atau Berkerak

Penyebab pertama:

Akibat terlalu sering menggunakan setrika untuk menyetrika sablon yang berbahan rubber. Karena bahannya itulah yang menyebabkan sisa sablonnya menggumpal melapisi bagian bawah setrika yang dapat membuat setrika menjadi lengket.

Penyebab kedua:

Akibat sangking lamanya setrika itu dipakai, maka kotoran yang menempel pada setrika semakin banyak dan menumpuk. Terutama ketika Anda menggunakan spray pewangi atau parfum pakaian untuk menyetrika bajumu.

Karena setrika yang menyerap lembab dari cairan spray atau parfum pakaian, menyebabkan kotoran pada lapisan setrika menebal dan inilah menyebabkan  setrika menjadi lengket.