Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Agar Jantung Anda Sehat

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital dan tak pernah berhenti bekerja selama manusia hidup. Ketika jantung mengalami gangguan, maka dampaknya akan sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian seketika.

Meski begitu, masih banyak diantara kita yang minim kesadaran akan pentingnya keberadaan jantung di dalam tubuh, sehingga lantas berbuat sesuka hati tanpa memikirkan dampaknya pada kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidaklah sulit, beberapa tips jantung sehat berikut ini adalah jawabannya.


Tips Jantung Sehat

1. Batasi Makanan Berlemak Jahat

Makanan yang kaya akan lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans) seperti makanan cepat saji, gorengan, kentang goreng, kue yang menggunakan banyak margarin dan krim haruslah dibatasi atau bila perlu dihindari. Mengapa? karena makanan jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Dampaknya dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah yang memicu terjadinya jantung koroner.

2. Perbanyak Konsumsi Lemak Baik

Jika pada tips jantung sehat sebelumnya disarankan untuk membatasi konsumsi makanan berlemak jahat, lain ceritanya apabila yang dikonsumsi lemak baik. Baca juga : Cara Terapi Stroke Ringan di Rumah

Lemak baik yang umumnya terdapat dalam jenis lemak tak jenuh justru baik bagi jantung, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, menjaga ritme jantung agar tetap stabil dan menurunkan risiko peradangan.

Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi makanan berlemak baik seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah alpukat dan jenis ikan berlemak seperti salmon, makarel dan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3. Cobalah untuk mulai rutin mengonsumsi jenis makanan ini setidaknya 2 kali seminggu.

3. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga 2 hingga 3 kali seminggu dengan rentang waktu 30-60 menit dalam sekali berolahraga menjadi salah satu tips jantung sehat yang memegang peranan penting.

Tak perlu olahraga yang terlalu berat. Aerobik, bersepeda atau bahkan sekedar jogging di pagi hari saja sudah cukup membantu jantung agar selalu berada dalam kondisi prima.

Baca Juga : 9 Manfaat buah TOMAT untuk Kesehatan Jantung, Kulit, Mata dan Rambut anda !

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Di dalam buah dan sayuran terkandung banyak mineral juga nutrisi yang mampu memberikan perlindungan pada jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Perbanyaklah konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli dan sayuran lainnya serta jangan lupa menambahkan buah-buahan seperti apel atau buah beri ke menu makanan sehari-hari.

5. Batasi Asupan Gula

Gula memang dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi. Namun, jika berlebihan dampaknya dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Penting untuk membatasi asupan gula setiap harinya. Mengikuti saran dari Kementerian Kesehatan RI, maka asupan gula per orang per harinya yakni sebesar 50 gram atau 4 sendok makan gula.

6. Batasi Asupan Garam

Sama seperti gula, kehadiran garam di dalam tubuh pun sangat dibutuhkan. Dalam jumlah sedikit, garam dibutuhkan untuk mengatur kandungan air dalam tubuh.

Apabila berlebihan maka dapat membuat tubuh kesulitan untuk menyeimbangkan natrium berlebih yang terkandung dalam garam. Kondisi ini pun dapat meningkatkan volume darah dan membuat jantung bekerja ekstra keras untuk memompanya ke seluruh tubuh sehingga jantung pun lambat laun akan mengalami kerusakan.

Batas asupan garam per orang per harinya menurut saran Kementerian Kesehatan RI, yakni sebesar 2000 miligram natrium/sodium atau 5 gram garam (1 sendok teh).

Baca Juga : Cara cek alamat dan kode Faskes Dokter BPJS Kesehatan secara Online

7. Berhenti Merokok

Bagi para perokok tips jantung sehat satu ini pastilah berat untuk ditinggalkan. Namun, jika ingin memiliki jantung yang selalu sehat dan keluarga menjadi prioritas utama, maka tak ada pilihan lain. Berhentilah merokok!

Di dalam rokok terkandung ribuan bahan kimia yang hampir kesemuanya dikategorikan berbahaya bagi kesehatan tubuh keseluruhan. Bahan-bahan kimia dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga membuat organ-organ tubuh termasuk jantung kekurangan asupan oksigen dan darah.

Asap rokok juga tak kalah buruknya dibandingkan rokok itu sendiri. Untuk itu jauhilah rokok sedari dini, cintailah diri sendiri, keluarga dan orang-orang sekitar. Tak ada satupun manfaat yang didapatkan dari kebiasaan buruk merokok, selain dari mendatangkan penyakit dan berbagai dampak negatif lainnya.

8. Perhatikan Angka Indikator Kesehatan Jantung

Tekanan darah, kadar kolesterol total dan gula darah merupakan beberapa indikator kesehatan jantung yang harus benar-benar diperhatikan.

Periksakan diri ke dokter atau petugas medis profesional untuk mengetahui nilai dari masing-masing indikator tersebut. Bila ternyata hasilnya di luar batas normal, maka segera lakukan perubahan gaya hidup.

9. Kelola Stres dengan Baik

Dalam hidup, masalah pastilah akan selalu ada di manapun, kapan pun, besar atau pun kecil. Hadapi saja semuanya dengan hati yang besar, jangan justru menjatuhkan diri sendiri dengan terus berkubang dalam kepenatan hidup akan stres.

Terlalu sering mengalami stres, terlebih tidak dapat mengontrolnya dengan baik atau mengalihkannya dengan cara yang salah seperti minum minuman keras, merokok atau mengonsumsi makanan cepat saji berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan menyempitkan dinding pembuluh darah. Hal ini tentu saja berdampak langsung pada memburuknya kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Baca Juga : 7 Khaisat Buah Naga yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Oleh karena itu, kelola lah stres dengan baik melalui cara-cara yang menyehatkan dan menyenangkan. Misalnya dengan berjalan-jalan ke tempat yang menarik, berolahraga, melakukan yoga atau meditasi dan hal-hal menarik lainnya.

Bila stres sudah menjadi suatu masalah yang luar biasa, maka jangan segan untuk berkonsultasi ke terapis atau konselor agar mendapat bantuan yang mencerahkan. Jangan lupa untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta dengan memperbanyak ibadah.

Informasi Mengenai Kesehatan, Kecantikan, Kebugaran, Tips Sehat, Mengenal Penyakit, Pengobatan Herbal Alami, Gizi Seimbang, Diet anda bisa berkunjung ke situs InfoSehatAnda.Com.