-->

RPPM TK PAUD Usia 5-6 Tahun kurikulum 2013 terbaru

Apa itu RPPM? RPPM merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan. Pada rancangan kurikulum 2013 dibuat berbeda dengan penyusunan RPPM KTSP. Mengapa demikian? Sebab penyusunan RPP dalam kurikulum 2013 terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, bapak ibu guru perlu mengetahui RPPM untuk TK atau Paud kurikulum 2013 terbaru yang umumnya dengan peserta didik berusia 5-6 tahun.

Isi dari RPPM memperhatikan berbagai faktor yang menekankan pada tujuan utama pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 revisi 2018 sendiri mempunyai tujuan yakni untuk membimbing para peserta didik untuk memiliki karakter yang kuat seperti sikap yang religius, mandiri, jujur, bertanggung jawab dan lain sebagainya. Dari dalam diri anak anak sejak dini perlu dibantu untuk memiliki karakter demikian.

Dalam hal model pembelajaran untuk usia anak anak umur 5 hingga 6 tahun terdapat banyak model pembelajaran yang harus dikuasai oleh para bapak dan ibu guru. Khususnya di dalam kurikulum 2013 dengan tema tema yang sudah ditentukan. Mulai dari tema diriku, keluargaku, lingkungan rumah dan sekolah.

Sebagai berikut kita akan membahas satu persatu apa saja poin yang terdapat di dalam RPPM TK Paud kurikulum 2013 terbaru usia 5 sampai 6 tahun. Mari perhatikan dengan saksama.

RPPM TK PAUD Usia 5-6 Tahun kurikulum 2013 terbaru


1. RPPM Tema Diriku

Di dalam RPPM TK dan Paud kurikulum 2013 tema diriku terdapat 3 bagian subtema yakni sebagai berikut :
  • Identitasku
  • Tubuhku 
  • Kesukaanku 
Pada tema ini, anak peserta didik akan belajar untuk mengenali identitasnya mulai dari nama dan alamat rumahnya sendiri. Selain itu, anak dapat mengetahui usianya dan berani tampil untuk memperkenalkan diri sendiri kepada bapak dan ibu guru serta teman temannya yang lain. Hal inilah yang terdapat dalam tema diriku khususnya subtema identitasku.
 
Sedangkan untuk subtema tubuhku anak anak akan belajar tentang tubuh. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengajarkan anak anak untuk mensyukuri ciptaan Tuhan, menyayangi ciptaan Tuhan, mengenal bagian bagian tubuh, mengenal alat ukur serta penggunaannya, dan juga anak anak bisa berani untuk berkomunikasi serta menambah kosa kata.

Subtema terakhir dalam tema diriku adalah Kesukaaanku. Dalam subtema ini, anak anak akan dibantu untuk mengembangkan motorik kasar dan halus, mengenal konsep bentuk, warna, ukuran dan tekstur makanan. Anak peserta didik juga mampu dalam mengungkapkan kalimat kalimat sederhana dan menambah keaksaraan atau kosakata.

2. RPPM Tema Keluargaku

Selanjutnya dalam RPPM TK Paud untuk usia 5 hingga 6 tahun akan membahas tema keluargaku. Dalam tema ini ada beberapa subtema yakni sebagai berikut :
  • Anggota keluargaku
  • Profesi Anggota Keluargaku
Keluarga adalah lingkungan pertama yang anak anak ketahui, disana mereka mendapatkan sumber kasih sayang dan pendidikan yang utama dari orang tua serta anggota keluarga lainnya. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran ini mempunyai tujuan yakni agar anak anak menyayangi sesama makhluk, mengembangkan kreativitas seni, mengembangkan motorik halus, menambah kosakata, serta menumbuhkan sikap yang sopan santun, peduli, kerjasama dan hidup sehat. 

Setelah itu dalam subtema berikutnya adalah tentang profesi anggota keluarga. Apa tujuan dari pembelajaran ini yakni untuk mengenalkan perilaku baik, menyayangi Tuhan, dapat menyebutkan dengan baik bagian bagian dalam taman lalu lintas, bekerja sama, manaati aturan main serta mampu dalam menunjukkan reaksi emosi yang wajar. 

Tidak hanya itu saja, pembelajaran dalam subtema ini akan mengajak anak anak didik untuk berkreativitas atau mampu menciptakan karya seni serta aktivitas gerak. Anak anak juga akan belajar mengamati pekerjaan lainnya seperti pembantu sekolah, petani, koki, dokter, montir, insinyur dan masih banyak lagi yang lainnya. 

3. RPPM Tema Lingkunganku

Dalam tema lingkunganku, hanya terdapat satu subtema yakni “Sekolahku”. Ada berbagai rangkaian kegiatan dan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Mulai dari mengamati bagian bagian sekolah. Dalam hal ini tujuan pembelajaran ini adalah untuk mengenal bagian bagian yang ada disekolah seperti halnya ruangan yang ada dalam sekolah, peralatan atau perlengkapan yang ada di dalam ruangan kelas dan lain sebagainya.
 
Rangkaian kegiatan seperti bernyanyi, menciptakan karya seni dan permainan akan menonjolkan tentang lingkungan sekolah. Sehingga anak anak pada akhirnya dapat memahami dan mengenal dengan baik tempat mereka bersekolah atau menuntut ilmu. Peserta didik juga memahami apa fungsi sekolah dan bagaimana seharusnya cara merawat ruang kelas dan lingkungan sekolah mereka.

Uraian diatas adalah informasi singkat namun termasuk lengkap dalam menyajikan seputar RPPM kurikulum 2013 untuk tingkat TK dan Paud. Dengan memahami Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dengan baik dan benar, para pembimbing bapak dan ibu guru dibantu untuk melaksanakan tahap pembelajaran dengan tertata rapi sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan.

Penyusunan RPP ini telah disesuaikan berdasarkan tujuan untuk para peserta didik bisa memahami dengan baik materi pembelajaran dasar di dalam TK atau Paud. Setiap pembelajaran akan mencantumkan atau merencanakan karakter apa yang akan ditonjolkan. Para bapak dan ibu guru sebagai tenaga pendidik perlu menyesuaikan terkait siswa dan kondisi. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel