Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengembalikan Foto atau File yang terhapus di Android dengan mudah

Menyimpan file atau foto di dalam memori HP terbilang sudah biasa dilakukan bagi sahabat yang memiliki HP Android. Kapasitas memori yang besar memungkinkan sahabat menyimpan lebih banyak File file penting atau Foto foto pribadi di memori card tersebut. tidakkah terbayang di pikiran sahabat apabila Handphone tersebut rusak atau memori card tidak bisa di akses lagi ??? Pasti tidak terbayang bukan jika HP atau Memori tidak benar benar Rusak.

File yang tersimpan di memori Handphone di antaranya : Foto, Vidio, Software atau Aplikasi hasil donlowad dan file file penting seperti data Ms.Exel kantor. File di HP tidak bisa dibuka lagi itu bukan karena HPnya yang rusak sahabat tetapi Karena kerusakan memori Card juga bisa terjadi. Disini kita akan membahas bagaimana caranya mengembalikan File yang terlanjur terhapus di android karena :
  • Data terhapus setelah mengembalikan Android ke pengaturan pabrik.
  • Sengaja menghapus pesan, kontak, foto dan data-data dari Android
  • Flashing ROM pada perangkat Android.
  • Perangkat rusak atau tidak dapat mengakses data pada Android.
  • Data hilang setelah rooting perangkat Android.
Untuk itu mastimon.com akan berbagi sedikit tips mengembalikan File Foto dan data penting yang terhapus di android Samsung, Nokia, Oppo, Advan Lenovo baik yang di sengaja atau tidak di sengaja. Ada 2 kategori cara mengembalikan Foto atau File yang terhapus untuk Perangkat yang Belum di Root (Bawaan Pabrik) atau Perangkat yang sudah di Root.

Cara mengembalikan Foto atau File penting yang terhapus di Android untuk perangkat yang sudah di Root

Bagi perangkat sahabat yang sudah di root untuk mengembalikan Foto yang terhapus bisa menggunakan beberapa aplikasi yang ada di Play Store. Berikut adalah 2 Aplikasi yang bisa sahabat gunakan untuk mengembalikan File yang hilang tersebut.

Disk Digger undelete

Ini adalah aplikasi yang bisa di gunakan untuk merecovery file yang terhapus. Disk Digger adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Aplikasi ini bisa mengembalikan file berformat JPG, PNG, dan MP4. Untuk format yang lain sobat harus pakai yang versi pro alias berbayar.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

- Download dan Instal aplikasi DiskDigger di playstore.
- Jika diminta akses Root, pilih ijinkan
- Akan ada peringatan Upgrade to Pro. Jika sobat tidak ingin upgrade pilih no thanks.
- Pilih file penyimpanan data untuk mengembalikan data yang ada di memori internal atau External.
- Lalu pilih format file yang akan di kembalikan tadi, setelah itu tekan OK.
- DiskDigger akan mulai memindai/scan berkas-berkas yang masih bisa dikembalikan.
- Pilih berkas yang akan dikembalikan.
- Lalu pilih Save local... Untuk memudahkan kita menemukan berkas yang sudah di kembalikan tadi.
- Selesai

Undeleter recover file dan data

Undeleter adalah aplikasi yang dikembangkan oleh farhbot untuk bisa mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android. Aplikasi ini memang gratis tapi untuk mendapatkan full support sobat di haruskan membeli yang pro. Jadi untuk yang versi gratis hanya bisa mengembalikan file foto, dan beberapa file seperti SMS dan Txt.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

- Download aplikasinya di Google Play
- Install dan buka aplikasinya.
- Jika dimintai akses root, tekan izinkan.
- Lalu pilih Restore file atau Restore data (seperti SMS)
- Pilih penyimpanan mana yang ingin sobat kembalikan datanya, internal storage atau external storage.
- Jika sudah akan ada 2 pilihan scan yaitu Journal Scan dan Deep Scan. Untuk Journal scan, semua file yang terhapus akan di scan termasuk foto, video dan sms. Untuk Deep scan, kita bisa pilih sendiri file mana yang akan kita restore.
- Setelah memilih antara Deep atau Journal, tekan scan yang ada di pojok kanan bawah.
- Tunggu beberapa saat hingga hasil scannya muncul.
- Setelah muncul silahkan teliti satu persatu, file mana yang akan di kembalikan.
- Jika sudah ditemukan file yang ingin dikembalikan, klik lalu tekan gambar kotak di pojok kanan atas lalu pilih Restore Item.
- Selesai, file, foto atau data yang sobat inginkan sudah kembali ke penyimpanan android sobat.

Cara Mengembalikan Foto Dan File data penting Yang Terhapus Di Android Untuk Perangkat Yang Belum Di Root

Jika android sahabat belum di root akan sedikit susah untuk mengembalikan file yang terhapus di android. Tetapi jika sahabat tidak ingin melakukan Root, masih bisa kok mengembalikan file, foto dan data-data penting di android sobat. Ini adalah Aplikasi buatan Piriform yang keren untuk bisa mengembalikan file yang terhapus. Aplikasi tersebut bernama Recuva, yuk langsung saja bagaimana cara kerjanya.

Recuva

Aplikasi ini sangat powerfull dan cukup baik untuk mengembalikan file, foto dan data pentig di android. Bahkan aplikasi ini juga sudah di rekomendasikan oleh forum-forum android di google plus. Cara kerjanya sahabat harus menginstall program ini di PC Windows.

Berikut langkah-langkahnya :
  • Donlowad Aplikasinya DISINI
  • Hubungkan Android sobat ke PC dengan kabel USB atau Card reader.
  • Pastikan memori Android sudah terdeteksi, lalu buka aplikasi Recuva.
  • Pilih jenis file yang ingin sobat kembalikan, pilih All files jika sobat ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.
  • Pilih di drive mana lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location jika ingin memilih lokasi memori. Pilih I'm Not Sure jika sobat lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
  • Klik centang pada Enable Deep Scan jika sobat ingin pencarian file yang lebih mendalam.
  • Setelah itu Klik Start untuk memulai pencarian file yang terhapus. Sekarang yang harus sobat lakukan adalah menunggu sampai file yang terhapus ditemukan.
  • Jika file yang terhapus telah ditemukan oleh Recuva, maka tugas sobat adalah mengeklik centang pada file tersebut, kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
  • Lalu pilih di drive mana sobat akan menyimpan file tersebut, misalnya di photo, lalu klik OK.
  • Setelah selesai pindahkan file yang sudah di simpan di PC tadi ke android sobat.
  • Selesai