Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan Pria dan Wania Dengan Sehat

Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan Pria dan Wania Dengan Sehat

Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan Pria dan Wania Dengan Sehat

Berat badan ideal merupakan salah satu cara mempertahankan kesehatan tubuh, karena ketika berat badan seseorang tidak seimbang , seperti terlalu kurus dan terlalu gemuk, maka akan menjadi persolanan tersendiri bagi kesehatan tubuh. Selain itu dapat mengurangi penampilan seseorang menjadi kurang menarik.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi alasan seseorang untuk menurunkan berat badan. Ya, seperti  kebanyakan seseorang inginkan, yakni seperti  untuk menjaga penampilan dan untuk mejaga kesehatan. Mungkin, anda memiliki salah satu alasan yang saya sebutkan di atas ?

Bagi anda yang memiliki aktifitas yang membutuhkan penampilan yang menarik, maka kegemukan menjadi hal yang sangat di perhatikan, seperti selebritis. atau untuk menjaga hubungan yang baik demi pasangan anda dengan cara menjaga penampilan.

Bahaya Kegemukan

Kegemukan itu sendiri merupakan hal yang dapat mengundang berbagai macam penyakit dan penyakit yang akan datang tersebut merupakan penyakit yang sangat membahayakan, bukan hanya untuk kesehatan, tapi dapat mengundang penyakit yang mengancam nyawa anda sewaktu-waktu, seperti penyakit stroke, penyakit jantung, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Contohnya, misalkan penyakit jantung yang dapat menyerang penderita obesitas. Karena memiliki banyak tumpukan lemak di dalam tubuhnya, dan dapat menghalangi jalannya oksigen melalui aliran darah  menuju jantung, yang dapat mengakibatkan gagal jantung yang dapat mengakibatkakn kematian sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Yah, dari satu penyakit yang timbul dari penyebab kegemukan itu sendiri, sangat mengerikan sekali, tapi bagaimana kalau bukan hanya penyakit jantung saja yang mungkin anda alami, seperti penyakit berat lainnya, tentunya, bukan hal mudah untuk mengatasinya.

Dari pada berbagai hal penyakit yang mengerikan tersebut terjadi, maka mencegah merupakan solusi terbaik untuk di lakukan. Tapi, bagaimana kalau kegemukan itu sendiri sudah terjadi ? , anda sudah berada di tempat yang benar, karena sebentar lagi dengan membaca artikel ini sampai selesai dapat membantu dalam menurunkan berat badan .

Namun, sebelumnya perhatikan terlebih dahulu penjelasan di bawah ini, sebelum melanjutkan tentang cara menurunkan berat badan.

Penyabab Kegemukan

Kegemukan itu sendiri tentunya bukan datang begitu saja, ada faktor yang mempengaruhinya yang dilakukan seseorang dengan sengaja atau dengan tidak sengaja. Bicara tentang penyebab itu sendiri ada banyak sekali, namun penjelasan di bawah ini, adalah hal yang paling umum dilakukan bagi kebanyakan orang.

1. Makanan

Kegemukan yang disebabkan dari Makanan merupakan hal menjadi penyebab kegemukan, karena dari sanalah sumber yang penting untuk di sampaikan disini.

Pada dasarnya, makanan yang dikonsumsi memiliki manfaat yang dapat pergunakan oleh tubuh untuk bisa menjalankan aktifitas dengan maksimal, seperti memberikan energy ke tubuh untuk bisa berfikir, bergerak dan lain sebagainya. Namun, ketika makanan yang dikonsumsi tidak seimbang. misalkan terlalu mendominasi makanan tertentu, seperti mengkonsumsi banyak kalori dan kurang memperhatikan asupan lainnya, maka yang terjadilah kegemukan itu sendiri.

Setiap orang memiliki porsi makanan yang harus di konsumsi yang berbeda yang di pengaruhi oleh aktifitas yang dilakukan. Seperti seseorang yang memiliki banyak aktifitas dan seseorang yang memiliki sedikit aktifitas.

Misalkan anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat 300 sampai 400 gram perhari, maka lakukanlah kegiatan yang dapat memaksimalkan energy yang dihasilkan dari sumber makanan berkarbohidrat tersebut dengan melakukan aktifitas, seperti berolahraga. maka jikalau tidak dikeluarkan dengan cukup, maka energy tersebut dapat di simpan dalam tubuh sebagai cadangan energy dan selanjutnya akan di ubah jadi lemak .

2. Kurang Aktifitas

Melakukan aktifitas meruapakan yang baik dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan dan memaksimalkan tubuh dalam mencerna makanan yang di kosumsi dan membakar lemak atau kalori tubuh. Melakukan aktifitas tersebut, bisa dengan cara melakukan olahraga secara rutin, memiliki pekerjaan yang banyak menggunakan fisik dan lain sebagainya.

3. Berbagai macam penyebab kegemukan

Penjalansan di atas tentang penyebab kegemukan adalah hal sebaiknya untuk di perhatikan dan di ketahui. dan jika dilihat penyebab kegemukan itu sendiri banyak sekali, seperti mengkonsumsi obat-obatan tertentu, faktor usia, gaya hidup, stress, kurang beristirahat dan lain sebagainya, seperti yang di sebutkan dari website Vemala.com.

Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Pria Dan Wanita Dengan Cara Yang Sehat

Banyak cara untuk menurunkan berat badan yang bisa anda lakukan, misalkan melakukan diet OCD, diet protein , diet rendah karbohidrat dan berbagai macam diet yang ada. Namun, pada penjelasan yang akan anda dapatkan, merupakan cara yang sehat untuk dilakukan dengan cara yang sehat dan mengenyangkan, tanpa harus melakukan susah payah merasa kelaparan.

Hal yang anda lakukankan bukanlah diet seperti pada umumnya yang harus merasa lapar ketika melakukan diet. Tapi lebih memilih jenis nutrisi tentu yang akan di konsumsi dengan mengatur makanan yang di pilih, seperti kandungan, protein, jumlah yang harus dikonsumsi, jumlah lemak baik yang di konsumsi, karbohidrat, serat dan lain sebagainya.

Diet Kenyang Rendah Karbohidrat

pada dasarnya seorang pria dewasa membutuhkan asupan karbohidrat setiap harinya sekitar 300 sampai 400 gram. Namun dengan melakukan diet ini, maka karbohidrat yang dikonsumsi di kurangi, sekitar 150 sampai 200 gram. Meskipun begitu, jumlah tersebut di sesuaikan dengan aktifitas yang dilakukan, agar ketika melakukan aktifitas yang dilakukan bisa dilakukan dengan maksimal.

Mungkin , sebagian dari kita akan bertanya “ Mengurangi asupan karbohidrat tersebut, apakah malah membuat seseorang kekurangan energy dan malah akan kehilangan manfaat dari karbohidrat ? “ , ya untuk mengatasinya tersebut, maka jumlah karbohidrat tersbut di gantikan dengan nutrisi lainnya seperti protein, lemak baik untuk mensuplai kebutuhan energy.

Mungkin sampai sini sudah mengerti ?
Mari kita lanjutkan ......!!!!!

Catatan : Untuk menurunkan berat badan, maka anda di perbolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat di bawah 100 gram perhati dan jika ingin mempertahankan atau menstabilkan berat badan, maka konsumsi kebutuhan karbohidrat 150 gram perharinya

Diet Rendah Karbohidarat Di Massa Purba


Sumber gambar  : marksdailyapple.com

Ada riset yang dilakukan oleh Mark Sisson dalam buku dan di websitenya Marks Daily Apple . bahwa diet rendah karbohidarat tersebut sudah dilakukan pada jaman manusia purba. Dimana makanan yang dikonsumsi pada massa itu di dapatkan dari hasil buruan, buah-buahan dan sayur-sayuran. Dan Mark Sisson menyimpulkan, bahwa pada massa tersebut pola hidup mereka di bilang sangat sehat, dan penyakit yang membahayakan seperti diabetes, kolesterol tidak ditemukan di massa tersebut.

Penyakit seperti kolesterol, diabetes, tekanan darah tinggi malah ditemukan pada massa petanian berkembang, dengan menggantikan asupan makanan yang tinggi akan protein berubah menjadi makanan yang tinggi akan karbohidrat, seperti nasi, roti dan sejenisnya.

Cara Melakukan Diet rendah Karbohidrat ( Low Carb Diet )

Dengan melihat penjelasan mungkin anda sudah mengerti dan tertarik untuk mengikuti pola diet ini. Namun , ketika ingin melakukannya, sebagian dari kita akan merasa kesulitan tentang bagaimana cara melakukannya dan menu makanan apa saja yang akan di konsumsi.

Ya, hal itu wajar sekali untuk di pertanyakan dan memang harus di pertanyakan, karena jenis makanan yang dikonsumsi banyak sekali , terlebih lagi makanan tersebut untuk mudah ditemukan di indonesia atau di tempat anda tinggal.

Sumber gambar  : marksdailyapple.com

Sebelum mencari kesana kemari untuk mekanan apa yang harus di kosnumsi, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu piramida sumber makanan pada gambar di atas.

Ya, sumber makanan yang paling bawah adalah yang sebaiknya paling banyak anda konsumsi. Artinya, semakin ke atas, maka porsinya di kurangi.
  • Telur, ikan Ayam dan daging merupakan makanan yang meiliki kandungan protein yang tinggi dan juga memliki kandungan lemak sehat yang memiliki manfaat untuk membangun massa otot dan sel tubuh dan lemak baik memiliki pernanan untuk energy, fungsi sel tubuh dan hormon .
  • Sayuran untuk memberikan sumber nutrisi , anti oksidan dan serat
  • Buah-buahan sebaiknya di konsumsi dan hindarilah mengkonsumsi buah-buahn yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, seperti buah melon , semangka karena dapat meningkatkan kadar glukosa tubuh dengan cepat . dan sebaiknya konsumsi buah apel dan buah sejenis lainnya.
  • Lengkapi dengan Multivitamin, protein powder, probiotic dan omega 3 untuk membantu dalam melengkapi nutrisi yang di butuhkan tubuh.

Contoh Menu Makanan Diet rendah karbihdrat


Anda mungkin akan berfikir untuk mencari makanan yang seperti direcomendasikan pada penjelasan di atas. Namun, menu di bawah yang akan anda baca tersebut, mungkin bisa anda terapkan karena mudah untuk di temukan.
  • Telur Ayam Dan ayam 2 potong yang dimasak bisa dengan cara di goreng, di rebus,tumis di dadar dan lain sebagainya
  • Gado-gado tanpa lontong dan di tambah dengan tahu tempe dan di perbanyak sayurannya
  • Daging Sapi Barbeque yang dilengkapi dengan salada besar
  • Ikan bakar di tambah dengan tahu atau tempe goreng dan sambel yang dilengkapi lalapan, seperti mentimun dan tomat dan sayur-sayuran lainnyaIkan kaleng ( sarden ) dan dimakan bersama dengan buncis,brokoli dan sayur-sayuran lainnya
Untuk mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat tersebut, sebaiknya dikonsumsi tidak secara berlebihan dan juga kurang. Makanlah dengan secukupnya.

Untuk hasil yang maksimal dalam membantu dalam menurunkan berat badan, sebaiknya melakukan olahraga, seperti ,melakukan olahraga angkat beban, olahraga ringan dan olahraga lainnya sesuai minat yang anda lakukan.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar