Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memilih Hardware PC yang Baik dan Benar

PC atau personal computer adalah suatu benda yang sangat berguna bagi kehidupan sebaian orang khususnya para pelajar dan pekerja kantoran. Banyak yang dapat kita lakukan dengan PC mulai dari mengerjakan tugas, browsing, main game, dan masih banyak lagi yang lain. Fungsi PC bagi kehidupan sehari hari memang sangat penting. Ada beberapa jenis PC menurut fungsinya mulai dari PC gaming, PC kantoran, dll.

Bagi sebagian orang, mereka merelakan jutaan hingga puluhan juta hanya untuk merakit sebuah PC. Mereka menghabiskan uang mereka hanya untuk memenuhi hasrat mereka merakit PC sesuai dengan keinginannya. Merakit PC juga menjadi hobi sebagian besar orang di Indonesia (termasuk saya). Merakit PC adalah kegiatan yang mengasyikkan dan dapat melatih kehati-hatian serta ketelitian kita.

PC terdiri dari beberapa komponen mulai dari CPU, Mobo(motherboard), GPU/VGA, RAM, psu, case, dan fan case. Dalam merakit PC, kita juga dituntut untuk sabar karena belum tentu PC yang kita rakit dapat menyala dengan baik.Bagi kamu yang sedang mencari atau ingin merakit PC sendiri, saya akan sedikit membagikan tips bagaimana memilih komponen PC yang baik dan benar. Baca juga : Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

1. Pilihlah komponen sesuai kebutuhan

Merakit PC bukan hanya sekedar merakit, kita juga harus merencanakan untuk apa PC kita nantinya. Kalau tujuannya hanya untuk mengerjakan tugas, pilihlah spesifikasi hardware yang masuk kedalam kategori Low-Medium. Sebaliknya, jika kebutuhan kamu untuk foku bermain game, pilihlah komponen PC yang memiliki spesifikasi Medium-High. Jika tujuannya untuk mengedit video (content creator) pilihlah hardware CPU yang memiliki banyak Core dan Banyak thread (seperti AMD Ryzen). Baca juga : AMD VS Intel mana yang lebih bagus?

2. Perhatikan kualitas komponen

Bagi kamu yang mempunyai budget terbatas dan ingin sekali merakit PC, sebaiknya kamu mencoba membeli hardware second di toko komputer yang menyediakan hardware dengan kondisi second. Namun jangang hanya asal membeli, kamu juga harus pandai memilih mana barang yang masih bagus dan mana yang sudah mulai rusak. Kamu juga harus pandai membandingkan harga toko komputer satu dengan toko komputer lainnya.

3. Sesuaikan budget kamu

Seperti yang sudah saya katakan tadi, sebelum memilih hardware untuk merakit PC. Kita harus menyesuaikan budget terlebih dahulu. Hardware PC akan menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Misalnya kamu datang ke toko A, di toko A pasti nanti ditanya budget berapa? nanti si toko A akan membuat rakitan sesuai dengan budget yang kamu punya.

4. Bandingkan harga

Seperti yang kita tahu, saat ini harga hardware PC di Indonesia sangat mahal ketimbang 2 tahun yang lalu. Hal ini disebabkan karena mahalnya pajak sehingga barang yang masuk ke Indonesia sedikit dan akan terjadi yang namanya kelangkaan barang. Bila kamu sangat ingin merakit PC, lebih baik kamu merakit PC diwaktu sekarang ini karena semakin berjalannya waktu, harga hardware PC juga akan semakin mahal. Kita juga harus memperhatikan harga disetiap toko komputer karena setiap toko komputer memiliki harga yang berbeda beda.

5. Pilihlah PSU yang bagus

PSU atau power supply adalah hardware PC yang paling penting. Tanpa PSU, PC kita tidak akan menyala karena kegunaan PSU adalah menyuplai listrik untuk PC kita. Pilihlah PSU dengan sertifikat 80+. PSU dengan sertifikat 80+ adalah PSU yang sudah terjamin kualitasnya.

Kita harus benar benar pandai dalam hal merakit PC. Selain spesifikasi,kita juga harus memperhatikan kualitas Hardware yang kita beli.