Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan tentang Blog AMP Singkat dan Jelas

Sebagian orang mungkin sudah mengenal apa itu AMP. Yang dimaksud dengan Google AMP (Accelerated Mobile Page) itu adalah sebuah  fitur dari Google yang bisa dengan mudah diterapkan di website pribadi Anda.  Keunggulan dengan adany fitur AMP adalah memastikan konten yang ada dalam website Anda dapat diakses lebih cepat. Sehingga itu dapat meningkatkan jumlah pengunjung di website yang ada fitur AMPnya.

Dalam cara kerja firur Google AMP pada dasarnya hampir mirip dengan Facebook Instant Articles. Namun, fitur Google AMP digunakan pada platform berbeda. Pada Facebook Instant Articles menggunakan sebuah platform media sosial berupa Facebook, lain halnya dengan Google AMP yang menggunakan mesin pencari Google sebagai platfromnya. Sebuah website yang menggunakan fitur Google AMP dapat Anda lihat secara langsung menggunakan hasil pencarian Google.

Baca Juga : Cara membuat blog mulai awal sampai dengan mendapatkan jutaan Rupiah

Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan pengunjung blog atau website dengan menggunakan fitur Google AMP. Karena pada dasarnya, firur Google AMP akan membuat halaman website Anda lebih ringan dan mudah diakses. Pada penggunaan seperti CSS, JavaScript, dan HTML akan menjadi  diminimalisir oleh adanya AMP sehingga memerlukan waktu memuat lebih sedikit dan efektif.

Pada teknisnya, di sini adanya  fitur AMP akan menyimpan cache website pada awalnya. Dan cache inilah yang nantinya akan dimuat kembali pada sebuah browser sehingga  tidak perlu mengunduh file berulang kali untuk sekedar membuka halaman website yang akan dibuka jika sama alamatnya. Untuk membuat sebuah halaman  Google AMP, ada tiga komponen utama yang Anda butuhkan.

AMP HTML

Pada AMP HTML  merupakan sebuah  bagian dari HTML untuk konten artikel seperti berita dan yang lainnya. Pada  AMP HTML terdiri dari custom tag sepert adanya amp-image, amp iklan, dan amp-video. Pada struktur AMP HTML sendiri akan meminimalisir adanya penggunaan tag JavaScript, CSS, dan HTML. Cara untuk meningkatkan pengunjung blog melalui sebuah fitur AMP HTML ini akan memberikan prioritas akses melalui sebuah mobile. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan oleh fitur AMP HTML di antaranya seperti  menyesuaikan gambar, mengecilkan ukuran pada CSS atau HTML dan juga melakukan inline CSS.

AMP JS

Pengertian AMP JS merupakan sebauh framework pada JavaScript yang bertujuan untuk mempercepat akses melalui perangkat ponsel  atau smasrtphone dengan sebuah metode asynchronous. Proses rendering di halaman website ini akan menjadi  lebih cepat dengan adanya AMP JS. Namun,  hal yang perlu Anda perlu ingat, dalam penggunaan JavaScript sendiri dari pihak ketiga tidak dapat dilakukan dengan oleh AMP. Baca Juga : Blog trafik tinggi menerima artikel Content Placement.

AMP CDN

Yang ketika adalah Google AMP yang bertugas akan menyimpan berupa file website sehingga ketika jika diakses berulang-ulang Anda tidak perlu mengambil kembali di server komputer. Cache akan diaktifkan ketika seorang pengunjung mengakses website Anda atau membuka website yang sama. Sehingga dalam mengakses menjadi lebih cepat. Hal ini yang mendasari adanya tambahan fitur AMP mempermudah pengaksesan ke website Anda.

Lalu ada saja manfaat dengan adanya Google AMP ini. Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. 

Meningkatkan Pengunjung Blok atau Website 

Salah satu tujuan dari adanya google AMP ini adalah untuk akses yang mudah dan cepat. Sehingga akan meningkatkan adanya penggunjung dalam website maupun  Anda. Pengunjung akan meninggalkan blog anda jika pagespeed atau kecepatannya dibawah rata rata. Selain itu blog yang lemot juga susah untuk bersaing di beranda google.

Meningkatkan Peringkat Website Anda

Dengan loding cepat secara tidak langsung mesin pencarian google akan memberikab peringkat baik pada website Anda. karena loading yang cepat dan banyaknya kunjungan dalam blok atau website tersebut. Siapa yang tidak suka dan bahagia apabila peringkat Blognya di Alexa meningkat bahkan melewati situs situs besar. Dengan melihat parameter tersebut kita bisa pastikan setiap artikel yang dibuat akan muda Page One di beranda Google.

Baca Juga : Tips untuk seorang Pemula Blogger dalam mendatangkan Visitor banyak

Inggin mengetahui banyak lagi tentang Informasi Tutorial Blog terbaru, Tips Trik Internet, Komputer dan info menarik lainnya, Sobat bisa berkunjung ke situs BlogPenuhInfo. Selamat belajar ngeblog semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk membangun blog ini tetap hidup, sekian dan terimakasih.