6 Makanan yang bagus untuk penderita Radang Tenggorokan

6 Makanan yang bagus untuk penderita Radang Tenggorokan

6 Makanan yang bagus untuk penderita Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan iritasi, nyeri yang disertai dengan rasa gatal di tenggorokan, hal tersebut membuat Anda susah untuk menelan makanan atau minuman. Situasi tersebut tentu saja membuat Anda merasa tidak nyaman bukan? Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, maka akan menimbulkan efek yang lebih parah.

Berikut ini Saya akan memberikan informasi mengenai makanan yang cocok dan efektif untuk meredakan radang tenggorokan Anda.

Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan :

1. Pisang

Pisang merupakan makanan yang boleh dikonsumsi penderita radang tenggorokan karena memiliki struktur halus dan lembut, sehingga sangat cocok untuk melegakan rasa gatal pada tenggorokan Anda. Hal tersebut dikarenakan, pisang memudahkan Anda dalam mengunyah dan menelannya. Selain itu, pisang kaya akan vitamin C, B6, dan kalium yang dapat memberikan efek menenangkan pada tenggorokan Anda.

2. Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan untuk penderita radang tenggorokan yang efektif dan alami. Meskipun kebanyakan orang mengetahui kegunaan wortel adalah untuk mengobati mata minus, namun, wortel bisa digunakan sebagai makanan pereda radang tenggorkan. Pasalnya, wortel mengandung potasium, vitamin A, K, dan C yang sangat cocok untuk memberikan efek menenangkan pada  tenggorokan Anda.

Baca juga : 8 Efek Samping & Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

3. Sup Ayam

Makanan yang cocok untuk penderita radang tenggorokan adalah sup ayam. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memeliki anti-inflamasi yang dapat meningkatkan respon biologis pada tubuh Anda untuk menghindari bahaya seperti bakteri ataupun virus. Selain itu, cmpuran dari rempah-rempah lain seperti bawang putih, bawang merah, daun seledri, brokoli dan wortel semakin meningkatkan khasiat sup ayam sebagai pereda radang tenggorokan apabila dihidangkan dalam kondisi hangat.

4. Telur

Makanan yang baik dikonsumsi saat radang tenggorokan adalah telur. Dalam satu butir telur mengandung protein yang cukup banyak yaitu sekitar 12% dan lemak sekitar 1%. Protein merupakan salah satu nutrien yang berfungsi untuk menggantikan sel-sel dan jaringan yang telah rusak. Sehingga, dengan mengonsumsi telur rebus dapat menguruangi kadar lemak pada telur dan iritasi pada tenggorokan Anda dapat segera sembuh.

5. Oatmeal

Makanan untuk radang tenggorokan yang tepat adalah oatmeal. Oatmeal merupakan gandum yang mengandung serat dan protein yang tinggi. Apabila oatmeal disajikan secara hangat dalam sebuah mangkuk, maka akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Mengapa? Karena, dengan penyajian yang hangat tersebut dapat menghilangkan senyawa antinutrisi pada gandum dan bakteri namun tidak merusak protein yang baik untuk meregenerasi sel-sel dan jaringan.

6. Sagu

Sagu merupakan makanan yang dianjurkan saat radang tenggorokan. Sagu dikenal sebagai salah satu ramuan obat yang memiliki sifat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan. Sagu mengandung berbagai enzim untuk membantu mencerna makanan dan asam fenolat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Tidak hanya itu, sagu mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Sajikanlah sage sebagai campuran pada sup untuk melegakan radang Anda.

Baca juga : 8 Efek Samping & Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar