Cara mudah membuat BLOG bagi Pemula

Mastimon.Com - Cara membuat Blog menggunakan fasilitas Google sangatlah mudah. Blogger adalah platform yang disediakan Google dan dapat digunakan secara Gratis. Kita cukup membeli Domain maka sudah memiliki situs sendiri.


Syarat utama membuat Blog di Blogger adalah memiliki akun Gmail. Email tersebut anda bisa membuatnya secara Gratis menggunakan data pribadi. Data tersebut seperti Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat dan no Handphone.

Cara membuat Gmail

Tahap pertama silahkan masuk ke Gmail.com, isi data First Name (Nama Depan), Last Name (Nama Belakang), username (alamat Email yang di ingginkan), Password (Isi dua kali berulang) lalu Klik Next. Isi no Handphone anda dan Finish.

Membuat Email di Gmail tersebut bisa anda lakukan melalui Komputer ataupun Smartphone. Pastikan nomor HP yang digunakan aktif. Jika nama yang akan kita gunakan tidak bisa maka kombinasikan namanya dengan angka.

Cara membuat Blog di Blogger

Setelah memiliki Gmail maka tahap selanjutnya adalah membuat Blog menggunakan Platform Blogger. Silahkan masuk ke Blogger.com dan klik Create Your Blog. Isi judul Blog (Nama Blognya), isi Alamat Blog yang di ingginkan seperti mastimon.blogspot.com. Terakhir pilih Template yang tersedia lalu klik Buat Blog.

Cara mudah membuat Blog Pada tahapan ini sudah berhasil dibuat tetapi tampilannya masih sederhana karena menggunakan Tema bawaan Blogger. Untuk mempercantik tampilan kita perlu memahami HTML atau bisa juga menggunakan Template yang sudah jadi.

Mempercantik Tampilan Blog

Untuk mendapatkan hasil tampilan Blog yang menarik anda bisa menggunakan Template Viomagz seperti Blog mastimon.com ini. Untuk mendapatkannya cukup mudah anda bisa langsung membeli ke Pemiliknya melalui link ini : Template VioMagz.

Upload Template dengan file XML melalui Theme / Tema, Klik di pojok kanan atas yaitu Backup / Restore. Klik Browse dan cari file XML template tersebut, terakhir klik Upload. Tampilan Blog akan berubah sesuai Tema yang kita gunakan.

Untuk merubah Warna dan ukuran font dalam postingan artikel anda bisa melalui Theme >> Customize. Pilih saja menu bagian mana yang akan dirubah dan jika sudah selesai lalu klik Terapkan. Selain itu anda juga bisa melakukan perubahan melalui Edit HTML.

Cara membeli Domain

Domain adalah sebuah nama Blog dimana kita sudah menggunakan nama pilihan sendiri tanpa embel embel blogspot. Contoh mastimon.blogspot.com menjadi mastimon.com. Anda bisa membelinya secara langsung di Google tetapi bisa juga melalui situs lain penyedia Domain.

Untuk cara pengaturan DNS dan lain lain silahkan anda pelajari melalui Tutorial ini : Cara merubah Blogspot menjadi .com. Domain ini tidak Gratis dan biasanya dikenakan biaya pertahun sekitar 100 ribu lebih. Ada yang murah hanya 15 rb dan ada juga yang mahal sampai dengan 250 rb pertahun.

Hosting bagi Pengguna Wordpress

Buat anda yang menggunakan platform WP (Wordpress) maka selain Domain juga perlu Hosting. Tidak seperti Blogger yang disedikan secara Gratis karena para pengguna WP harus menyewa Hosting sendiri.

Ada banyak situs yang menyediakan Hosting tetapi anda harus memilih yang terbaik. Dengan memilih Wordpress Hosting Terbaik maka dapat dipastikan situs kita tidak mengalami Down atau tidak bisa di akses.

Kesimpulan

Untuk anda yang masih Pemula dalam membuat Blog bisa menggunakan fasilitas Blogger untuk belajar. Selain Gratis Hosting juga cara penggunaannya cukup mudah. Jika sudah dirasa cukup ilmu dan modal silahkan mencoba fasilitas Wordpress.

Kedua platform tersebut memiliki Kelebihan dan Kelemahan masing masih. Kita bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi situs tersebut. Jika masih binggung anda bisa melihat Tutorial Youtube cara membuat Blog yang ada dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel