Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Jualan Baju Online agar Laris bagi Pemula

Bisnis jualan baju secara online memang sudah bukan usaha baru lagi. Sekarang, kita bisa melihat banyak sekali shop baju online yang ada di media sosial instagram, whatsapp, website sampai dengan marketplace populer. Anda ingin juga membuka bisnis fashion? Tapi khawatir karena masih pemula? Jangan risau, karena ada cara dan tips bagaimana Anda bisa memulai bisnis pakaian agar laris dan sukses.

Sebenarnya suatu bisnis yang dijalankan baik secara online maupun offline pasti memiliki kesulitan tersendiri. Apalagi untuk membuat jualan Anda laris manis dan banyak pembeli dibutuhkan persiapan yang matang terkait pengetahuan bisnis itu sendiri. Anda harus tahu terkait trend fashion, peluang bisnis online, perkembangan harga dipasaran sampai strategi pemasaran yang jitu utnuk membuat usaha Anda unggul dari persaingan bisnis lainnya.

Meskipun sekarang sudah banyak penjual baju yang beredar, Anda tetap bisa mengambil peluang bisnis ini untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Bagaimana caranya? Ada berbagai cara supaya jualan Anda cepat laku dan menghasilkan laba yang besar. Nah, sebagai berikut Anda akan mendapatkan tips dan cara ampuh berbisnis jualan baju online yang mudah dipraktikkan. Mari kita simak.

Cara Memulai Bisnis Jualan Baju Online agar Laris bagi Pemula
 

1. Menarik perhatian pengunjung

Tips pertama yang bisa Anda pikirkan atau renungkan adalah pertanyaan seperti “bagaimana cara supaya pengunjung tertarik dengan bisnis Anda saat pertama kali berkunjung atau melakukan transaksi?” 

Kesan pertama pengunjung, ini adalah hal yang sangat penting untuk bisa menarik dia menjadi pelanggan tetap Anda dan tidak mudah berpindah ke bisnis baju lainnya. Cobalah untuk semaksimal mungkin mempercantik tampilan jualan Anda baik itu melalui toko online, akun bisnis instagram atau menggunakan marketplace populer. 

Misalnya, Anda perlu memberikan keterangan produk yang lengkap, foto yang menarik, fitur dan fasilitas yang lengkap dan lain sebagainya. Namun, ingatlah informasi yang Anda berikan harus sesuai dengan kenyataan. Jangan sampai pembeli merasa kecewa karena produk tidak sesuai dengan ekspetasi atau informasi yang Anda berikan.

2. Menentukan Produk Bisnis

Sembari memikirkan poin pertama, Anda juga bisa memikirkan atau menentukan produk yang akan Anda jual. Sekarang ini kita dapat menjumpai banyak sekali jenis fashion dengan merek yang berbeda beda pula. Mungkin Anda jadi bingung bagaimana caranya memilih produk yang paling laris? Caranya adalah dengan melakukan riset pasar. Coba pahami fashion trend terbaru dan siapa sasaran Anda.

Jika sasaran Anda adalah anak anak muda yang biasanya mengutamakan fashion mereka, cari tahu model baju atau fashion apa yang sedang booming dan banyak disukai. Anda diharuskan untuk update terkait perkembangan fashion itu sendiri

3. Memanfaatkan teknologi untuk berjualan

Sekarang teknologi telah membuat berbagai aktivitas bisa dijalankan hanya dirumah saja seperti halnya kegiatan berbelanja. Supaya bisnis Anda cepat dikenali oleh para customer, gunakan secara maksimal berbagai teknologi seperti memanfaatkan media sosial populer dan website. Website umumnya bisa dirancang dengan fitur fitur yang bisa menunjang proses jual beli produk menjadi lebih mudah dan praktis.

Penggunaan media sosial juga akan sangat berpengaruh mengingat sekarang hampir setiap orang menggunakan media sosial bukan? Anda bisa membuka akun bisnis untuk Instagram, facebook dan jejaring sosial populer lainnya. Dengan demikian, Anda akan dengan cepat mendapatkan pelanggan.

4. Memperlihatkan manfaat dan testimoni

Biasanya para pengunjung akan melihat manfaat atau testimoni dari produk yang akan mereka beli. Dengan menunjukkan manfaat dan testimoni hal ini akan memberikan dorongan atau hasrat pembeli untuk membeli produk Anda. Untuk itu, Anda bisa pikirkan lalu beritahu para pengunjung Anda apa saja manfaat produk secara jelas dengan menuliskannya di halaman penjualan Anda.

Testimoni sendiri secara tidak langsung akan membangun kredibilitas dan kepercayaan para pelanggan online Anda. Mereka sebagai calon pelanggan akan merasa lebih percaya karena terdapat bukti bahwa produk Anda telah memberikan manfaat untuk pelanggan.

5. Memberikan harga terbaik dan bonus

Apa yang dimaksud dengan harga terbaik? Harga terbaik memaksudkan harga yang masuk akal dimana tidak terlalu murah atau bahkan terlalu mahal. Dalam berbagai kesempatan Anda juga bisa memberikan bonus kepada pelanggan, potongan harga atau diskon saat moment tertentu seperti saat hari raya. Anda juga bisa mengadakan giveaway yang bisa menarik banyak perhatian pelanggan Anda.

6. Mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi 

Dalam berbagai kesempatan, Anda mungkin akan menemui beberapa pelanggan yang sebenarnya tidak memiliki cukup pengetahuan terkait fashion. Mereka mungkin akan bertanya terkait bahan pakaian yang digunakan, ukuran yang cocok untuk pelanggan sampai dengan pembelian produk yang disesuaikan dengan budget mereka. 

Dengan demikian, Anda setidaknya harus tahu pengetahuan dasar tentang produk yang Anda pegang tersebut. Sehingga Anda bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Kenali produk Anda dengan baik lalu perkenalkan kepada pelanggan dengan informasi yang ringan dan mudah dipahami.

7. Terus update mencari keunikan dan inovasi produk

Setelah Anda menjalankan semua cara dan tips yang sudah dibahas, jangan lupa untuk selalu update dalam mencari keunikan serta inovasi produk terbaru berdasarkan perkembangan zaman. Dengan memperhatikan perkembangan mode dan fashion, pelanggan Anda akan terus tertarik pada produk yang Anda tawarkan. Ikuti desain terbaru namun tetap berfokus pada tema bisnis Anda.

Demikianlah informasi terbaru seputar Cara dan Tips Jualan Baju Online Bagi Pemula yang wajib Anda ketahui sebagai modal pembekalan ilmu untuk sukses dalam dunia bisnis online. Meskipun hanya berjualan baju, setidaknya Anda harus pintar mengatur strategi penjualan supaya sukses dan berfikir lebih maju dari pedagang baju kebanyakan sekarang.

Ada banyak sekali orang yang menjalankan bisnis jualan baju online, tapi tidak banyak yang berhasil dan menjadi sukses. Hal ini tentu dipengaruhi oleh cara mereka menjalankan usaha mereka. Usaha kerja keras yang dilakukan juga harus diimbangi dengan cerdik dan cermat melihat peluang dagang, menerapkan strategi penjualan yang cocok dan memanfaatkan teknologi modern semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat.