Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi sinyal Android lemah dengan 6 trik jitu dan berhasil

Android adalah alat komunikasi yang dapat mengambil gambar, vidio dan dapat digunakan untuk bermain game. Memiliki android dengan merek ternama seperti Samsung, Lenovo, HTC, Asus Zefone dan Xiaomi sudah cukup membuat para pengunanya dimanjakan dan malas untuk beranjak. Spesifikasi android sangat menentukan aplikasi apa saja yang dapat digunakan karena jikapun dipaksakan dengan spesifikasi rendah maka aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik.

Spesifikasi HP Android apapun tidak mempengaruhi sinyal jaringan karena penentuan kecepatan internet ditentukan oleh kartu internet yang anda gunakan. Keluhan sering terjadi pada saat mengunakan handphone Android adalah sinyal tiba tiba hilang pada saat saat tertentu dan tidak dapat di gunakan untuk menelpon ataupun membuka vidio di youtube.

Pada saat ini jaringan yang paling banyak digunakan adalah Jaringan LTE atau yang sering kita dengan Jaringan 4G. Tidak semua HP android memiliki jaringan 4G karena ini adalah jaringan yang baru diberikan belum lama ini. Untuk HP android yang keluar pada tahun 2017 sudah memiliki jaringan 4G dan HP Android keluaran lama sudah pasti hanya memiliki jaringan 2G dan 3G.


Harga paket Internet 4G cukup murah dan terpaut cukup jauh dengan paket internet 3G. Hanya dengan 50.000 anda sudah mendapatkan puluhan GB jaringan 4G tetapi jika anda membeli jaringan 3G hanya mendapatkan paling besar 3 GB. Cukup jauh bukan harganya, maka dari itu pada saat ini banyak yang berlomba lomba memilih HP dengan jaringan 4G.

Sudah memiliki android dengan jaringan 4G tetapi mengapa jaringan bukannya lebih cepat tetapi sering hilang dan jaringan tidak dapat digunakan. Bagi anda pengguna Samsung J3 maka anda bisa membaca pengalaman di artikel ini : Cara setting sinyal 4G Samsung J3 supaya mendapatkan sinyal Kuat. Cukup efektif yang saya lakukan terhadap Android Samsung J3 yang saya gunakan saat ini.

Untuk anda pengguna android semua merek jika mengalami dengan jaringan dapat mencoba yang saya lakukan pada samsung J3 saya itu tetapi jikapun masih mengalami sinyal lemot maka anda bisa mencoba dengan beberapa tips berikut yang banyak digunakan oleh para pengguna Android. Semoga berhasil dan selamat menyimak.

1. Aktifkan ulang Ponsel android anda

Cara ini paling sering saya gunakan apabila jaringan lemot pada saat bermain internet ataupun bermain game. Mungkin anda seharian sudah menggunakan android tanpa istirahat maka terjadilah panas pada HP tersebut sehingga mengakibatkan proses RAM melambat. Dengan merestart android maka android anda akan terasa Fresh kembali dan kecepatannya semakin baik. Jaringan akan mencari kembali dan menemukan jaringan baru sehingga sinyal 4G semakin kuat.

2. Setting ke mode Jaringan yang sesuai

Mengapa kita harus mengatur jaringan yang sesuai dengan wilayah anda karena jaringan memiliki urutan sebagai berikut : LTE/4G => 3G => 2G. Jika di tempat anda sudah ada jaringan 4G maka anda sudah bisa mensetting 4G tetapi jika diwilayah anda hanya ada jaringan 3G Maka pilih jaringan 3G. Cara ini juga berlaku apabila diwilayah anda hanya memiliki jaringan 2G karena dengan anda mengatur jaringan tersebut maka akan semakin kuat dan maksimal sinyal yang di gunakan.

3. Posisikan anda pada tempat yang tinggi

Naik ke puncak gunung untuk mencari sinyal seperti anda di daerah pedalaman saja. Di hutan biasanya apabila tidak terdapat sinyal ada beberapa orang yang mencoba dengan menaiki pepohonan. Cara tersebut termasuk berhasil karena sinyal atau jaringan tidak bisa di tangkap apabila terhalang oleh gunung. Jikapun anda tidak bisa naik ke puncak gunung, pergilah ke lapangan terbuka yang tidak terdapat gunung, biasanya di pinggir sungai atau laut memiliki sinyal yang kuat.

4. Gunakan Kartu Internet yang sesuai

Telkomsel adalah jaringan yang terbilang baik di tempat saya karena dimanapun saya berada jaringan ini sudah terdapat jaringan LTE/4G. Disamping telkomsel anda juga bisa mencoba kartu Tree yang mana kartu ini banyak digunakan pada modem untuk bermain internet di Laptop. Saran saya sebelum anda membeli kartu internet maka survey dulu ke beberapa pengguna kartu apa yang memiliki sinyal kuat di daerah anda.

5. Ganti HP Android anda

Setiap HP android memiliki spesifikasi yang berbeda beda. Sebelumnya saya sudah menyebutkan bahwa apapun android anda tidak akan berpengaruh terhadap sinyal. Pernyataan itu berlaku apabila di daerah anda memiliki jaringan yang baik. Apabila jaringannya susah maka spesifikasi HP atau merek HP akan berpengaruh terhadap kecepatan jaringan. Saran saya anda membeli Android dengan merek Samsung karena terbukti sudah saya gunakan tidak ada masalah dengan jaringan.

6. Gunakan stiker penguat Sinyal

Awalnya saya ragu apakah stiker ini dapat menangkap sinyal atau tidak. Setelah dilakukan penelitian ternyata memang benar stiker ini dapat menangkap sinyal yang tidak dapat di tangkap oleh Jaringan HP tersebut. Pada stiker tersebut terdapat logam yang fungsinya sebagai antena eksternal ponsel. Stiker penguat sinyal tersebut bisa anda dapatkan di Lazada, bukalapak ataupun website penyedia jual beli lainnya.