Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Komputer lengkap dengan Jenis Jenisnya

Apa itu komputer? Komputer ialah suatu alat atau mesin komputasi atau suatu alat elektronik yang digunakan untuk memanipulasi suatu data dengan cepat sehingga dapat langsung diinput (dimasukkan), diproses dan dapat mengeluarkan atau output data tersebut berdasarkan instruksi atau perintah yang diberikan dan disimpan di memory.

Komputer memang merupakan suatu alat elektronik yang sekarang sangat dibutuhkan banyak orang untuk membantu pekerjaannya misalnya mengetik, mengolah data, mengedit, membuat poster dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa sebenarnya komputer ini sudah sampai generasi kelima yaitu generasi kita. Dahulu komputer besarnya hampir serumah namun bisa dilihat sekarang komputer tidak sebesar yang dibayangkan.

Baca Juga : 12 Cara supaya Loading Laptop / Komputer dapat bekerja dengan Cepat

Sebenarnya komputer memiliki banyak sekali jenisnya namun, untuk memudahkannya jenis-jenis ini diklasifikasikan menjadi sebagai berikut:
  1. Klasifikasi komputer berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle).
  2. Klasifikasi komputer berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power).
  3. Klasifikasi komputer berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer).

Untuk ketiga ini, yang akan dibahas ialah mengenai klasifikasi komputer berdasarkan pengguna pribadi. Berdasarkan penggunakan pribadinya komputer memiliki banyak jenis yaitu sebagi berikut ini.

1. Server

Untuk komputer jenis server ini biasanya memiliki spek yang tergolong tinggi dan harganya juga mahal. Komputer ini memiliki kapasitas memori yang cukup besar dan prosesor yang kuat. Biasanya komputer ini digunakan sebagai pengendali komputer - komputer lain (client) yang tersambung dengan komputer ini. Komputer ini akan memberikan data atau informasi ke komputer client. Biasanya komputer server ini dirancang sangat besar karena untuk memasangkan atau merangkai banyak hardware yang digunakan.

2. Desktop

Untuk komputer jenis ini ialah jenis komputer yang digunakan banyak orang biasanya. Yang harus memiliki aliran listrik saat menggunakannya. Komputer ini sering dipasang dirumah - rumah ataupun dikantor dengan perlengkapan seperti mouse, keyboard, speaker dan earphone. Saat ini desktop terbaru sudah menggunakan monitor dengan layar LCD & LED yang tidak banyak menyedot listrik.

3. Laptop

Untuk komputer jenis ini ialah komputer yang dapat dibawa kemana-mana karena kemudahan dan portablenya untuk dibawa kemana - mana. Karena komputer ini telah satu paket dengan mouse dan keyboard serta memiliki baterai yang sebagai persediaan sumber listrik. Ukurannya sedikit besar jadi membutuhkan sebuah TAS untuk membawanya.

4. Netbook 

Untuk komputer jenis ini sebenarnya hampir sama dengan laptop hanya saja ukurannya lebih kecil dan spesifikasinya lebih rendah. Nah buat anda yang suka menonton Drama Korea ataupun Film dengan menggunakan Netbook cukup mudah karena cukup ringan dibawa kemanapun. Tetapi untuk bermain Game atau mengoperasikan Software besar cukup sulit karena Spesifikasinya yang rendah.

5. Komputer Tablet 

Komputer jenis ini merupakan komputer layar sentuh jadi semua akan dimudahkan hanya dengan menekan langsung pada layar komputer tersebut dengan tangan ataupun dengan pena digital yang telah diberikan dari sana. Hampir sama dengan Smartphone tetapi ukuran layarnya lebih luas. Supaya batrainya bertahan lama anda bisa membawa Power Bank.

Baca Juga : Kumpulan cara mendapatkan Uang dari Internet yang terbukti berhasil
       
Dari jenis-jenis komputer yang telah dibahas di atas Anda juga harus mengetahui mengenai alat untuk input, proses, memori dan output. Bagi Anda yang belum paham benar mengenai alat-alat tersebut inilah alat-alat yang Anda perlukan untuk mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.

Alat input : Alat input ialah semua alat elektronik yang kompatibel dengan komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau menginput data kekomputer. Contoh alat input seperti keyboard, mouse, scanner, microfon, track ball, Joy stick, touch pad, Barcode, handycam dan masih banyak lainnya.

Alat proses : Alat proses ialah semua alat elektronik yang digunakan untuk memproses data dari input supaya dapat dikeluarkan atau dioutputkan. Contoh alat pemprosesan ialah CPU atau Central Processing Unit yang merupakan otak dari komputer yang mengatur semua hal di komputer.

Alat output : Alat output ialah semua alat elektronik yang digunakan untuk mengeluarkan data dari input. Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan atau merubah bentuk virtual menjadi bentuk nyata atau real. Contoh alat output ini ialah: monitor, proyektor, printer, speaker, ploter, dan masih banyak lagi.

Memori : untuk memori sendiri pasti sudah banyak yang tau jika fungsi utama memori ialah menyimpan data yang telah diproses sebelumnya. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa memori dibedakan menjadi 2 yaitu ada RAM dan ada ROM.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Hardware PC yang Baik dan Benar

Itulah sedikit Penjelasan dan Pengertian tentang Komputer lengkap dengan jenis jenisnya. Semoga bisa membantu anda dalam mengenal lebih jauh lagi. Jika penasaran sobat bisa membaca dan berkunjung ke situs DuniaTIK.com.