Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kesalahan Yang Sering dilakukan Blogger Pemula

Mastimon.Com - 7 Kesalahan Yang Sering dilakaukan Blogger Pemula, saat ini dunia blogging bukan hanya untuk menyalurkan sebuah hobi saja, namun banyak juga yang menjadikan kegiatan menyenangkan ini untuk mendapatkan pemasukan, bahkan beberapa orang yang sudah lama menekuni bidang blogging menddapatkan pemasukan utama nya dari blog yang dia kelola.


Hal itu tentu saja membuat beberapa orang semakin tertarik untuk mencoba terjun di dunia blogging, namun perlu kalian ketahui jika cukup banyak kesalahan yang sama yang dilakukan oleh banyak blogger pendatang baru, disini saya akan menuliskan beberapa kesalahan yang sering blogger pendatang baru lakukan.

7 Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula

1. Berorientasi pada uang

Ini adalah kesalahan yang paling sering saya temui termasuk saya pun pernah mengalami nya, tidak ada salah nya berharap mendapatkan penghasilan dari blog yang kamu kelola dan melihat blog para senior yang sudah sukses menghasilkan Jutaan sampai ratusan juta perbulan memang menjadi Motivasi yang bagus.

Baca Juga : 3 Template Premium SEO Friendly untuk Pemula Blogger

Namun kalian juga perlu menyadari jika semua hal itu tidak di dapatkan para mastah dalam waktu yang singkat, mereka banyak mengalami Trial dan Error sampai akhir nya mendapatkan kesukses an dengan cara mereka sendiri.

Jika kamu blogging hanya berorientasi pada uang, maka kemungkinan besar 2 hal ini akan terjadi pada kamu :

1.1 Menghimbaukan kualitas artikel

Karena dipikiran kamu dari awal hanya uang kamu akan kurang peduli memperhartikan kualitas artikel, kamu mungkin akan menulis apa yang kata orang banyak memiliki peminat dengan harapan cepat mendapatkan pengunjung yang bisa di konversi kan menjadi uang.

1.2 Mudah Menyerah

Karena kamu berorientasi pada uang jika kamu sudah mengurus blog yang kamu kelola selama beberapa bulan ternyata hasil yang di dapat Nihil tentu nya kamu akan kecewa dan kemungkinan besar kamu akan berhenti menjadi blogger.

2. Hanya berfokus pada Google Adsense

Google Adsense hanyalah 1 dari banyak nya pilihan bagaimana cara kamu bisa mendapatkan uang dari blog yang kamu kelola, saya sering kali melihat para pendatang baru memberikan pertanyaan :
  • Bagaimana cara nya diterima google adsense ?
  • Bagaimana cara mendapatkan banyak hasil dari google adsense ?

Pertanyaan tersebut sering kali saya lihat namun jarang sekali saya melihat pertanyaan bagaimana cara membuat sebuah artikel berkualitas, padahal jika artikel yang kita buat berkualitas dan tidak melanggar TOS, pasti nya pihak google adsense pun akan senang hati menerima blog kita sebagai mitra mereka (Publisher)

3. Tidak mau belajar menulis artikel berkualitas

Apa yang disajikan oleh para blogger di blog mereka adalah sebuah konten, dan kebanyakan dari konten tersebut berupa tulisan, jika kamu tidak mau belajar bagaimana menulis sebuah artikel yang berkualitas tentu nya ini akan menjadi penghambat dalam perjalanan blogging kamu.

Baca Juga : 9 Kunci SUKSES seorang Blogger dari Awal sampai Berhasil

Ujung ujung nya jika kamu tidak mau belajar menulis sebuah artikel kamu sangat berpotensi untuk menjadi tukang Copas artikel milik orang lain, dan tentu saja hal tersebut sangat tidak disarankan.

4. Memilih Desain Blog Yang Tidak Enak di Pandang

Orang-orang berkunjung ke blog kalian untuk membaca artikel yang kalian tulis, jadi buat lah tampilan blog kalian nyaman untuk dipandang dalam waktu yang cukup lama, jauhi pemilihan warna yang kontras dan menyilaukan mata atau menambahkan banyak widget yang membuat loading blog jadi berat.

Jadi bagaimana contoh Template atau tampilan yang enak diliat? untuk contoh nya kalian bisa lihat blog Mastimon ini, Desain blog yang baik menurut saya sendiri memiliki kriteria seperti di bawah ini
  • Paduan warna yang tidak menyilaukan mata
  • Menggunakan widget sesuai kebutuhan
  • Tidak menempatkan iklan secara berlebihan
  • Loading blog yang tergolong cepat

5. Salah Memilih Niche

Pengertian singkat nya Niche adalah sebuah tema yang akan kamu sajikan di blog yang kamu kelola, banyak para pemula yang memulai blogging nya dengan menulis suatu niche yang bahkan tidak mereka sukai, mereka menulis tulisan tersebut semata mata karena banyak orang yang mengatakan jika Niche tersebut akan mendatangkan banyak Visitor atau lebih mudah menghasilkan uang.

padahal itu adalah langkah pertama yang salah jika kamu seorang blogger pendatang baru, jika kamu baru memulai blogging, pilihlah Niche yang paling kamu kuasai atau minati, sehingga jika Niche tersebut kamu minati kamu akan dengan senang hati menulis niche tersebut.

Penulisan yang sepenuh hati pasti nya akan menghasilkan kualitas artikel yang baik, kualitas artikel yang baik akan mendatang kan banyak Visitor dari google, nah jika kamu sudah benar benar menguasai niche tersebut baru lah kamu bisa melirik dan mempelajari niche lain.

6. Tidak Konsisten

sepintar apapun kamu menulis artikel atau melakukan optimasi sebuah blog hasil nya sama sekali tidak akan maksimal jika kamu tidak konsisten, blog yang sukses berawal dari sikap konsisten pemilik nya.

Contoh nya blog mastimon ini, mas timon pernah membagikan cerita nya di facebook yang menginspirasi para blogger pendatang baru jika mastimon selalu konsisten menulis 2 artikel setiap hari nya, hasil nya bisa kalian lihat sendiri di blog ini, blog mastimon begitu banyak mendapatkan banyak Visitor setiap hari nya.

7. Mudah Menyerah

nah jika kalian sudah melakukan kesalahan no 1-6 kemungkinan besar kalian akan melakukan kesalahan ini juga, yaitu mudah menyerah,kalian menyerah karena blog yang kalian kelola tidak kunjung diterima google adsense, kalian mudah meyerah karena blog yang kalian kelola tidak kunjung mendatangkan banyak visitor, kalian mudah menyerah karena melihat dashboard google adsense yang tak kunjung mendapatkan hasil yang diharapkan.


Oleh karena itu sikap pantang menyerah wajib kalian tanamkan pada diri kalian masing masing, saya sendiri belum mendapatkan penghasilan dari blog yang bisa mencukupi kebutuhan sehari hari saya, namun saya yakin suatu saat saya bisa menuai hasil dari kerja keras yang saya lakukan selama ini, begitulah sugesti yang selalu saya berikan kepada diri sendiri agar selalu memiliki sifat positive.

Baca Juga : Tips mendapatkan IDE menulis di BLOG/WEB supaya bisa buat ARTIKEL setiap hari

Nah itu adalah 7 kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para blogger pemula, jadi buat kamu yang baru baru ini menekuni bidang blogging coba lihat diri kamu sendiri apa kamu memiliki salah satu sifat diatas ini? Jika ada yang ingin kalian tambahkan atau koreksi kalian bisa komen di bawah ini ya.

Kalian juga bisa belajar lebih jauh tentang Tutorial Blogger Pemula yang Efektif dengan berkunjung ke situs TRIKindo.com. Ada banyak informasi seputar Blog yang bisa kalian pelajari dengan mudah mulai Desain Template sampai dengan Optimasi SEO baik Off Page maupun On Page.