Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh DOA Puasa Kristen

Berpuasa adalah bukan menahan haus dan lapar tetapi juga menahan emosi serta prilaku yang tidak baik. Dengan berpuasa diharapkan kita semakin dekat dan selalu bersekutu dengan Tuhan. Ada juga yang melakukan puasa karena sudah menjadi rutinitas setiap hari selasa dan kamis. Dengan begitu saat akan menutup Puasa dilakukan DOA Puasa yang dilakukan di Gereja bersama jemaat atau di rumah sendiri.

Doa Puasa yang dilakukan di Gereja biasanya dilakukan satu kali dalam satu minggu. Harinya di tentukan oleh Gembala dan Jemaat. Melakukan ibadah doa singkat disertai mendengarkan Firman Tuhan juga dilakukan. Ada yang menarik saat DOA puasa di Gereja karena selain lebih dekat dengan Tuhan kita bisa melakukan penyembahan Pujian menggunakan alat musik seperti saat Doa Malam.

Contoh DOA Puasa ini saya ambil dari beberapa sumber dan salah satunya saya buat sendiri. Sahabat tinggal perbaiki apabila ada kata kata yang kurang pas atau kurang enak di ucapkan. Ini adalah sebagai contoh doa puasa saja dan bukan merupakan sebuah kewajiban. Semakin sering sahabat berdoa maka akan semakin mudah mengungkapkan Doa di sebuah ibadah gereja atau di depan banyak orang.

Berdoa sendiri di rumah berbeda dengan berdoa di depan banyak orang. Dibutuhkan keberanian khusus dan pertolongan Tuhan agar semua ungkapan Doa sesuai dengan harapan semua orang. Persiapkan diri saudara sebelum berdoa dengan menyusun apa saja yang akan didoakan. Mulailah dengan mengucapsyukur terlebih dahulu baru masuk ke dalam DOA Permohonan.

Contoh DOA Puasa Kristen

Ya Allah Bapa yang maha pengasih, kami bersyukur kepadaMu pada hari ini bahwa kami telah dapat menyelesaikan tugas dan niat kami untuk menjalani puasa. Terimalah persembahan kami ini yang kecil dan tidak sempurna, ampuni segala kekurangan kami dalam sepanjang hari ini. Persatukanlah persembahan kami yang kurang berarti ini dengan kurban Kristus sendiri, yang telah rela menderita dan wafat demi keselamatan kami. Cucilah jiwa dan raga kami dengan darah Kristus yang telah tertumpah demi keselamatan kami. Sucikanlah jiwa dan raga kami oleh karena kurban Kristus itu. Dan layakkanlah kami menyambut Paskah mulia, agar kami pun kelak layak Engkau bangkitkan untuk menikmati hidup kekal dalam kebahagiaan dan turut dalam kemuliaan Kristus.

Kini perkenankanlah kami menyantap segala rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami, semoga oleh karena berkatMu, rezeki makanan dan minuman yang akan kami makan, semakin menguatkan jiwa dan raga kami untuk melanjutkan tugas dan kewajiban kami di dunia ini. Demi Kristus Tuhan dan penyelamat kami yang hidup, kami telah berdoa dan mengucap syukur, Haleluya Amin.

Berkat yang diterima saat Berdoa dan Berpuasa :
  1. Dapat menghadirkan terang TUHAN untuk menerangi jalan hidup kita (Yesaya 58:8)
  2. Dapat mendatangkan kesembuhan. (Yesaya 58:8)
  3. Mendatangkan perlindungan. (Yesaya 58:8)
  4. Dapat memulihkan hubungan dengan TUHAN. (Yesaya 58:9, lihat ayat 2 juga)
  5. Mendatangkan jawaban dan hadirat TUHAN. (Yesaya 58:9)
  6. Mendatangkan pimpinan dan pemeliharaan TUHAN. (Yesaya 58:11)
  7. Mendatangkan kesegaran dan kekuatan baru. (Yesaya 58:11)
  8. Mendatangkan kepuasan. (Yesaya 58:11)
  9. Mendatangkan perubahan atau pembaharuan total (Yesaya 58:12)

Cara berpuasa yang baik dan benar :
  1. Tentukan tujuan saudara berpuasa
  2. Buatlah komitmen saudara dengan Tuhan, berapa kali saudara berpuasa dalam satu minggu atau satu bulan.
  3. Persiapkan diri saudara untuk mengakui setiap dosa dan mencari pengampunan.
  4. Persiapkan Fisik saudara saat akan berpuasa supaya dapat menjalankan Puasa dengan baik.
  5. Jadwalkan waktu dengan Tuhan saat Puasa mulai Penyembahan, Berdoa dan membaca Firman Tuhan mulai pagi, siang dan sore hari.
  6. Akhiri Puasa dengan cara bertahap yaitu jangan makan terlalu terburu buru dan jangan sekaligus banyak.
  7. Nikmati hasilnya saat selesai berpuasa.

Itulah contoh Doa Puasa Kristen bersama Jemaat di gereja lengkap dengan cara berpuasa dan berkat yang diterima. Waktu berpuasa silahkan saudara membuat jadwal yang baik mulai berpuasa sampai dengan mengakhiri puasa. Puasa yang pernah saya jalankan adalah tidak makan dan minum mulai makan malam hari sebelumnya sampai jam 16.00 Sore. Selamat berpuasa, semoga komitmen saudara dengan Tuhan membawa  di kehidupan yang lebih baik, Amin.