Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat buah TOMAT untuk Kesehatan Jantung, Kulit, Mata dan Rambut anda !

Manfaat tomat- Buah tomat; selain bentuk dan warna merahnya yang menggemaskan, ternyata tomat juga mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Menariknya, Anda dapat mengonsumsi tomat dalam bentuk berbeda-beda, bisa secara mentah, matang, atau Anda sajikan ke dalam makanan lain seperti salad atau sandwich.

Apa saja manfaat tomat bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya dari Go Dok berikut ini!

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Healthline.com, warna merah yang menggemaskan dari buah tomat ternyata dihasilkan dari kandungan lycopene yang berada di dalam buah tersebut. Ternyata, kandungan lycopene tersebut tidak hanya memberikan warna saja, tetapi juga merupakan antioksidan yang memiliki segudang manfaat. Berikut segudang manfaat tomat yang mengandung lycopene tinggi :

1. Membantu melawan kanker

Manfaat tomat yang pertama adalah mampu melawan kanker. Kandungan lycopene yang banyak di dalam tomat dapat menjadi sumber antioksidan untuk melawan kanker. Menurut Stylecraze.com, hasil penelitian laboratorium  membuktikkan bahwa lycopene dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker. Bahkan, kemampuan untuk mengurangi risiko kanker tersebut dapat menjadi lebih kuat ketika tomat tersebut telah diproses seperti jus, saus, atau pasta tomat.

2. Kesehatan jantung

Sebuah hasil penelitian membuktikkan bahwa kandungan lycopene dan beta-carotene di dalam tomat dapat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh yang dapat menyebabkan serangan jantung dan struk, hingga menyebabkan kematian. Selain itu, produk tomat terbukti dapat menmerangi peradangan dan melindungi lapisan dalam pembuluh darah sehingga menghindari adanya penumpukan darah. Baca juga : 9 Tips Agar Jantung Anda Sehat.

3. Kesehatan kulit

Ternyata, salah satu manfaat tomat mampu menjaga kesehatan kulit Anda, Jika Anda ingin memiliki kulit sehat tanpa harus mengeluarkan biaya perawatan ekstra Anda bisa mengonsumsi buah tomat sebagai gantinya. Kandungan lycopene dan lainnya yang ada di dalam tomat dapat melindungi tubuh dari rasa terbakar akibat paparan sinar matahari. Selain itu, antioksidannya dapat memerangi kerusakan sel dan peradangan kulit, serta mengecilkan pori-pori hingga menyembuhkan jerawat.

4. Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan sebuah kondisi dimana sel yang tidak normal berkembangbiak dan menyebar ke seluruh tubuh yang masih sehat. Sedangkan, hal tersebut dapat dilawan oleh buah tomat melalui kandungan lycopene nya. Lycopene dapat menghentikan dan memperlambat perkembangbiakan sel tersebut.

5. Mengurangi berat badan

Berbahagialah jika Anda bertekad untuk mengecilkan tubuh dan mengurangi berat badan karena ternyata berdasarkan penelitian, manfaat tomat jika dikonsumsi 1 gelas setiap harinya terbukti mampu mengurangi lingkar pinggang. Selain itu, berdasarkan penelitian lain yang dilakukan di Cina, jus tomat ternyata mampu mengurangi berat badan serta lemak. Hal tersebut juga didukung oleh lycopene yang terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol yang bertanggungjawab terhadap penambahan berat badan.

6. Kesehatan janin dan kehamilan

Jika Anda sedang mengandung, maka banyak-banyaklah mengonsumsi tomat. Buah tomat yang kaya akan vitamin C dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan gusi. Selain itu, vitamin tersebut juga membantu penyerapan zat besi dalam  tubuh yang vital dalam kehamilan.

7. Meningkatkan ketajaman mata

Buah tomat kaya akan kandungan Vitamin A,  sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata Anda. Selain itu, lycopene di dalam  tomat juga dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan mata. Tomat juga bermanfaat untuk melawan katarak dengan kandungan vitamin C yang membantu untuk memproduksi melanin. Baca juga : Inilah cara mengukur ketajaman daya penglihatan Mata | Ferdinand Monoyer.

8. Melawan dampak buruk rokok

Anda tentu tahu dampak buruk yang disebabkan oleh rokok, seperti radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan kekurangan vitamin C yang berujung pada penyakit jantung serta kanker. Sementara itu, tomat ternyata mampu menyuplai kebutuhan vitamin C bagi tubuh perokok. Normalnya, orang-orang yang tidak merokok membutuhkan 75-90 mg vitamin C, sedangkan para perokok membutuhkan 35 mg lagi untuk menutup kekurangannya. Jika Anda mengonsumsi 100 gram tomat mentah, Anda dapat memenuhi kebutuhan 12,7 mg vitamin C.

9. Meningkatkan kesehatan rambut

Terakhir, manfaat tomat untuk kesehtan tubuh untuk meningkatkan kesehatan rambut. Anda dapat mewujudkan impian memiliki rambut panjang dan sehat dengan mengonsumsi tomat. Vitamin C yang terdapat di dalam tomat, terbukti mampu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain itu, vitamin A dan E dalam tomat juga mampu menstimulasi pertumbuhan rambut, sekaligus mengurangi ketombe dan kulit kepala yang gatal.