Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mencegah dan mengatasi serangan Virus Malware Ransomware Wannacrypt

Malware Ransomware Wannacrypt adalah Perangkat lunak yang berbahaya yang dapat mengancam Komputer atau Laptop sahabat dengan cara melakukan Enkripsi/Penguncian terhadap seluruh data yang ada di komputer sahabat sampai dengan sahabat membayar uang tebusan terhadap orang yang membuat perangkat lunak tersebut.

Sistem operasi yang terdampak oleh serangan WannaCrypt adalah sistem operasi Microsoft Windows versi 8 ke bawah. Hingga kini, WannaCrypt dilaporkan tidak menyerang gawai (smartphone dan tablet).

Jangan kuatir dan panik untuk sahabat tetap melakukan aktifitas di internet. Dengan sedikit tips dari kominfo.go.id mudah mudahan komputer sahabat tidak terkena virus tersebut. Berikut adalah Tips yang disampaikan oleh kominfo :
  1. Sebelum menyalakan komputer atau server, terlebih dahulu matikan Hotspot / Wifi dan  cabut koneksi kabel LAN / Internet
  2. Setelahnya, segera pindahkan data ke sistem operasi non windows ( linux, mac ) dan/atau lakukan BACK UP/COPY semua data ke MEDIA STORAGE TERPISAH
  3. Lakukan Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft. Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download menggunakan komputer biasa, bukan komputer yang berperan penting
  4. Lakukan update Antivirus, Contoh AV: Kaspersky Total Security, Eset, Panda, Symantec yang bisa download versi trial untuk 30 hari gratis dengan fungsi atau fitur penuh dan update. Pastikan AV meliputi ANTI RANSOMWARE. Sahabat juga bisa Instal Antivirus Smadav, berikut adalah Cara Donlowad, Instal dan Registrasi Smadav Pro terbaru.
  5. Non aktifkan fungsi SMB (Server Message Block) dan jangan mengaktifkan fungsi macros
  6. Blok Ports: 139 / 445 dan 3389
Berikut adalah tampilan ANTISIPASI SERANGAN MALWARE RANSOMWARE WANNACRYPT dari kominfo

Mengantisipasi lebih awal adalah cara terbaik menangulangi Virus yang dapat masuk ke komputer kita daripada sahabat memperbaiki komputer yang sudah terkena Virus. Selamat mencoba dan semoga komputer kita terbebas dari segala jenis Penyakit yang namanya Virus.