Tips MUDIK yang aman agar selamat sampai tujuan

Tips MUDIK yang aman agar selamat sampai tujuan

Tips MUDIK yang aman agar selamat sampai tujuan

Mudik adalah kegiatan untuk berangkat ke kampung halaman atau pulang ke tempat tinggal orang tua setelah menjalani pekerjaan di tempat lain. Pada saat cuti ataupun hari libur adalah waktu yang tepat untuk melakukan mudik. Berkumpul bersama orang tua, saudara dan teman masa kecil adalah tujuan utama dari mudik itu sendiri.

Waktu mudik di indonesia identik dengan hari raya Idul Fitri. Dimana 2 minggu sebelum hari raya lebaran para pemudik sudah mulai memenuhi setiap jalanan. Ada yang menggunakan pesawat terbang, kereta api, bus, mobil pribadi ataupun menggunakan kendaraan bermotor.

Tetapi perlu di inggat oleh para pemudik bahwa jika melakukan mudik dengan kendaraan umum maka biaya transportasi cukup tinggi. Bisa mencapai dua kali lipat harga normal. Berlomba lomba membeli tiket satu bulan sebelum keberangkatan adalah solusi yang banyak digunakan oleh para pemudik.

Tidak baik jika kita membahas tentang mudik tetapi tidak berbagi tips aman melakukan mudik agar selamat tujuan. Tips ini banyak di abaikan karena hal ini cukup sepele tetapi jika anda abaikan maka nyawa yang menjadi taruhannya. Bukan hanya anda tetapi seluruh penumpang atau keluarga yang anda bawa juga ikut merasakannya.

Tips MUDIK agar aman dan selamat sampai tujuan

Yang dibawa saat MUDIK :
  1. Kartu ATM, KTP, STNK, SIM. Kartu Kredit atau kartu untuk transaksi non-tunai atau cashless supaya mempermudahkan kita pada saat membeli makanan atau bahan bakar.
  2. Power Bank atau Charger di mobil supaya alat komunikasi (Handphone) tetap menyala karena semua informasi kita bisa dapatkan melalui HP.
  3. Bantal Leher untuk mengatasi nyeri pada leher saat menggunakan BUS, Taxi atau mobil Pribadi
  4. Bawalah Jaket atau pakaian hangat karena angin dalam perjalanan dapat menganggu kesehatan anda.
  5. Handphone dan alat untuk mendengarkan Musik supaya dalam perjalanan tidak merasa jenuh.
  6. Kipas angin portabel, bentuknya kecil dan mudah dibawa kemana mana, jika anda membawa anak kecil kipas angin mini ini sanggat berguna saat rasa panas berada di kendaraan.
  7. Senter sangat berguna saat kendaraan anda mengalami masalah pada saat malam hari.
  8. Perlengkapan P3K yang dilengkapi dengan obat obatan yang diminum seperti obat Antimo dan obat luar apabila terjadi luka.
  9. Peralatan kendaraan seperti Obeng, Kunci Inggris, Dongkrak, Pompa ataupun peralatan mobil atau motor jika menggunakan kendaraan pribadi.

Mudik menggunakan kendaraan UMUM

BUS atau Taxi cukup aman jila kita gunakan untuk melakukan mudik karena kita hanya perlu mempersiapkan makanan dan obat apabila di perjalanan merasa lapar ataupun mabuk. Pilihlah kendaraan umum yang aman dengan cara survey ke beberapa travel untuk melihat kondisi kendaraan apakah sudah sesuai standar atau belum. Jika kendaraan tersebut tidak layak di gunakan jangan coba di ikuti karena resiko terjadinya kecelakaan cukup tinggi.

Mudik menggunakan Kendaraa Pribadi

Jika anda menggunakan kendaraan Pribadi seperti Mobil atau Motor maka anda harus mempersiapkan barang barang yang harus di bawa (baca diatas). Tahap pertama yang harus dipersiapkan adalah Kendaraan yang akan anda gunakan harus dilakukan service ke bengkel atau dealer terlebih dahulu. Pastikan semua diperiksa mulai mesin, oli, air radiator sampai dengan kondisi baut di setiap ban mobil atau motor.

Hal yang harus di perhatikan saat Perjalanan MUDIK

Istirahat yang cukup adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh sang pengemudi atau sopir kendaraan. Kelelahan pada saat mengemudikan Mobil atau Motor dapat mengakibatkan kecelakaan. Jika anda melakukan perjalanan yang cukup jauh maka usahakan berinstirahat di tempat atau di titik titik tertentu yang di tentukan supaya rasa lelah terhadap sang Sopir tidak terjadi. Setipa kendaraan berhenti atau istirahat usahakan sambil melihat kondisi kendaraan apakah masih dalam kondisi aman atau tidak. Jika ada dirasa ada komponen kendaraan yang bermasalah jangan dipaksakan untuk melakukan perjalanan, carilah bengkel terdekat untuk memperbaikinya.

Tips MUDIK ini adalah hanya beberapa dari perjalanan yang saya lakukan supaya tetap aman di perjalanan. Jangan mengabaikan hal yang sepele di karena dari hal yang kecil tersebut akan berakibat Fatal. Semoga perjalanan anda selalu aman dan diberikan kelancaran selama perjalanan MUDIK dan bisa balik kembali bekerja setelah berkumpul bersama keluarga dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017 ini.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar