Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara mengatasi Susah Tidur malam hari saat Hamil

Susah tidur bisa dialami oleh siapa saja termasuk seorang wanita yang sedang melalui proses kehamilan. Bahkan hal ini sudah menjadi umum terjadi dan mengganggu waktu tidur sang Ibu. Kebanyakan dari ibu hamil juga merasakan kekhawatiran tersendiri pasalnya pada saat mengandung baik hamil muda maupun tua sangat membutuhkan waktu tidur yang cukup. Berbagai keluhan yang dirasakan pun turut menjadi faktor turunnya kualitas tidur yang didapatkan oleh wanita hamil. Misalnya saja terjadinya gejala tidak nyaman karena perut yang semakin membesar, kram kaki, hidung tersumbat, rasa panas di bagian dada dan semakin sering buang air kecil pada malam hari.

Tidur

Gejala gejala tersebut memang tidak bisa di hindari. Selama proses kehamilan, tubuh memang mengalami berbagai perubahan. Namun, masalah susah tidur pada ibu hamil bisa diatasi. Susah tidur biasa juga disebut denganInsomnia. Keadaan ini merupakan kondisidimana seseorang memiliki kualitas tidur yang tidak baik.Hal hal yang bisa saja terjadi misalnya kesulitan untuk memulai tidur, sering terbangun di malam hari, susah memejamkan mata kembali untuk  tidur setelah terbangun, alhasil tidur punmenjadi tidak pulas.Walaupun kondisi ini tidak berbahaya bagi bayi Anda, Namun tetap saja ibu hamil sangat memerlukan istirahat yang cukup demi kesehatan ibu dan janin dalam perut.

Terutama sang ibu harus lebih memperhatikannya ketika usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga, karena biasanya pada umur tersebutlah banyak ibu yang mengeluh karena buruknya kualitas tidur mereka. Sebelum mengetahui Tips mengatasi imsomnia pada ibu mengandung, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu faktor yang menyebabkan susah tidur tersebut. Terkadang beberapa faktor juga terjadi karena sang Ibu tidak memperhatikan dengar benar konsumsi maupun aktivitas tertentu yang berdampak pada ketenangan tubuh.

Biasanya sang ibu tidak menyadari adanya pola tidur yang salah seperti rutinitas tidur yang buruk , adanya hiperaktivitas fisik, kemudian menonton TV tepat sebelum tidur ditambah emosional yang tidak stabil. Hendaknya Anda membenahi terlebih dahulu hal tersebut dan ikuti beberapa saran bagus untuk Anda yang susah tidur seperti uraian dibawah ini. Beberapa trik nya juga akan bantu Anda bisa melewati masa kehamilan dengan baik dan lancar. Silahkan disimak.

Cara mengatasi Susah Tidur malam hari saat Hamil

1. Perhatikan Posisi tidur

Cara dan posisi tidur ibu hamil sangatlah penting, khusunya pada saat hamil tua. Disarankan untuk tidur dengan posisi miring dan menekuk lutut. Sesuaikan saja posisi manakah yang akan membuat anda benar –benar merasa nyaman. Sementara itu, apabila ibu yang sedang hamil tua merasakan gejala panas bagian dada maka, cobalah untuk tidur dengan posisi setengah terduduk sedangkan punggung dalam keadaan bersandar pada tumpukkan bantal yang nyaman. Manfaatkan juga bantal tambahan untuk semakin memberikan kenyamanan Anda tidur. Selain untuk menyangga bagian tubuh, bantal dapat digunakan untuk menahan bagian perut atau menempatkannya diantara kaki saat berbaring satu sisi.

2. Membuat Pola tidur secara rutin yang baik

Seperti yang sudah kita bahas sedikit diawal, rutin waktu tidur yang baik sangatlah bagus. Maka buatlah sebuah pola tidur yang akan Anda lakukan. Bagaimana caranya? Temukan aktivitas yang dapat membantu Andatertidur sebelum tidur,  tetapkan dengan jadwal tidur yang teratur. Lebih bagus lagi jika Anda bangun nantinya dengan waktu yang sama, meskipun di akhir pekan.Anda bisa menggunakan alat bantuan seperti snooze tracking. Adanya Pola yang teratur dan konsisten bisa sangat membantu Anda untuk mengatasi kesulitan tidur karena pola yang tidak teratur.

3. Luangkan Waktu untuk tidur siang

Pastikan untuk beristirahat ketika siang hari, apalagi kalau Anda sedang beraktivitas yang menguras pikiran Anda. Dengan meluangkan waktu untuk tidur siang, Anda dapat merilekskan pikiran dan bisa tetap bugar. Tidak perlu dengan waktu yang lama, sebentar saja sudah cukup. Pastikan ini juga masuk dalam daftar atau pola tidur teratur yang sudah Anda buat pada poin sebelumnya.  Tahukah Anda? Hal ini juga dapat sebagai alternatif pengganti waktu tidur malam yang kerap terganggu.

4. Lakukan terapi atau relaksasi di rumah

Supaya otot tubuh dan pikiran ibu hamil tetap rileks cobalah untuk melakukan teknik terapi dirumah. Seperti pemijatan, peregangan, yoga atau pernapasan. Kemudian teknik relaksasi lainnya adalah dengan mandi air hangat pada saat sebelum tidur. Gejala kehamilan seperti kram dan ketegangan dapat teratasi karena telah melakukan peregangan dan teknik pernapasan yang baik dan benar. Terapi tersebut baik karena melibatkan pemantauan diri, strategi mental yang baik untuk bisa tidur dengan nyaman. Apabila perlu Anda bisa memakai jasa bantuan seorang terapis atau panduan dari buku atau online.

5. Pastikan cukup asupan mineral

Asupan mineral sangat penting untuk tubuh, pasalnya pada masa kehamilan sang ibu sangat memerlukan minum air putih yang lebih dari biasa nya pada saat tidak hamil. Dengan mengonsumsi air putih secara teratur khususnya pada pagi dan siang hari sangat baik bagi metabolisme tubuh. Hindari meminum minuman yang mengandung kafein secara berlebihan. Pastikan anda lebih banyak meminum air putih karena sifatnya bagus untuk menetralisir. Namun, perlu untuk diperhatikan sebaiknya batasi minum air putih beberapa jam sebelum memasuki saatnya waktu Anda tidur.

6. Gunakan sarana tempat tidur yang baik

Faktor eksternal yang memengaruhi kualitas tidur adalah disekitar tempat Anda tidur. Misalnya tempat tidur seperti apa yang anda gunakan? Sudahkah Anda menggunakan kasur yang tepat? Karena pada kenyataannya kasur yang nyaman dapat meningkatkan kualitas tidur yang puas. Pilihlah jenis kasur yang membuat anda nyaman, tidak terlalu empuk atau bahkan sebaliknya. Paparan sinar lampu dalam ruangan Anda juga perlu diperhatikan. Sinar lampu antara senja dan pada saat tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur karena perubahan yang cepat. Maka, sebaiknya sebelum tidur redupkanlah lampu dua jam sebelum Anda tidur. Sehingga Anda tidak akan kaget dan bisa menikmati waktu tidur. Termasuk hindari penggunaan sinar layar handphone dan tv sebelum tidur.

Baca Juga :

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya seputar solusi terbaik untuk membantu para ibu yang kini sedang mengandung tapi memiliki masalah pada tidurnya. Saran tersebut sudah diyakini oleh para dokter kandungan sebagai cara terbaik untuk mengatasi susah tidur. Apabila Anda sudah melakukannya dengan benar namun tidak ada perkembangan sama sekali, silahkan konsultasikan hal tersebut dengan dokter atau bidan kepercayaan Anda perihal gejala –gejala yang tidak bisa Anda atasi sendiri.

Selain tidur malam yang penting untuk ibu mengandung, sebaiknya Anda juga bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan tidur pada siang hari sebagai pemenuhan waktu tidur. Apabila Anda adalah seorang ibu hamil yang masih bekerja, saran praktis yakni alangkah lebih baik untuk mengambil cuti hamil ketika usia kandungan menginjak 36 minggu. Walaupun Anda berniat untuk mengambil cuti hamil setelah mendekati harinya kelahiran, tentunya anda akan lebih banyak mendapat manfaat karena lebih siap untuk menghadapi perubahan secara mendadak dalam rutinitas harian termasuk gejala susah tidur.

Penulis : catatansehat.com