5 Ide Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

5 Ide Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

5 Ide Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

Usaha kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tak lekang oleh zaman alias tidak ada matinya, karena makanan adalah kebutuhan pokok kita. Banyak macam jenis makanan, yang tradisional maupun modern terus di jual setiap hari entah itu di pinggir jalan, pasar, supermarket, atau restoran sekalipun. Saat ini dengan perkembangan dunia teknologi, bisnis kuliner mulai merambah bangsa pasar online.

Ada banyak factor kenapa pasar online kini lebih diminati oleh para pengusaha bisnis, salah satunya adalah keterbatasan waktu dan kesibukan. Orang akan lebih memilih belanja online yang lebih mudah sehingga mereka dapat menerima apa yang mereka inginkan tanpa harus susah payah mencarinya diluar, cukup menggunakan gadge turusan belanja bias selesai.

Alasan lainnya, konsumen ingin mencari kuliner yang lebih bervariasi, dan itu bisa mereka cari secara online yang memungkinkan pembelian dari tempat yang cukup jauh atau luar daerah sekalipun. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memulai bisnis kuilner online asalkan anda tahu trik dan tipsnya. Berikut ini adalah trik dan tips sukses berbisnis kuliner online :
  1. Perhatikan produk yang dibuat, kenali produk yang akan anda jual, apakah jenis makanan basah atau kering, hal ini harus anda ketahui secara detail karena akan berhubungan dengan pengemasan dan cara pengiriman barang.
  2. Perhatikan kadaluarsa produk, karena kita akan menjual makanan tentu memiliki jangka waktu kadaluarsa apalagi jika yang andajual adalah bahan mentah dan basah yang waktu kadaluarsanya tidak terlalu lama. Berbeda jika anda menjual makanan kering yang jangka waktu kadaluarsanya agak lebih lama. Sediakan lemari pendingin untuk sedikit memanjangkan umur kadaluarsa makanan.
  3. Perhatikan waktu pengiriman, jangan menjual produk yang cepat basi kedaerah yang waktu pengirimannya lama, itu akan membuat kualitas makanan menjadi buruk selama di perjalanan. Jika anda menjual makanan basah jual saja disekitar daerah anda, beda halnya jika yang anda jual adalah makanan kering yang bias bertahan lebih lama.
  4. Promosikan produk, saat ini banyak jasa untuk memasarkan produk dengan mudah, anda bias menggunakan banyak sosial media seperti facebook, Instagram, atau anda biasa sekali membuat blog bahkan web untuk menjual produk anda, atau cukup membayar jasa promosi agar produk anda bias lebih cepat terkenal.
  5. Inovasi, terus buat terobosan baru dalam membuat produk agar konsumen anda tidak cepat bosan dengan apa yang anda buat. Berikan informasi yang jujur dan tidak mengada-ada, dengan itu konsumen tidak akan merasa tertipu dan percaya dengan produk yang anda buat.

Setelah kita mengetahui beberapa trik dan tips diatas, sekarang kita bahas bisnis kuliner apa saja yang cocok dijalankan untuk saat ini.

a) Aneka Kue
Produk kue selalu menjadi minat bagi para pecinta kuliner, tak hanya anak-anak orang dewasapun banyak yang menyukainya. Olahan kue sering dijadikan cemilan dalam berbagai kegiatan, baik formal maupunnon formal. Anda bias menyajikan produk kue-kue yang sedang tren saa tini, jangan lupa dikemas secara menarik karena itu adalah salah satu penunjang penjualan yang cukup mudah. Baca: Resep Kue Tiramisu

b) Frozen Food
Frozen food adalah hasil olahan makanan yang telah dibekukan, antara lain seperti daging, ikan, atau sayuran. Produk ini sudah banyak digemari para ibu-ibu, selain karena praktis harganyapun terjangkau bagi mereka. Tapi jika anda akan menjualnya keluarkota, pertimbangkan waktu pengiriman dan pengemasannya agar kondisi tidak berubah saat diterima oleh konsumen.

c) Masakan Rumahan
Aneka masakan yang dijual dipasaran sangat beragam, mulai dari makanan local sampai mancanegara. Hal itu terkadang membuat orang bosan dan ingin merasakan masakan rumah yang sederhana dan khas, apalagi mereka yang jarang pulang kerumah karena pendidikan atau pekerjaan.
Nah bagi anda yang mempunyai keahlian dalam memasak masakan rumahan ini adalah peluang yang bagus, terlebih jika anda tinggal di daerah yang banyak kos-kosan atau daerah perkantoran yang memiliki karyawan super sibuk hingga tak sempat lagiuntuk memasak. Buatlah catering dan variasikan masakan anda setiap harinya. Itu bias membuat konsumen tidak cepat bosan.

d) Makanan Ringan
Salah satu potensi besar lainnya adalah makanan ringan, meskipun bukan makanan pokok jenis makanan ini sering dicari orang untuk dijadikan oleh-oleh atau sekeder untuk dicemil. Bila anda bias membuat makanan ringan yang khas anda bias menjualnya untuk dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Untuk itu anda perlu mempuyai merek yang mudah diingat dan unik serta kualitas makanan yang baik dan terjamin.

e) Minuman
Makanan tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan minuman yang sesuai, tidak hanya itu saja keadaan cuaca juga bias berpengaruh dengan keinginan kita. Saat panas kita membutuhkan minuman yang segar, begitu sebaliknya saat dingin kita memerlukan minuman yang hangat.
Minuman yang popular di Indonesia khususnya di tempat makan adalah kopi, teh, dan jus beserta variasinya. Anda bias menjualnya dengan kemasan dan merek yang menarik serta higienis untuk mendapatkan konsumen. Baca: Resep Jus Alpukat

Apapun jenis kuliner yang akan anda pilih, sangat penting untuk tetap menjaga kualitas jangan sampai konsumen kecewa karena mendapati kualitas yang kurang baik dari makanan yang anda jual. Pengemasan juga tak kalah penting untuk menarik minat konsumen, karena dengan kemasan yang cantic terkadang bias membuat konsumen membeli produk anda tanpa terlebih dahulu melihat kualitas dari produk. Terakhir, jadilah pelayan yang baik, karena konsumen akan lebih nyaman dengan pelayanan yang ramah.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar