Fakta Tentang Jembatan Suramadu yang Wajib Anda ketahui !!!

Fakta Tentang Jembatan Suramadu yang Wajib Anda ketahui !!!

Fakta Tentang Jembatan Suramadu yang Wajib Anda ketahui !!!

Siapa yang belum pernah dengar nama Jembatan Suramadu? Sepertinya mayoritas orang tahu dengan jembatan terpanjang di Indonesia ini. Sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura danbisa dikatakan salah satu kerja besar Indonesia. Namun, ada fakta tentang Jembatan Suramadu yang perlu Anda tahu.Apasaja itu?

1. Perusahaan yang Membangun Jembatan Suramadu

Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa jembatan Suramadu dibangun oleh salah satu perusahaan besar dari China. China Communications Construction Company (CCCC) namanya, sebuah perusahaan konstruksi plat merah atau BUMN-nya China. Perusahaan ini bermarkas di Beijing. Perusahaan tersebut punya banyak pengerjaan proyek besar di berbagai negara di dunia.

Hanya jika Anda bertanya apakah arsitek jembatan Suramadu juga sekalian dari pihak mereka? Jawabnya adalah bukan. Sebagai proyek raksasa, pengerjaan desain dan perencanaan jembatan Suramadu dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mulai tahun 1993.

2. Menjadi Jembatan Terpanjang ke-3 Se-Asia Tenggara

Panjang Jembatan Suramadu mencapai 5,4 km. Karena itulah pada tahun 2011 Guinness World Records menobatkan jembatan ini sebagai jembatan terpanjang ke-3 se-Asia Tenggara. Di urutan pertama adalah Jembatan Penang, Malaysia yang panjangnya 13,5 Km, dan disusul Jembatan Mawlamyaing, Myanmar yang panjangnya 6,6 km. Untuk skala nasional, jembatan Suramadu hingga saat ini merupakan jembatan terpanjang.

3. Menjadi Ikon Wisata Jawa Timur yang Seru

Jembatan Suramadu mulai dibangun pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri, tahun 2003. Selang 7 tahun, jembatan ini akhirnya selesai dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tahun 2009. Rancang bangun jembatan yang kokoh dan gagah kini menjadi ikon wisata Jawa Timur-Madura yang menarik.

Waktu malam hari, jembatan ini dihiasi lampu-lampu yang membuatnya semakin indah. Di sepanjang jembatan itu ada sekitar 180 lampu penerangan dan dilengkapi 27 lampu lalu lintas. Bisa dibayangkan bagaimana gemerlapnya saat malam hari. Dua tiang besar di tengah jembatan bahkan dikatakan mirip Tower Bridge di Inggris.

4. Asyik Buat Berfoto-foto, Hati-hati, Bisa Ditilang

Jembatan ini sangat dikagumi banyak orang. Tak heran jika ada wisatawan yang mengabadikan swafoto di bagian jembatan. Entah sambil melintas ataupun memang sudah niat untuk sekedar foto.

Namun ada aturan yang harus Anda taati ketika berfoto di Jembatan Suramadu. Yaitu jangan sampai mengganggu kelancaran lalu lintas. Jadi foto sekedarnya dan segera berlalu. Soalnya sebagai jalan tol, jembatan ini tentu padat kendaraan. Terutama ketika suasana arus mudik, polisi akan segera menilang pengendara yang kedapatan berhenti dan foto-foto di jembatan.

5. Ada Juga Kisah Misteri Jembatan Suramadu

Di balik kemegahannya, ada juga kisah misteri Jembatan Suramadu. Meskipun cerita-cerita misteri ini kadang kurang jelas sumbernya, namun sering beredar dari mulut ke mulut.

Misteri pertama adalah ketika mulai pambangunan, saat pemancangan atau penanaman paku bumi di kedua sisi pulau. Penanaman paku bumi di Desa Tambak Wedi sebagai bentang Madura berulang kali gagal. Demikian juga di bentang Surabaya yang juga mengalami hal sama. Namun hal itu dapat diatasi setelah diadakan ritual atau pendekatan supranatural.

Pada tahun 2014 terjadi kecelakan tabrakan beruntun yang melibatkan 5 unit mobil. Dari lima mobil tersebut, salah satunya mobil APV dan merupakan yang paling parah. Mobil ini ringsek dan pengemudinya meninggal. Konon, tempat kejadian tersebut sebelumya sudah muncul hantu kuntilanak.

6. Kawasan Sekitar akan Dikembangkan Lagi

Setelah Jembatan Suramadu menjadi titik pusat perhatian maka kawasan sekitarnya tentu harus dikembangkan. Sebagai jembatan yang ikonis, potensi wisata pun akan muncul. Karena itulah Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) bersama Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)memasarkan protek investasi pengembangan kawasan Suramadu. Nilai investasinya mencapai Rp53,1 triliun.

Rencananya berbagai fasilitas akan dikembangkan di kawasan Suramadu. Pembangunan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu (KKJSM) dan Kawasan Khusus Madura (KKM) akan mendapat perhatian khusus dalam proyek ini.

7. Dirancang Agar Kuat Hingga 100 Tahun

Rancang bangun Jembatan Suramadu dibuat sekuat mungkinagar bisa awet dan panjang umur. Total ada 650.000 ton beton yang diperkuat dengan 50.000 ton besi baja yang digunakan membangun jembatan ini. Biaya pembangunannya mencapai 4,5 triliun. Diperkirakan jembatan ini akan mampu bertahan hingga 100 tahun ke depan.

Luar biasa bukan fakta tentang jembatan Suramadu di atas? Tentunya sebagai warga negara kita harus turut melestarikan hasil pembangunan bangsa kita. Semoga saja bisa awet lebih 100 tahun ya.

Penulis : Ruburug.Com
Buka Komentar