5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres yang Direkomendasikan

5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres yang Direkomendasikan

5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres yang Direkomendasikan

Tuhan memberikan kita kesempatan hidup hanya sekali di dunia ini. Jadi sudah sewajarnya jika  kita mengupayakan hidup yang sebaik-baiknya. Semua orang pastiingin jadi orang beruntung seumur hidup,ingin hidupnya penuh arti, indah, kaya akan petualangan, banyak pengalaman menarik, dan tentunya penuh kebahagiaan.

Namun kenyataannya hidup seringkali tidak seperti yang diharapkan. Kadang ada sedih, tangis, kekecewaan, amarah, dan stress. Semua itu merupakan bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan.

Hidup tidak selamanya tentang kisah indah. Bayangkan jika hidup Anda senang terus tanpa ada sedihnya, pastinya akan terasa hambar. Setiap hari hanya kesenangan yang Anda rasakan. Apa serunya coba?

Maka dari itu Tuhan menciptakan yang namanya kepahitan hidup seperti kesedihan, tangis, kekecewaan, amarah dan stres untuk mengimbanginya.

Nikmati setiap moment yang Anda miliki dalam kehidupan ini. Baik itu hal yang menyenangkan atau pun menyedihkan. Karena semuanya adalah keseruan dari sebuah hal yang disebut kehidupan.

Namun bukan berarti Anda harus terus menerus merasa sedih, stres, dan marah. Anda harus menciptakan sendiri kebahagiaan dalam menjalani hidup.

Apakah Anda tahu mengapa terkadang kita merasa senang dan kadang merasa sedih? Sebenarnya hal itu bergantung pada manajemen pikiran Anda. mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana caranya? Berikut akan saya jelaskan 5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres yang Direkomendasikan.

1. Hindari Berpikiran Negatif (Negative Thinking)

Percaya atau tidak berpikiran negatif merupakan sesuatu yang sangat fatal bila terus menerus berada dalam kepala Anda. Mungkin Anda terkadang memikirkan sesuatu yang belum terjadi secara berlebihan.

Misalnya ketika mengerjakan suatu proyek pekerjaan yang sangat penting untuk kelangsungan karir Anda, kemudian Anda selalu berpikir hal negatifnya seperti “Apakah yang saya kerjakan ini nantinya akan diterima oleh bos saya? Bagaimana jika saya tidak mampu menyelesaikannya tepat waktu? Bagaimana apabila banyak hambatan yang tidak bisa saya selesaikan dalam mengerjakan proyek itu?”.

Intinya setiap orang ingin melakukan hal yang terbaik terutama dalam hal pekerjaan atau kelangsungan karir. Memang seringkali pikiran negatif itu membawa dampak positif bagi diri Anda sendiri yaitu sebagai motivasi agar Anda semakin giat dan rajin dalam melakukan pekerjaan. Tetapi jika terlalu banyak justru akan membawa masalah yang cukup serius.

Sangat dianjurkan untuk merubah semua pikiran negatif menjadi hal yang membawa dampak positif, bukan justru membuat Anda menjadi stres berlebihan.

2. Terlalu Memikirkan Masa Depan dan Masa Lalu

Berhentilah terlalu memikirkan masa depan dan masa lalu. Memang keduanya perlu untuk dipikirkan, namun jangan terlalu terpaku pada masa depan dan masa lalu. Masa depan adalah impian, dan masa lalu adalah kenangan.

Banyak orang yang sering terpaku pada masa lalunya, menanggap bahwa hidupnya di masa lalu penuh dengan kebahagiaan, tidak seperti sekarang.

Ada pula yang sangat ketakutan karena terlalu mengkhawatirkan masa depannya nanti, apakah lebih baik dari sekarang atau justru sebaliknya. Inilah hidup, tidak ada yang tahu seperti apa Anda di masa depan nanti.

Tidak perlu mencemaskan masa depan, cukup lakukan saja apa yang terbaik hari ini. Karena dengan melakukan hal yang terbaik akan menghasilkan masa depan yang baik pula.

3. Perbanyak Menolong Orang

Sudah kewajiban kita sebagai makhluk sosial untuk terus membantu sesama. Sebanyak apapun yang kita berikan maka sebanyak itu pula yang akan Anda terima.

Seperti yang dibahas dalam artikel Ingin Jadi Orang Beruntung Seumur Hidup? Bahwasanya hukum karma berlaku dalam hidup. Apapun yang kita tebar maka itu pula yang akan kita terima baik itu nikmat, kebahagiaan, uang, ataupun hal-hal lainnya.

Misalnya Anda menyumbangkan uang sebesar 100 ribu rupiah untuk pembangunan masjid. Mungkin Anda berpikir uang itu hilang tanpa ada balasannya.

Namun tahukah Anda bahwa uang tersebut akan dikembalikan kepada Anda sendiri tetapi dalam bentuk yang agak berbeda. Tuhan mengembalikannya dengan caranya sendiri yang sangat tidak terduga.

Bisa dengan makanan yang tidak terduga datangnya entah dari tetangga, sepupu, teman, orang tua, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Bisa dalam bentuk berita gembira, memenangkan hadiah undian, atau bahkan dimudahkan dalam segala urusan.

Betapa nikmatnya jika kita memberi apalagi membuat orang lain tersenyum, maka sungguh senyum itu akan kembali pada Anda sendiri.

4. Hindari Memikirkan Kekurangan Diri

Kekurangan pada diri bukanlah sesuatu yang harus terus menerus dipikirkan, ada beribu hal lain yang lebih bermanfaat. Memikirkan kekurangan diri hanya akan membuat Anda semakin terpuruk.

Apalagi jika terus membanding-bandingkannya dengan orang lain. Cukup menjadi diri sendiri. Biarpun orang lain mengatakan hal negatif tentang kekurangan Anda. Tanamkan dalam hati bahwa menjadi diri sendiri lebih baik daripada berusaha meniru-niru orang lain.

Syukuri apa yang pada diri Anda, maka bukan tidak mungkin Anda akan terus merasakan kebahagiaan dan tidak lagi mengalami stres karena memikirkan kekurangan diri.

5. Perbanyak Bersyukur

Syukur adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menenangkan pikiran Anda. Terkadang orang stres karena terlalu banyak keinginan yang ingin dipenuhi. Seperti mobil, rumah, pakaian bagus, perhiasan, jam tangan dan masih banyak lagi lainnya

Padahal tanpa disadari Anda mungkin saja memiliki banyak hal yang tidak dimiliki oleh orang lain. Anda mungkin merasa miskin hanya karena memiliki motor yang butut, namun tengoklah masih banyak orang diluar sana yang tidak mampu membeli motor butut bahkan untuk membeli beras.

Janganlah terus menerus memandang ke atas karena Anda akan terus merasa kekurangan, tetapi pandanglah ke bawah agar Anda memahami betapa beruntung dan bahagianya hidup Anda dibandingkan orang lain.

Penutup

Kebahagiaan adalah sesuatu yang harus selalu ada dalam kehidupan kita, untuk itu betapa pentingnya untuk memunculkan yang namanya kebahagiaan hidup. Kita hidup hanya satu kali jadi jangan rusak hidupmu dengan stres, hiasi hidupmu dengan kesuksesan. Jadilah orang sukses dengan mengikuti Panduan Menuju 7 Macam Sukses.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar