-->

10 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu buah kelapa. Tidak hanya memiliki daging yang nikmat dan lembut di dalam, buah kelapa juga memiliki kandungan air yang baik untuk kesehatan. Tahukah Anda apa saja manfaat minum air kelapa muda untuk kesehatan tubuh? Ada banyak kandungan vitamin dalam buah kelapa yang membuat air kelapa muda memiliki banyak sekali khasiat.

Air kelapa sendiri memiliki ciri khas rasa yang segar sehingga dapat menghilangkan haus dan dahaga khususnya pada saat cuaca yang panas atau setelah melakukan aktivitas yang berat. Tentu ada banyak orang yang menyukai minuman air kelapa karena alasan ini. Namun, yang lebih penting air kelapa memberikan beragam manfaat baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Air kelapa muda khususnya mengandung zat besi dan vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Selain itu buah kelapa mengandung banyak air dengan kandungan lemak yang sangat sedikit sehingga akan sangat baik untuk dikonsumsi. Bagi Anda para penyuka minuman air kelapa muda, mari kita simak manfaat minum air kelapa muda untuk menjaga kesehatan tubuh.

10 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh


1. Mengatasi Pencernaan yang bermasalah

Manfaat pertama air kelapa muda untuk kesehatan yang disebutkan dalam daftar ini adalah khasiatnya dalam mengatasi masalah pada pencernaan. Masalah pencernaan bisa diatasi karena air kelapa muda sendiri memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk menghambat gangguan pencernaan. Kandungan tersebut beberapa diantaranya adalah enzim, asam amino dan zat lainnya.

Air kelapa muda bahkan disebut sebut sebagai obat alami untuk diare sampai dengan keracunan karena sifatnya yang mampu meminimalisir. Tidak heran dalam beberapa kasus, air kelapa muda murni seringkali dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk orang orang yang sedang mengalami keracunan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa muda juga mengandung antioksidan yang efektif dalam menangkal paparan radikal bebas. Sebagaimana yang kita tahu radikal bebas sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan manusia sebab bisa menimbulkan banyak penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, Anda perlu kekebalan tubuh yang baik. salah satu alat bantunya adalah dengan minum air kelapa muda.

3. Mengurangi resiko penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal sudah cukup banyak dialami oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Apalagi untuk biaya pengobatannya bukanlah murah melainkan cukup mahal. Namun, jangan khawatir mulai dari sekarang cobalah untuk melakukan tindak pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air kelapa muda yang memiliki khasiat dalam meminimalisir resiko terhadap penyakit batu ginjal.

Untuk manfaat yang satu ini memang masih perlu diteliti lebih dalam lagi, namun beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa minum air kelapa dapat mengikis adanya penumpukan kristal di dinding ginjal ataupun kantung kemih yang menjadi faktor penyebab penyakit batu ginjal.

4. Menghindari Penyakit Jantung

Jantung adalah salah satu organ yang vital dalam tubuh manusia sehingga penyakit jantung dapat dikatakan sebagai penyakit yang mematikan. Di Indonesia, penyakit jantung sudah sering terjadi karena kebiasaan kebiasaan buruk yang dilakukan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya pola makan yang mengandung banyak kolesterol.

Untuk itu, dalam upaya menghindari penyakit jantung cobalah menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda. Nah, air kelapa muda dapat menjadi larutan yang baik dalam mengurangi kolesterol di dalam tubuh sehingga akan meminimalisir resiko penyakit jantung.

5. Menjaga Stamina

Air kelapa muda selain memberikan kesegaran, juga akan memberikan manfaat berupa menjaga stamina Anda tetap baik. Hal ini karena air kelapa muda mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga mampu meningkatkan energi atau stamina Anda. selain itu, saat minum air kelapa muda, kesegarannya dapat membuat mood menjadi lebih baik.

Air kelapa muda juga bisa digunakan sebagai sumber energi berkat kandungan karbohidratnya yang bisa dicerna dengan cepat. Untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal, Anda bisa mengonsumsi air kelapa murni dengan tidak ditambah gula atau tambahan lainnya. Pastikan juga Anda mengonsumsinya dengan cukup dan jangan berlebihan.

6. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah air. Umumnya kondisi dehidrasi ini sering terjadi pada saat cuaca sedang panas. Nah, selain berupaya untuk minum air putih yang cukup setiap harinya, Anda juga bisa menggunakan air kelapa muda sebagai alat bantu untuk mengatasi dehidrasi dengan cepat dan ampuh.

7. Menurunkan tekanan darah

Khususnya untuk Anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, air kelapa bisa Anda konsumsi dalam upaya menurunkan tekanan darah. Air kelapa muda sendiri memiliki kandungan banyak kalium yang memiliki manfaat menurunkan tekanan darah secara efektif. Sehingga penderita tekanan darah tinggi tidak ada salahnya mengonsumsi air kelapa muda secara rutin.

8. Menu diet yang baik

Salah satu manfaat air kelapa muda yang seringkali dilewatkan adalah sebagai menu diet yang baik. Dalam air kelapa terdapat kandungan lemak dan kalori di dalam air yang rendah. Sehingga pada saat mengonsumsinya Anda tidak perlu khawatir kalau berat badan akan naik.

9. Mengatasi kulit yang kering

Siapa yang punya kondisi kulit yang kering? Nah, untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan air kelapa muda. Ini berkat kanudngan vitamin C dan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Kombinasi tersebut dapat menjaga kulit yang terhidrasi, elastisitas sehingga tampak kenyal. Menarik bukan?

10. Kaya akan Gizi

Dari banyak manfaat yang disebutkan diatas, kita bisa mengetahui bahwa air kelapa muda memiliki banyak khasiat karena kandungannya yang baik dan kaya. Setidaknya dalam buah kelapa terdapat 5 jenis elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, beberapa diantaranya adalah fosfor, kalium, natrium, kalsium, dan magnesium.

Uraian diatas adalah informasi update yang membahas terkait deretan manfaat minum air kelapa muda yang baik untuk kesehatan manusia. Tidak hanya itu saja, disekitar kita ada banyak jenis tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan yang juga bisa Anda manfaatkan dalam kehidupan sehari hari, selengkapnya bisa Anda lihat di saungsantoso.com

Ini hanyalah beberapa khasiat air buah kelapa yang disebutkan, masih banyak lagi keunggulan lainnya. Sudah menyimak manfaatnya, apakah Anda masih ragu mengonsumsi air kelapa muda? Dengan konsumsi air kelapa muda secukupnya, Anda dimungkinkan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal baik dari kesegarannya maupun dari khasiatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel