Kuliahnya Sih Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa!!  - Part 1

Kuliahnya Sih Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa!! - Part 1

Kuliahnya Sih Biasa, Tapi Hasilnya Luar Biasa!! - Part 1

Berbagai Keuntungan yang Didapat. Bagi sebagian orang mungkin berpikir “Buat apa sih kuliah? Capek pikiran, capek tenaga. Belum lagi harus keluarin uang untuk biaya kuliah yang gak sedikit. Toh lulusan SD pun banyak yang jadi pengusaha yang sukses”. Dan saya sendiri pun dulu berpikiran serupa. Namun akhirnya saya mendapat sebuah pencerahan.

Kamu tahu dongeng antara semut dan belalang? Dimana dikisahkan ada semut yang setiap harinya rajin sekali dalam mengumpulkan makanan dan belalang yang setiap harinya hanya bersenang-senang saja. Hingga akhirnya musim kemarau tiba, namun semut tidak pusing dengan pasokan makanan karena dia rajin, sementara belalang yang hanya malas-malasan saja akhirnya sekarat.

Nah dari dongeng tersebut bisa kita ambil hikmahnya mumpung kita masih muda alangkah baiknya untuk kita bekerja keras dalam mencari dan mengumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya. Seperti dalam anjuran agama Islam pun menyebutkan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib bahkan sampai ke liang lahat.

Karena kelak pasti kumpulan ilmu itu akan banyak membantu kehidupan kamu, bahkan bisa membantu kehidupan orang lain. Ada sebuah kalimat dari Zig Ziglar dan kalimat ini juga sering dipakai oleh salah satu motivator dan pembicara di Indonesia, “Kalau kamu keras (rajin, tidak malas, tekun) terhadap dunia, maka akhirnya dunia akan bersikap lembek (hidup jadi mudah sukses) kepada kamu. Tetapi, jika kamu bersikap lemah, malas dan berfoya-foya terhadap dunia, maka dunia akhirnya akan bersikap keras yaitu tantangan berat dan kesulitan aka menghampiri kamu”.

Nah saya yakin, kamu tidak ingin bernasib sama dengan belalang pada dongeng di atas kan?

Oleh karena itu, bagi yang ingin berkuliah dan yang masih piker-pikir untuk berkuliah saya ingin membagikan beberapa keuntungan yang akan kamu dapat jika kamu berkuliah.

Sebenarnya dengan berkuliah kamu telah mendatangkan yang namanya opportunity cost atau biaya peluang, singkatnya uang yang sebenarnya bisa kamu dapatkan jika kamu bekerja dan bukan malah kuliah. Selain itu kuliah juga menghabiskan banyak waktu, tenaga, pikiran, dll. Ibaratnya kuliah itu pengorbanan yang sangat besar. Tapi apa pengorbanan yang sebesar itu tidak akan terbalas? Tentu saja ada balasan yang sebanding dari kuliah. Balasan atau keuntungan yang dimaksud diantaranya:

1. Lebih percaya diri
Memilih kuliah sudah tentu menjadi modal tersendiri ketimbang mereka yang tidak kuliah. Tapi tetep inget, PD boleh asal jangan kelewatan, bisa jadi malah besar kepala alias sombong.

2. Menjadikan hidup lebih mandiri
Khususnya yang dari luar kota dan harus ngekost pastinya akan mengalami hidup tinggal jauh dari orang tua, maka mau tidak mau harus belajar bagaimana mengatur, mencari, dan memenuhi kebutuhan sendiri.

3. Memperluas pengetahuan
Hal ini dikarenakan dalam dunia kampus pengetahuan tidak hanya didapat di kelas, namun di luar bangku perkuliahan pun bisa. Syaratnya kamu harus aktif.

4. Menjadi seorang pemikir bebas dan kritis
Berbeda dengan di sekolah, jadi kalau di kampus itu metode pembelajarannya konstruktivisme yaitu mahasiswalah yang aktif untuk menalar dan mengembangkan ilmu.

5. Membentuk karakter atau kepribadian
Bila dipahami lebih dalam, pendidikan bukan hanya berarti pengajaran, mengapa? Karena pendidikanlah yang menempa fisik, mental, moral setiap individu hingga kelak ia menjadi manusia yang berkarakter atau berkepribadian.

6. Pandai mengatur waktu
Apabila sudah tahu waktu dan terbiasa membuat agenda atau jadwal kegiatan selama kuliah dengan baik, tentunya hidup akan semakin terarah dengan baik pula.

7. Memberi peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan terbaik
Dengan ilmu dan keterampilan yang kamu dapat selama kuliah, peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan keahlian kamu pun akan semakin terbuka.

8. Mendapatkan pasangan hidup
Setidaknya kamu akan menghabiskan waktu 4 tahun dengan teman yang berbeda karkater, dan pasti akan ada yang cocok dan nyambung dengan kamu. Hingga akhirnya benih-benih cinta datang, dan biasanya sampai hubungan yang lebih serius akan mulai terjadi sampai ke jenjang pernikahan.

Penulis : M Akbar Nashiruddin (Nanas.Corp)
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar