6 Ide Bisnis yang Cocok untuk Seorang Pendaki Gunung

6 Ide Bisnis yang Cocok untuk Seorang Pendaki Gunung

6 Ide Bisnis yang Cocok untuk Seorang Pendaki Gunung

Akhir-akhir ini, kegiatan mendaki gunung sangat digandrungi oleh kalangan muda, meski prosesnya melelahkan, namun perasaan haru saat mencapai puncak dapat membuat siapa pun menjadi ketagihan. Terlebih di setiap pendakian, kita dapat menemukan teman dan pengalaman baru yang mengasikan.

Namun di sisi lain, banyak kalangan yang menganggap bahwa kegiatan mendaki gunung hanyalah buang-buang waktu, gak ada kerjaan dan rata-rata penghobinya susah mendapatkan pekerjaan. Etapi, anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar, sebetulnya banyak sekali ide bisinis yang sangat cocok untuk seorang pendaki, misalnya seperti beberapa ide berikut ini.

10 Ide Bisnis yang Sangat Cocok untuk Seorang Pendaki Gunung

1. Memiliki Website Bertema Pendakian

Sebagai seorang pendaki gunung, sudah semestinya kamu memiliki banyak pengalaman, dengan sedikit keberanian, kamu dapat menuangkan setiap pengalaman serumu saat di atas gunung ke dalam tulisan-tulisan yang kamu bagikan lewat sebuah website, memberikan tips pendakian, me-review gear pendakian atau mengulas jalur pendakian yang pernah kamu lalui akan menjadi tema yang menarik.

Sementara, pada era digital seperti saat ini, bukanlah hal tabu bila sebuah website bisa menghasilkan banyak uang untuk pemiliknya. Terlebih jika websitemu memiliki pembaca yang banyak dan setia, para pengiklan akan berbondong-bondong menghubungimu untuk menanyakan tarif pemasangan iklan.

2. Berjualan Peralatan Pendakian

Dengan fakta bahwa kegiatan mendaki gunung semakin digemari oleh berbagai kalangan, semakin banyak juga yang tertarik untuk berbelanja peralatan pendakian gunung. Nah, kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk membuka bisnis di bidang peralatan outdoor.

Modal bukanlah masalah, pasalnya kamu dapat memanfaatkan sosial media untuk menjalankan bisnis ini. Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan kamera di handphone, kamu dapat memotretnya di toko outdoor terlebih dahulu dan memasarkannya di sosial media, setelah ada yang memesan, barulah kamu membelinya di toko tersebut.

3. Menjadi Youtuber, Kamu Dapat Membuat Vlog di Setiap Pendakianmu

Di tahun ini, pengguna Youtube semakin banyak dan semakin aktif. Pasti kamu tahu beberapa orang yang meraih kesuksesan dari Youtube, sebut saja Reza Oktovian, keluarga Halilintar, bahkan sebagian artis mencoba peruntungan menjadi publisher Youtube.

Sejatinya, kesempatan yang sama terbuka untukmu, kamu dapat seperti mereka, dengan tema yang unik, konsep yang menarik dan sedikit candaan, setiap pendakianmu dapat dibuat vlog dan di-publish di akun chanel milikmu. Setelah penontonnya banyak, kamu bisa mendapatkan uang dari iklan yang tampil di chanel-mu.

4. Memiliki Kebiasaan Memotret Saat Mendaki, Kamu dapat Menjadi Seorang Fotografer

Seni fotografi adalah gabungan antara ketelitian, skill dan insting. Semua hal itu dapat kamu dapatkan dengan belajar, pengalaman dan jam terbang. Susah-susah gampang, namun hal yang terpenting adalah fassion dan ketertarikan kepada seni fotografi itu sendiri.

Buat kamu yang senang juprat-jepret di atas gunung, dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat luas nan indah, hal itu adalah indikasi bahwa kamu tertarik kepada seni fotografi. Sedikit mengasah skill dan tambahan jam terbang, kamu dapat menjadi seorang fotografer traveller profesional.

5. Bisnis Kuliner, Oseng-Oseng Saat Berkemah Bisa Menjadi Modal Utamamu

Bisnis kuliner merupakan salah satu cabang bisnis yang menjajikan, banyak orang bisa sukses dengan bisnis kulinernya. Sementara, dalam setiap pendakian yang kita lakukan, pasti ada sesi masak-memasak. Sesi inilah yang akan memberitahu apakah kamu tertarik pada bisnis kuliner atau tidak.

Gambarannya, apabila kamu sangat aktif saat memasak atau bahkan menjadi kepala chef dalam rombongan pendakianmu, maka sudah dipastikan bahwa kamu memiliki bakat terpendam dalam urusan memasak. Namun, bila kamu hanya terdiam dan menunggu masakan matang, jangan coba-coba masuk ke dalam dunia kuliner.

6. Membuka Jasa Open Trip

Salah satu jenis usaha yang sedang booming di kalangan para pendaki, yaitu membuka jasa open trip. Selain mendapatkan keuntungan finansial, dengan membuka jasa open trip, kamu juga dapat membantu orang lain. Orang-orang sibuk atau malas mengurus kebutuhan pendakian akan sangat terbantu dengan jasa yang kamu tawarkan.

Nah, itulah 6 bisnis yang cocok untuk seorang pendaki gunung. Setelah mengetahuinya, bisnis mana yang akan kamu pilih?. Setelah menentukan pilihan, maka tugasmu adalah bekerja keras, sabar bila ada rintangan dan pantang menyerah untuk membangun bisnismu agar dapat berkembang dan sukses. Selamat mencoba!

Tamu penulis dari seorang pendaki gunung
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar