Tips Mudah Mempertajam Daya Ingat Otak Untuk Kaum Remaja

Tips Mudah Mempertajam Daya Ingat Otak Untuk Kaum Remaja

Tips Mudah Mempertajam Daya Ingat Otak Untuk Kaum Remaja

Terkadang kita sering lupa akan sesuatu padahal belum lama. Pengetahuan yang dipelajari hari ini namun besoknya sudah sulit untuk mengingatnya kembali. Sebenarnya apa penyebabnya? Penyebabnya adalah daya ingat otak mulai menurun. Namun anehnya sekarang menurunnya kemampuan untuk mengingat sesuatu tidak hanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, tetapi juga remaja. Oleh karena itu, Kami hari ini akan berbagi kepada Anda semua tentang tips mempertajam daya ingat otak yang mudah.

Kapan seharusnya daya ingat menurun?

Tidak ada yang tahu kapan persisnya daya ingat seseorang akan menurun. Tapi berdasarkan kebanyakan orang dapat diperkirakan daya ingat akan cenderung menurun di usia 60an ke atas. Berdasarkan data itu, seharusnya kaum muda atau remaja mempunyai kemampuan mengingat yang kuat. Tapi faktanya sering kita jumpai remaja juga kadang sulit untuk mengingat kembali sesuatu yang sudah lewat. Terlebih lagi mengingat pelajaran!

Kira-kira apa penyebabnya?

Penyebabnya ada pada saraf otak yang mengakibatkan sulit untuk fokus. Sulit fokus akan mengakibatkan seseorang sulit juga dalam mengingat. Untuk mengatasi ini kita harus menghilangkan penyebab sulit fokus tersebut. Caranya yaitu hanya satu dengan mengoreksi kebiasaan yang biasa dilakukan. Silahkan baca kebiasaan yang orang cerdas lakukan di waktu luang mereka.  Bandingkan dengan kebiasaan yang kamu lakukan selama ini.

Selain mengurangi beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan, Kami juga menyarankan kamu melakukan beberapa tips mudah berikut untuk menguatkan kembali daya ingat otak.

Tips mempertajam daya ingat otak

1. Jangan selalu menuruti hawa nafsu

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah jangan menuruti nafsu. Hawa nafsu yang saya maksud disini adalah pikiran yang kotor yang selalu mengarah ke hal negatif. Misal lihat photo cewek cantik pikiran membayangkan yang tidak-tidak. Kalau Anda masih bujang saran saya tahan nafsu tersebut. Jangan sekali-kali melampiaskan dengan menonton film p0rn0. Baca Juga : Cara melatih Otak kanan agar berfungsi kembali dengan baik.

Kenapa?

Karena sekali Anda menonton akan terus ketagihan dan meminta yang lebih. Anda menjadi kecanduan karena membiarkan nafsu untuk mengendalikan pikiran. Hasilnya konsentrasi otak tidak bisa fokus, kurang produktif, dan lebih mudah marah. Anda tentu sudah pernah mendengar ataupun membaca sendiri tentang efek menonton film biru tersebut terhadap perkembangan syaraf otak kan? Jika sudah tahu, ayo segera tinggalkan! Ingat hawa nafsu itu ibarat harimau liar, semakin dituruti semakin buas.

2. Sibukkan diri Anda

Kemudian tips kedua adalah pastikan diri Anda tetap "sibuk". Maksud saya jangan sampai melamun kosong tidak ada yang dikerja. Jangan berikan waktu pada hal negatif untuk mempengaruhi Anda. Sebisa mungkin pastikan waktu yang berlalu semuanya sudah dimanfaatkan sebaik mungkin hingga tidak ada celah untuk melakukan hal buruk. Jangan biarkan masa muda kita sia-sia, terutama untuk kesalahan yang sama.

Dengan menyibukkan diri maka secara perlahan akan melatih otak untuk selalu bekerja dan mempelajari lebih banyak hal baru. Sehingga akan membuat otak lebih tanggap dan tidak mudah melupakan sesuatu.

3. Untuk yang islam Shalat dan perbanyaklah membaca Al Quran, akan lebih baik lagi jika menghafalnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya salah satu faktor penyebab menurunnya kemampuan dalam mengingat adalah konsentrasi otak. Tentu Anda juga tahu bahwa konsentrasi (ketenangan) dapat dicapai jika hatinya damai alias tidak gelisah. Jika hati nyaman, tidak gelisah, emosi teratur tentu otak dapat menstimulus untuk menangkap informasi secara lengkap sehingga tidak akan mudah lupa.

Pertanyaannya: Apakah kita sudah melakukan ibadah? atau membaca al quran hari ini?

Shalat tidak hanya sebagai kewajiban saja. Tetapi juga sebagai terapi, karena pada saat sujud oksigen melalui darah akan mengalir ke kepala sehingga otak akan kembali fresh dan bekerja dengan baik.

4. Belajarlah Sebanyak Mungkin

Tips terakhir yang saya rekomendasikan adalah selalu belajar sebanyak mungkin. Kemampuan mengingat manusia itu terbatas, dan memang selalu pelupa. Daya ingat ibarat pis4u, perlu diasah terus menerus agar tajam. Jika bosan melakukan satu hal terus menerus, coba beralih ke hal baru yang lain. Intinya selalu latih otak jangan biarkan dia pasif.

Baca Juga : 5 Cara melatih OTAK agar CERDAS dan tidak LEMOT

Daya ingat memang tidak bisa di buat, tetapi bisa dilatih. Bagus tidaknya kemampuan otak kita sangat bergantung pada kebiasaan yang kita lakukan. Tidak mungkin otak seorang profesor akan sama dengan pedagang! Selalu semangat dalam melakukan sesuatu dan berikan "makanan" yang baik untuk otak supaya kita menjadi orang yang baik juga. Sekian tips mudah mempertajam daya ingat otak semoga ada manfaatnya.
Buka Komentar