Cara memperpanjang KT Motor (STNK) setelah 5 Tahun

Cara memperpanjang KT Motor (STNK) setelah 5 Tahun

Cara memperpanjang KT Motor (STNK) setelah 5 Tahun

Selamat pagi sahabat mastimon.com, pagi ini saya akan ke kota untuk melakukan pengurusan perpanjangan STNKmotor yang masa berlaku KT nya telah habis atau sudah 5 tahun. Pengantian masa aktif KT motor dilakukan setiap 5 tahun sekali dengan sobat bisa melihatnya angka bulan dan tahun di plat motor. Bisa juga sobat lihat di STNK masa berlakunya.

Supaya perpanjangan masa aktif KT Motor tidak kena denda maka usahakan urus sebelum KT tersebut benar benar mati. 1 hari keterlambatan maka dendanya cukup besar karna perhitunganya sama dengan lambat 1 bulan. Maka sobat bisa mengurusnya sebelum jatuh tempo. Persiapkan semua berkas sebelum datang ke Samsat pusat di kota anda.

Tahap pertama dari rumah maka sobat persiapkan semua berkas asli seperti KTP pemilik motor, STNK lengkap dengan Pajak Motornya, BPKB Motor, Kartu Keluarga yang ada nama pemilik motor. Jika sobat tidak memiliki KTP (hari gini ngak punya ktp !!!) sobat bisa membawa SIM Pemilik motor. Tidak perlu sobat fotocopy karena di kantor kepolisian sudah ada tempat FC dan disipkan map yang dibutuhkan.

Satu lagi yang perlu sahabat inggat adalah membawa motor yang STNKnya akan kita perpanjang karena di sana ada proses gesek kerangka mesin. Jika semua syarat di atas sudah lengkap maka sekarang sobat bisa meluncur ke tempat perpanjangan STNK Motor. Jangan datang ke tempat sobat mengurus perpanjangan Pajak STNK 1 tahun karna bukan disitu tempatnya.

Tempat Perpanjangan STNK Motor setelah 5 tahun

Setiap kota di indonesia berbeda beda tempat dan alamat untuk pengurusan perpanjangan KT Motor. Saat ini yang saya lakukan adalah di kota Samarinda maka saya datang ke Samsat di Jl.K.H. Wahid Hasim, Samarinda. Lokasinya disamping Stadion Sempaja dan jika anda binggung bisa gunakan Google Map dengan kata kunci alamat tersebut.

Datanglah ke Samsat pusat dan jangan di cabang karena di Samsat cabang tidak bisa proses STNK sampai selesai keluar KT Motor. Silahkan anda cari Samsat pusat di kota anda tinggal supaya pembuatan atau perpanjang STNK bisa cepat selesai. Jika anda baru pertama kali cari tempat Fotocopy karna disana anda bisa tanya syarat apa yang diperlukan.

Syarat perpanjangan STNK setelah 5 Tahun

Untuk perpanjangan STNK Motor anda wajib membawa berkas asli seperti :
- BPKB Motor
- STNK Motor
- KTP atas nama Motor
Masing masing anda fotocopy sebanyak 2 lembar dan bawa ke loket pendaftaran maka sobat akan diberi stiker untuk gesek mesin motor.

Proses jalur Perpanjangan STNK di Samsat :
  1. Bawa fotocopy 2 rangkap BPKB, STNK dan KTP tempat pendaftaran.
  2. Anda akan diberi stiker untuk gesek no rangka mesin motor. Harap membawa obeng karena jika no rangka mesin ada di dalam anda harus membukanya sendiri.
  3. Setelah gesek mesin kembali lagi ke tempat pendaftaran tadi maka anda akan diberikan lembaran blanko yang harus di isi.
  4. Isi lengkap blanko dan bawa ke tempat pemeriksaan berkas dan nanti akan dikasih map biru.
  5. Saat penyerahan berkas anda akan diberikan form yang di isi lagi. Setelah selesai serahkan kembali.
  6. Tunggu beberapa saat untuk mendapat panggilan dari Kasir untuk proses pembayaran.
Baca juga : Syarat dan Cara membuat SIM A, SIM C, SIM BI, SIM BII dengan mudah

Biaya Perpanjangan STNK Motor 5 Tahun

Untuk biaya perpanjangan STNK Motor setelah 5 tahun berbeda saat kita bayar Pajak kendaraan Motor setiap satu tahun sekali. Ada biaya di luar pajak, seperti sudah saya tampilkan pada gambar di atas. Proses pembayaran di kasir menggunakan Bank BPD. Ada biaya Pokok PKB, Pokok SWDKLLJ, Bea Adm STNK dan Bea Adm TNKB.

Untuk biaya STNK 5 tahunan di luar pajak berbeda beda antara Roda 2 dengan Roda 4, Jika Roda 2 hanya dikenakan biaya Rp.100.000 sedangkan untuk Roda 4 dikenakan biaya Rp.200.000. Setelah membayar di kasir maka tunggu sebentar sekitar 15 menit STNK lengkap akan diserahkan dengan menunjukkan nomor antrian.

Pengambilan KT Motor

Setiap 5 tahun KT motor yang kita miliki akan diganti dengan KT yang baru. Setelah STNK diserahkan maka silahkan anda datang ke tempat pendaftaran penyerahan berkas STNK lama tadi. Serahkan bukti pembayaran Bank BPD untuk di Stampel. Bukti pembayaran ini selanjutnya untuk mengambil KT Baru motor yang kita miliki.

Untuk pengambilan KT Motor saat ini cukup baik karena jika sobat datang di pagi hari, dapat dipastikan KT bisa jadi hari itu juga. Tetapi jika sobat datangnya sudah lewat dari pukul 09.00 pagi maka KT Motor bisa di ambil besok harinya. Pelayanan pembuatan KT Motor ini terbilang cepat untuk saat ini karena jika dulu di tahun 2016 KT Motor baru selesai dibuat setelah menunggu berbulan bulan.

Nah itulah cara memperpanjang STNK Motor setelah 5 tahun lengkap dengan Syarat dan Biaya. Untuk biaya pajak motor berbeda beda tergantung dari cc dan tahun pembuatan motor tersebut. Semakin lama usia motor anda maka semakin murah pembayaran pajaknya. Semoga bermanfaat artikel yang saya buat ini dan semoga anda berhasil memperpanjang STNK Motor di samsat dengan lancar.
Buka Komentar