5 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Saat di Kantor

5 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Saat di Kantor

5 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Saat di Kantor

Era teknologi informasi telah mengubah cara aktifitas kita sehari-hari, termasuk saat berada di kantor atau ruang kerja. Saat ini kitasangat bergantung terhadap HP multifungsi yang bisa melakukan berbagai hal yang seiring kita sebut dengan smartphone.Penggunaan smartphone menjadi pisau bermata dua. Smartphonebisa jadi membantu pekerja menjadi lebih produktif atau justru bisa mengubah pola hidup pekerja menjadi lebih malas. Hal ini semakin diperparah dengan rendahnya kesadaran kita untukmengatur waktu penggunaan smartphone.

Baca juga bagi kamu pekerja yang ingin mengatur keuangan tiap bulan disini.

Kebiasaan buruk yang tidak kamu sadari saat main smartphone di kantoryang sering dilakukan dan bahkan telah menjadi gaya hidup. Padahal sadar atau tidak sadar, kebiasaan itu akan merusak kesehatan dan mengancam produktifitas kerja di perusahaan. Penasaran kebiasaan apa saja itu?

1. Menelepon atau browsing saat jam sibuk di ruangan tertutup

Kebiasaan ini pasti sering kita lakukan ketika bekerja. Kamu menerima telpon atau sekedar membuka notifikasi dari media sosial milikmu disaat jam kerja yang sibuk akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan produktifitas-mu. Bayangkan bila teman sekantormu memperhatikan kebiasaanmu itu dan melaporkannya kepada atasan? Kamu bisa kena peringatan.

Selain efek sosialnya yang bakal menyudutkan prestasi kerjamu, efek lain seperti radiasi smartphoneyangsemakin tinggi ketika dipakai di ruangan kantor yang tertutup. Pada kondisi ruangan tertutup, sinyal akan berkurang jangkauannya. Namun smartphone akan bekerja dua kali untuk mencari sinyal. Hal ini biasanya ditandai dengan smartphone  yang menjadi panas dan baterai yang cepat habis.

2. Mondar-mandir sekitar kantor hanya untuk mencari sinyal.

Bagi kamu pekerja kantoran yang super sibuk, komunikasi lewat handphonemenjadi hal yang penting bagi kepentingan bisnis. Bila hal ini untuk kepentingan perusahaan mungkin masih bisa ditolerir oleh rekan kantor lainnya. Namun untuk kepentingan pribadi sebaiknya  kamu memilih tempat yang lebih sepi seperti kamar kecil atau dekat gudang. Pastikan percakapanmu di telepon tidak mengganggu rekan kerja lainnya dalam bekerja.

3. Share Keluhan Mengenai Kekurangan Perusahaan di Media Sosial

Fungsi smartphone telah berubah. Dulunya orang menggunakan HP hanya untuk berkomunikasi atau berbagi hal yang penting saja. Namun sekarang, fungsi smartphonesudah berkembang sebagai bentuk prestise dan pencarian informasi karena fungsinya yang semakin kompleks. Kemauan untuk diakui di media sosial yang dicirikan dengan banyaknya like atau komentar dari postinganmu telah melanda orang-orang saat ini, termasuk pekerja di kantoran.

Kebiasaan untuk sharing keluhan mengenai kekurangan perusahaan melalui media sosial sangat tidak perlu untuk dilakukan. Selain bisa membahayakan posisimu sebagai karyawan di perusahaan tersebut, kamu juga akan dicap negatif oleh karyawan kantor lainnya. Bayangkan bila hal tersebut menimpa dirimu.

4. Pamer Smartphone Baru Kepada Rekan Sekantor

Sekarang ini smartphone telah menjadi simbolprestise bagi si pemilik. Smartphonemenunjukkan status sosial dikalangan pegawai. Bila kamu secara tidak sadar membanding-bandingkan smartphonemilikmu dengan teman sekantormu, bukan tidak mungkin hubungan kalian akan renggang. Ada baiknya kamu sedikit bersyukur dengan keadaan sekarang dan menjadi diri sendiri tanpa tergoda untuk pamer smartphone baru.

5. Memanfaatkan Jaringan Internet Kantor Untuk Kepentingan Pribadi

Sebagian kantor memang menyediakan fasilitas akses internet gratis bagi pegawainya, baik itu jaringan kabel maupun nirkabel. Pastikan perusahaan kalian memberikan izin untuk penggunaan fasilitas internet ini. Ada baiknya kalian hanya memanfaatkan internet untuk kepentingan pekerjaan saja pada saat jam sibuk. Bukan berartipenggunaan internet kantor hanya sebatas pekerjaan. Sesekali kamu masih boleh cek notofikasimu lewat jaringan kantor. Jadi pandailah mengatur momen yang tepat agar kamu tidak dinilai pecicilan. Sebaliknya, jangan pernah mencuri fasilitas internet dari perusahaan bila memang ada larangan tersendiri.

Bagaimana, apakah kamu sudah bisa menjauhi 5 hal diatas ketika berada di kantor saat bekerja? Kalau kamu memang ingin fokus membuka bisnis online ketimbang masuk kantor tiap hari, silahkan ikuti beberapa panduan berbisnis online sibakua ini.

Setelah membaca artikel ini tentunya kamu akan lebih berhati-hati dalam menggunakan smartphone saat bekerja. Semoga artikel mengenai 5 kebiasaan buruk yang tidak kamu sadari saat main smartphone di kantor bisa bermanfaat bagi kamu.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar