7 Tips Merawat Kacamata Agar Tetap Awet

7 Tips Merawat Kacamata Agar Tetap Awet

7 Tips Merawat Kacamata Agar Tetap Awet

Memiliki mata yang normal merupakan anugrah tidak ternilai yang telah diberikan Sang Pencipta kepada kita, dan tentunya wajib hukumnya bagi kita untuk bersyukur dengan cara menjaganya dengan baik.

Terkadang sebagian dari kita sering menganggap remeh dengan kesehatan mata ini, biasanya secara tidak sadar kita telah melakukan kebiasaan yang justru dapat merusak mata, seperti membaca dalam keadaan kurang cahaya, membaca sambil tiduran, bermain game dan didepan komputer terlalu lama dan kebiasaan-kebiasaan yang lain.

Bukan hanya dikarenakan oleh faktor dari kebiasaan yang telah disebut diatas, faktor lain yang juga dapat mempengaruhinya adalah seperti faktor usia dan faktor genetik atau keturunan, jika orang tua sobat juga memiliki kelainan pada mata, maka bisa jadi sobat juga akan memilikinya.

Sebaiknya sebelum itu terjadi kita dapat mencegahnya terlebih dahulu, agar mata tetap berfungsi dengan baik dan sehat, seperti artikel admin yang lalu yaitu tentang Tips menjaga kesehatan mata yang baik dan benar.

Nah bagi sobat yang sudah terlanjur memiliki kelainan pada mata, seperti mata minus, mata plus atau mata silinder, tidak perlu kwatir dengan keadaan seperti itu, kita masih tetap bisa melihat namun dengan bantuan alat seperti kacamata maupun softlens atau kontak lensa.

Memakai alat bantu untuk mata seperti kacamata maupun softlens, tidak semua orang menyukai bahkan menginginkannya, menggunakan kacamata berarti mata kita dikatakan sudah tidak normal lagi.

Merawat kacamata agar tetap awet tidaklah semudah seperti merawat mata kita, apalagi jika sobat memakai softlens, tentunya lebih rumit lagi cara merawatnya, sebelum sobat menentukan pilihan memakai kacamata atau softlens, ada baiknya sobat terlebih dahulu membaca tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan softlens agar sobat lebih yakin dengan pilihan sobat.

Setelah mengetahui informasi tentang softlens, admin lebih memilih kacamata, memang sih lebih mahal diawal, tapi lebih hemat untuk kedepannya, karena dirasa dari segi perawatan dan pemakaian bisa dikatan lebih mudah daripada menggunakan softlens, nah dibawah ini adalah beberapa tips untuk merawat kacamata menurut pengalaman admin, apa saja?, yuk silahkan dibaca sob :

Tips merawat kacamata agar tetap awet : 
  1. Jika tidak dipakai, selalu simpan kacamata pada kotak bawaan yang didapat ketika beli kacamata, jika tidak maka resiko kacamata patah atau lensa pecah akan sobat dapatkan.
  2. Jangan meletakkan dengan posisi lensa berada di bawah ketika sobat menaruhnya di meja atau permukaan lainnya, karena dapat membuat lensa kacamata akan tergores, apalagi lensa yang terbuat dari bahan plastik.
  3. Gunakan kedua tangan  untuk memegang kedua tangkai kacamata ketika sobat akan melepas kacamata, jika sobat sering menggunakan satu tangan, kacamata sobat akan bengkok bahkan patah, apalagi jika sobat adalah cewek yang menggunakan hijab, terkadang tangkai terjepit di sela-sela hijab.
  4. Bersihkan kacamata dengan menggunakan kain pembersih khusus untuk kacamata, yang biasanya telah disediakan oleh toko optik langganan sobat, cuci kain tersebut jika sudah kotor, sobat juga dapat menggunakan tissu yang bersifat tidak abrasif, seperti jenis tissu facial atau tisu wajah, 
  5. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa atau optik, jangan menggunakan cairan pembersih lain, karena memang memiliki bahan yang berbeda, cairan ini dapat dibeli di toko optik langganan sobat, 
  6. Jika sobat ingin mencuci kacamata, cukup basahkan dengan air yang telah dicampur dengan samphoo atau sabun mandi, bilas, kemudian keringkan dengan tissu wajah yang halus, 
  7. Jangan taruh kacamata ditempat yang panas dan mengandung bahan kimia seperti hair spray, parfum, rokok, dan lain sebagainya yang dapat merusak lensa kacamata.

Bagaimana?, mudah bukan?, jika sobat melalukan tips diatas, dijamin kacamata sobat akan awet sampai tahunan, seperti yang admin miliki hingga lebih dari 4 tahun, padahal harga juga tidak terlalu mahal, jika cara merawatnya benar, maka dapat bertahan sampai tahunan,

Kiranya demikian tips merawat kacamata agar tetap awet ini, akhir kata kurang lebihnya mohon maaf, silahkan tinggalkan komentar jika dirasa ada yang kurang jelas, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar