Cara pindah Sekolah SD, SMP, SMA lengkap dengan biaya

Cara pindah Sekolah SD, SMP, SMA lengkap dengan biaya

Cara pindah Sekolah SD, SMP, SMA lengkap dengan biaya

Memiliki seorang anak adalah hal terindah yang saat ini saya rasakan. Tidak terasa Checilia sudah berusia 8 tahun. Puji Tuhan naik kelas 3 SD saat ini. Belajar TK dulu dekat rumah di bukuan tetapi masuk ke SD tidak bisa karena SDN 009 Bukuan menentukan usia yang bisa masuk. Keingginannya yang kuat untuk sekolah maka saya masukkan di SDN005 Palaran dekat rumah Opanya.

Berjalannya waktu inggin sekali si kecil selalu bersama di rumah karna selama ini tinggal dengan omanya. Cukup jauh jarak tempuhnya sehingga jika berangkat sekolah dari rumah harus menggunakan kendaraan bermotor. Saat hujan juga harus di terjang dan rasa kasihan si kecil harus kedingginan kebasahan maka sepakat dengan istri untuk dipindahkan sekolahnya.

Walaupun dulu tidak diterima oleh SDN009 dekat rumah karena usia maka naik ke kelas 3 ini sudah bisa saya pindahkan. Awalnya pesimis karena belum tentu SD tersebut ada peluang unyuk masuk tetapi puji Tuhan setelah di periksa ada peluang untuk bisa pindah. Nah ini adalah tips dan trik supaya dapat pindah sekolah dengan mudah yang saya lakukan.


Langkah 1 : Dayang ke sekolah yang di tuju untuk Pindah, Kali ini saya datang ke SDN 009 Bukuan.
Langkah 2 : Masuk ke ruangan bagian Tata Usaha untuk menanyakan apakah ada kursi atau peluang anak bisa masuk SD tersebut.
Langkah 3 : Jika ada maka tunggu sebentar karena pasti anda akan dibuatkan Surat Pindah tersebut seperti gambar dibawah ini.

Langkah 4 : Bawa surat keterangan siap menerima mutasi dari SDN 009 tersebut ke SDN 005.
Langkah 5 : Dari SDN 005 anda akan dibuatkan surat permohonan pindah sekolah yang di tanda tangani oleh orang tua.

Langkah 6 : Dari SDN 005 juga akan dibuatkan Surat Keterangan Pindah Sekolah yang di tandatangani oleh Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

Langkah 7 : Ambil Raport pada Guru Wali Kelas untuk di serahkan ke SDN yang baru.

Langkah 8 : Bawa raport, Surat Keterangan Pindah Sekolah, Surat Permohonan Pindah Sekolah dari Orang Tua dan Surat Keterangan Siap Menerima Mutasi ke Dinas Pendidikan Kota untuk di tandatangani.
Langkah 9 : Jika semua sudah lengkap tanda tangannya maka Foto Copy semua berkas 2 rangkap. Asli untuk SDN 009 dan Foto copy untuk SDN005 dan arsip orang Tua.
Langkah 10 : Selesai dan si anak sudah bisa ke Sekolah yang baru.


Pada umumnya cara pindah sekolah SD, SLTP dan SMU tidaklah berbeda, hanya saja untuk biaya yang dibutuhkan yang berbeda. Perbedaan biaya yang paling terlihat adalah biaya gedung jika dipindahkan pada sekolahan Swasta. Jika anda tetap masukan pada sekolah negri maka biaya yang dikeluarkan tidaklah banyak.

Cara belajar juga menentukan biaya karena pada sekolah yang baru biasanya berbeda buku panduan belajar jadi anda harus siapkan dana untuk beli buku. Pakaian Olah Raga dan batik juga harus dibeli yang baru karena setiap sekolah memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk saat ini saya belum bisa melampirkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk pindah sekolah karena sampai hari ini belum ada permintaan biaya dari sekolah yang baru. Pelajaran baru akan dimulai pada pertengahan bulan juli jadi sabar ya nanti saya update biaya apa saja yang dikeluarkan saat pindah sekolah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memudahkan anda untuk memindahkan sekolah anak. Jika ada kesalahan dalam penulisannya mohon di kritik melalui kolom komentar, Terimakasih dan semoga berhasil.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

HANYA DENGAN RP.50.000 SUDAH MENDAPATKAN BLOG CANTIK DAN DAPAT BONUS TEMPLATE PREMIUM, PEMESANAN SILAHKAN KLIK LINK INI, TEMPLATE SUPER SEO CEPAT TERDETEKSI GOOGLE