9 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

9 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

9 Cara Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

Sebagian besar smartphone akan mengalami kenaikan suhu drastis apabila digunakan secara terus-menerus. Panas yang ditimbulkan biasanya berasal dari baterai atau perangkat keras yang tersemat dalam smartphone tersebut.

Nah, jika Anda pernah atau sedang mengalami kondisi dimana smartphone terasa panas saat digenggam, jangan panik. Lakukan saja beberapa cara mengatasi smartphone android yang cepat panas, seperti yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Ganti baterai

Jika smartphone android Andacepat panas dibarengi dengan daya baterai yang cepat habis bahkan sering mati mendadak, maka bisa dipastikan baterai mengalami kerusakan. Gantilah dengan yang baru agar smartphone Andakembali normal.

2. Jauhkan dari panas

Terkadang, panas pada smartphone justru tidak berasal dari smartphone itu sendiri melainkan karena pengaruh dari luar. Untuk mengatasinya, jauhkan smartphone Andadari benda-benda yang mengeluarkan panas sperti televisi, oven, atau kipas laptop.

3. Jangan gunakan smartphone ketika sedang di-charge

Menggunakan smartphone katika masih menancap pada charger sangat tidak disarankan karena akan membuat baterai bekerja semakin keras. Bila dilakukan terus-menerus, selain membuat smartphone menjadi cepat panas, bisa juga mengakibatkan kerusakan fatal pada baterai.

4. Matikan aplikasi atau koneksi yang menguras baterai

Banyak aplikasi yang walaupun sudah Andatutup tapi sebenarnya masih berjalan pada background. Inilah salah satu yang menyebabkan daya baterai terkuras dan smartphone Andacepat menjadi panas. Namun, Andatak perlu khawatir karena smartphone dengan sistem operasi android terbaru sudah menyediakan fitur yang bisa menghentikan segala aktifitas aplikasi pada background. Anda cukup mengaktifkannya pada menu pengaturan.

Selain, itu fitur-fitur yang mengatur konektivitas seperti bluetooth, wifi, dan GPS juga banyak menguras tenaga baterai. Matikan saja fitur-fitur tersebut jika Andasudah tidak menggunakannya.
Berada pada lokasi yang tidak terjangkau sinyal juga akan membuat smartphone Andacepat panas. Mengapa demikian? Pada tempat yang sinyalnya buruk, smartphone akan bekerka lebih keras dan terus berusaha menemukan sinyal. Ini akan banyak memakan daya baterai dan membuat smartphone cepat menjadi panas.

Satu lagi yang menguras tenaga baterai adalah lampu LED yang berfungsi sebagai senter. Karenanya, jika tidak benar-benar diperlukan, jangan menyalakan senter dalam waktu yang lama.

5. Periksa Aplikasi yang terinstal

Pantaulah semua aplikasi yang ada pada smartphone Andasecara berkala. Terkadang, karena adanya virus atau hal lain, sebuah aplikasi akan berjalan terus-menerus tanpa sepengetahuan Anda. Sering-seringlah masuk pada task manager pada smartphone android agar aplikasi yang berjalan tidak semestinya bisa langsung Andakenali.

6. Jangan membekap smartphone

Dengan alasan untuk memberi perlindungan lebih pada smartphone, beberapa pengguna mengenakan casing tambahan. Namun ternyata, casing tambahan ini bisa menjadi salah satu penyebab smartphone menjadi cepat panas.

Casing tambahan akan menghalangi sinyal masuk pada smartphone sehingga smartphone bekerja keras untuk tetap mendapat sinyal. Hal ini menguras banyak daya baterai dan smartphone menjadi cepat panas. Tanggalkan saja casing tambahan tersebut agar sirkulasi udara bisa masuk dengan lancar.
Buat Andayang tengah beraktifitas secara terus-menerus dengan smartphone seperti menyalakan GPS atau menonton video, ada baiknya untuk menggunakan holder agar tangan tidak bersentuhan langsung dengan smartphone.

7. Jangan overclock smartphone

Smartphone yang telah mengalami overclock dengan maksud untuk meningkatkan kecepatannya akan banyak memakan daya baterai. Gunakan Set CPU untuk underclock jika overclock pada smartphone Andamenyebabkan peningkatan panas yang signifikan.

8. Diamkan smartphone

Yang satu ini mungkin adalah cara yang paling gampang yang bisa Andalakukan bila smartphone terasa sangat panas. Hentikan penggunaan dan diamkan sampai benar-benar dingin. Setelah itu, gunakan kembali seperti biasa.

9. Mengurangi panas pada smartphone dengan aplikasi

Aplikasi pertama yang bisa Andacoba untuk mengurangi panas pada smartphone Andaadalah Clean Master karena aplikasi ini mempunyai satu fitur yang disebut CPU Cooler. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Download dan install Clean Master pada smartphone Andalalu bukalah
  • Pada Home pilihlah fitur Phone Boost
  • Pada CPU Temperature yang ada di bagian atas klik Check. Clean Master akan memindai aplikasi apa saja yang mennyebabkan panas pada smartphone.
  • Setelah muncul daftar aplikasi penyebab overheat, klik Cool Down dan selesai. Sekarang smartphone Andatidak akan mengalami overheat lagi.

Aplikasi yang kedua adalah DU Battery Saver yang mempunyai fitur Phone Cooler yang bekerja dengan mengeleminsi aplikasi-aplikasi yang berjalan pada backgroud. Berikut adalah langkah-langkah menggunakannya.
  • Download dan install DU Battery Saver pada smartphone Anda.
  • Klik pada Phone Cooler dan biarkan DU Battery Saver memindai smartphone Anda
  • Setelah selesai, Andaakan melihat daftar aplikasi yang menimbulkan overheat. Klik Cool Down dan selesai. Sekarang smartphoneAndaakan terasa lebih dingin.

Nah, itulah diatas beberapa cara mengatasi smartphone android yang cepat panas. Selamat mencoba.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar