Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips belanja Online supaya tidak kena Tipu oleh Penjual

Akhir akhir ini banyak sekali penipuan di media sosial terutama Facebook. Penipuan yang paling trending adalah penjualan barang barang secara online yang di pasarkan melakui media Facebook. Mulai harga yang paling murah sampai dengan harga barang yang nilainya sampai jutaan rupiah.

Berjualan online di Facebook, Instagram, Twitter, BBM ataupun whatApps cukup efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Tetapi tidak sedikit dari para pembeli kena penipuan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Imbasnya pada saat ini banyak para pembeli yang sudah tidak percaya lagi oleh para penjual yang produknya di promosikan di media sosial.

Seperti yang saya lakukan saat ini adalah melakukan promosi di group Facebook menjual Satingan Air atau Zernii Filter Air. Hanya sedikit dari konsumen saya yang berani melakukan transfer uang untuk membeli produk yang saya jual. Mereka rata rata inggin barangnya di antar langsung baru bayar di tempat. Bukan karena mereka tidak bisa transfer karena lebih kepada ketidakpercayaan konsumen.

Sesuai judul artikel yang saya buat, kali ini mastimon.com berbagi tips sederhana di tahun 2017 ini tentang pembelian Produk secara online supaya tidak kena tipu. Ada banyak sahabat yang mengeluhkan setelah melakukan transfer pembelian barang elektronik seperti Handphone tetapi barang tidak kunjung datang dan ini yang membuat kita jera untuk membeli sesuatu secara online.

Tips belanja Online yang Aman
  1. Belanja online di website terpercaya seperti bukalapak.com, belanja.com, lazada.co.id, FJB kaskus, tokopedia.com, OLX (tokobagus.com), bhinneka.com, blibli.com, Elevenia dan Zalora Indonesia.
  2. Jika belanja di website belum terkenal seperti saya belanja di zernii.com maka sahabat perlu mencoba terlebih dahulu apakah website tersebut dapat di percaya atau tidak dengan cara belanja 1 pcs terlebih dahulu karena untuk di jual lagi. Jika sudah merasa yakin barulah belanja secara banyak.
  3. Periksa di GoogleMap apakah posisi TokoOnline tersebut terdaftar di googlemap, jika terdaftar maka toko tersebut benar benar ada dan bisa di percaya.
  4. Belanja di media sosial membutuhkan beberapa trik yaitu Periksa dahulu akun yang jual produk sudah terdaftar di facebook lama atau belum, periksa pertemanannya apakah lebih dari 1000 pertemanan, jika ya berarti OK. Terakhir lihat Foto dan Postingan status jika dia sering update minimal 1 tahun terakhir berarti akun tersebut Asli dan bisa di percaya.
  5. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru di kenal di media sosial dan jangan sekali kali Transfer Uang untuk membeli barang jika sahabat tidak memperhatikan 4 poin di atas. Teliti terlebih dahulu akun Profil, alamat dan berapa lama dia melakukan Promosi di Facebook. Jika akun penjual produk online tersebut terlihat baru, hanya memiliki beberapa foto profil, jarang update status dan memiliki pertemanan yang sedikit maka STOP transfer uang.
Tips di atas selalu saya gunakan saat melakukan belanja online di Facebook atau melalui jualan website/blog. Terbukti sampai dengan saat ini semua produk yang saya beli secara online sampai ke rumah dengan selamat. Semoga artikel ini bermanfaat dan sahabat tidak kena TIPU oleh penjual penjual ONLINE yang tidak bertanggung jawab.