5 Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga

5 Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga

5 Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga

Menikah dan memiliki Keluarga sendiri untuk berpisah dengan orang tua sudah pasti di alami oleh setiap orang. Lalu bagaimana yang masih jomblo ? Ya mulai sekarang cari lah broo... Jika sudah memiliki pasangan hidup dan sudah di sahkan secara agama dan negara maka Perjalanan Hidup anda baru dimulai. Mengapa saya katakan baru dimulai ? Jika sebelumnya anda selalu tergantung dengan orang tua maka setelah menikah anda harus berfikir sendiri untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Supaya dapat mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan baik maka bagaimana Tips Hidup hemat yang harus dilakukan ?

Jika sudah menikah kita harus dapat menempatkan posisi kita dimana. Jika seorang suami sudah pasti sebagai Kepala Rumah Tangga yang harus mencari nafkah untuk keluarga. Untuk Istri tugasnya adalah mengatur kebutuhan rumah tangga dengan baik supaya kebutuhan tercukupi sampai akhir bulan. Artikel ini sebenarnya bukan hanya berlaku untuk seorang istri tetapi suami juga berperan dalam pengawasan pengeluaran keluarga agar Keuangan keluarga tetap sehat. Keuangan Rumah Tangga yang sehat adalah Pengaturan keuangan dengan cara mengutamakan kebutuhan Pokok (Primer) dibandingkan kebutuhan Sekunder.

Artikel "Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga" ini sengaja mastimon.com buat untuk anda yang baru memasuki Kehidupan Baru bersama pasangan. Tips ini sudah saya jalankan selama 6 bulan dan terbukti berhasil. Jika sebelunya saya tidak melakukan cara ini, sering terjadi kehabisan dana sebelum akhir bulan tiba. Hasilnya akan mempengaruhi kehidupan Rumah Tangga Anda. Perdebatan, Emosi dan bahkan bisa menimbulkan Perceraian. Silahkan diperhatikan baik baik buat kaum Hawa agar tetap bisa mengatur keuangan Rumah Tangga walaupun penghasilan suami kecil.

Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga

1. Mendata Penghasilan Sebulan

Jika kita bekerja di sebuah Perusahaan maka Gaji adalah penghasilan sebulan yang nominalnya tidak berubah (tetap). Mulai anda kumpulkan atau Total berapa Gaji Suami dan mungkin Gaji Istri juga supaya bisa mengontrol kebutuhan dalam satu bulan. Bagi anda yang sudah memiliki usaha tetap seperti rumah kontrakan, membuka toko, jualan online ataupun bisnis lainnya silahkan anda ambil angka rata rata pendapatannya. Jika sudah mengetahui berapa penghasilan keluarga dalam satu bulan maka kita akan mulai mengatur keuangan tersebut dengan baik.

2. Membuat daftar Pengeluaran Wajib

Pengeluaran Wajib dalam rumah tangga adalah biaya yang harus anda bayar, seperti Mengisi Token Listrik, Membayar air PDAM, Uang Jajan anak, Kebutuhan Belanja Sembako dalam satu bulan, Pembayaran BPJS (Jika tidak di tanggung Perusahaan), Membayar angsuran Motor, TV, Rumah ataupun lainnya yang sifatnya tetap. Jika sudah anda kalkulasi pengeluaran tetap maka bisa kita lihat perbandingan Pemasukan dan Pengeluaran. Apakah perbandingan tersebut masih ada lebih atau mungkin malah terjadi minus karena lebih besar Pengeluaran.

3. Menabung untuk kebutuhan mendadak

Menabung adalah salah satu tips hemat agar anda tetap memiliki dana untuk keadaan darurat. Keadaan darurat disini bisa saya jelaskan seperti saat ada keluarga yang mengalami sakit ataupun musibah yang tidak kita ingginkan. Dengan memiliki dana tabungan maka kebutuhan dadakan tersebut bisa kita tangulangi dengan mudah dan tidak mencoba melakukan pinjaman uang yang akan mempengaruhi keluangan keluarga. Dengan tabungan juga kita dapat menjamin Pendidikan anak saat memasuki Perguruan Tinggi nantinya.

4. Menggunakan dana lebih dengan baik dan bijak

Saat kita sudah mengetahui Total Pemasukan, Pengeluaran termasuk Menabung yang kita masukan dalam kategori pengeluaran jika terdapat dana lebih maka kita dapat menggunakannya dengan bijak. Bijak disini saya katakan supaya kita dapat membeli barang barang yang dibutuhkan. Jangan sekali kali menumpuk barang yang sudah anda miliki seperti Pakaian, Peralatan Rumah Tangga ataupun barang lainnya. Anda bisa menggunakan dana lebih tersebut untuk kebutuhan yang belum ada atau bisa juga anda tambahkan ke Rekening Tabungan.

5. Buat daftar Pengeluaran dan Pemasukan di Ms.Exel

Microsoft Office Exel adalah aplikasi yang ada di komputer untuk mendata atau membuat sebuah pembukuan. Bagi anda yang belum memiliki komputer atau laptop bisa menggunakan Handphone. Buat daftar Pemasukan dan Pengeluaran setiap bulannya supaya Pembukuan Keluarga terlihat Jelas. Pembukuan ini bisa diperlihatkan bersamaan dengan pasangan anda supaya tetap terjalin saling keterbukaan dan kejujuran antara pasangan.

Jika ke 5 Tips hidup hemat di atas bisa anda praktekkan dalam pembukuan rumah tangga maka saya yakin perdebaan soal keuangan antara suami dan istri dapat terhindari. Kebanyakan seorang istri tidak mau membuat pembukuan seperti ini karena terlalu ribet. Jika tidak memiliki laptop atau Handphone Android anda bisa membuat catatan khusus dibuku (Buat buku Pembukuan Rumah Tangga). Dengan begitu seorang suami akan lebih mempercayakan keuangannya kepada istri.

Lain istri lain juga suami yang terkadang tidak memberikan gaji sepenuhnya ke Istri. Tidak jujur terhadap pasangan akan berakibat Fatal karena keduabelah pihak akan saling tidak jujur. Diawali dari pembukuan istri yang jujur saya yakin suami juga akan jujur memberikan Gaji sepenuhnya dan kehidupan keluarga akan terpenuhi dengan baik. Selamat mencoba, semoga anda berhasil mengatur Keuangan Keluarga dengan baik.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar