Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kunci SINYAL 4G Android supaya tindak menggunakan jaringan 3G

Jaringan 4G atau LTE saat ini sudah mulai tersebar di seluruh wilayan Indonesia. Jaringan tercepat ini memberikan kuota internet yang cukup murah dibandingkan jaringan 3G. Dengan hanya mengeluarkan dana 50.000 saja anda sudah bisa mendapatkan jaringan LTE/4G sampai di atas 10 GB dan jika kita belikan kartu internet yang hanya memiliki jaringan 3G hanya mendapatkan 3GB.

Sebelumnya mastimon.com sudah membuat artikel : Cara setting sinyal 4G Samsung J3 terbaru dan terupdate 2017. Untuk memilih jaringan 4G yang utama tetapi jika jaringan LTE tidak ada akan otomatis ke Jaringan 3G. Cara tersebut bisa anda gunakan apabila anda memiliki kuota Internet dengan Jaringan 4G dan Jaringan 3G karna walaupun dimanapun anda berada anda tetap bisa menggunakannya.

Berbeda dengan anda yang hanya memiliki kuota Internet dengan Jaringan 4G saja karena kuota jaringan 3G sudah habis makan anda bisa mengunci sinyal 4G anda dengan beberapa cara dibawah ini. Perlu anda tau bahwa jaringan 4G jika tidak terlalu kuat maka jaringan anda akan beralih ke 3G. Cara ini menggunci jaringan 4G walaupun jaringan tersebut tidak terlalu kuat.

Beberapa cara dibawah ini anda bisa mencoba salah satunya. Saran saya anda coba mulai dari cara pertama dan apabila tetap tidak bisa maka gunakan cara berikutnya. Masing masing Type HP Android berbeda beda seperti Sony, Oppo, Advan, Lenovo cukup mudah menggunakan cara satu tetapi untuk Samsung J3 saya menggunakan cara terakhir.

Cara kunci Sinyal LTE/4G langsung di Pengaturan Handphone
  1. Buka HP android anda
  2. Usap layar dari atas dan lihat dipojok kanan ada gambar GIR (Pengaturna HP) Klik saja
  3. Pilih Jaringan Selular
  4. Klik Mode Jaringan
  5. Lihat Pilihan yang anda Temukan, jika Pilihan jaringan LTE/4G Only silahkan dipilih tetapi jika LTE/3G/2G (sambung otomatis) itu masih menggunakan cara otomatis jadi jika jaringan 4G tidak ada akan beralih ke jaringan 3G.

Cara kunci Sinyal LTE/4G dengan kode Khusus
  1. Ketik kode ini *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada dial pad pada ponsel anda.
  2. Secara otomatis, anda akan diarahkan ke menu "Pengujian"
  3. Selanjutnya pilih "Informasi Perangkat"
  4. Scroll ke bawah dan temukan "Set preferred network type" kemudian pilih "LTE only"
  5. Kembali atau tutup menu tersebut dan tunggu beberapa saat
  6. Selesai.

Mungkin kedua cara di atas tidak berhasil anda lakukan pada android yang anda punya. Seperti Samsung J3 yang saya miliki tidak berhasil dan layar tidak menunjukan settingan LTE/4G. Cara pertama bisa tetapi masih menggunakan otomatis dan jaringan yang tampil lebih banyak 3G. Untuk cara yang kedua setelah diketik itu kodenya pada layar Samsung J3 saya tidak tampil menu pilihan seperti Handphone Sony, Oppo, Lenovo, Advan dan merek Android lainnya.

Setelah mencari dan terus mencari di mbah google ternyata saya menemukan cara lain yaitu dengan cara Menggunakan Aplikasi Tambahan (Rooted Only). Jika menggunakan aplikasi tambahan sudah pasti sedikit mengangu performa handphone tetapi jika anda inggin menggunakannya dipersilahkan, nama Aplikasinya Advanced Signal Status. Tunggu dulu sebelum menginstal Aplikasinya anda bisa mencoba lagi cara dibawah ini.

Cara kunci Sinyal LTE/4G Paling OKE
  1. Masuk menu telepon ketik *#0011# (Ketika pencet pagar terakhir otomatis masuk laman menu)
  2. kemudian Pilih Back di pojok kanan atas
  3. Selanjutnya Pilih Input masukan Q (Wajib Huruf Besar).
  4. kemudian Pilih Back sebanyak 2 kali (inggat klik BACK 2 kali)
  5. Dilanjutkan Pilih Input masukan angka 0000 (Bukan huruf ya tetapi angka)
  6. Pilih Debug Screen 
  7. Setelah itu Phone Control (No. 8)
  8. Pilih Network Control (No. 7)
  9. Pilih Band Selection (No. 2)
  10. Pilih Band Selection SIM 1 (No 1) atau SIM yang akan kita aktifkan jaringan 4G / LTE. Jika SIM 2 maka anda pilih Band Selection SIM 2.
  11. Pilih LTE1 Band (Ini wajib jangan pilih LTE2 Band walaupun internet yang di pakai SIM 2.
  12. Pilih LTE ALL
  13. Jaringan akan otomatis menjadi 4G/LTE Only

Untuk cara terakhir pasti berhasil anda terapkan pada Handphone Samsung karena terbukti Jringan Internet pada HP saya selalu LTE/4G yang tampil walaupun hanya terlihat satu mata jaringan. Karena cara cara di atas tidak saya sertakan gambar lengkap maka apabila anda mengalami kesulitan atau masalah silahkan anda tanyakan pada kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga anda berhasil mengunci sinyal LTE/4G pada handphone yang anda miliki.