5 Jenis olahan SINGKONG untuk Bisnis jualan anda yang menjanjikan

5 Jenis olahan SINGKONG untuk Bisnis jualan anda yang menjanjikan

5 Jenis olahan SINGKONG untuk Bisnis jualan anda yang menjanjikan

Singkong adalah Ketela Pohon atau Ubi Kayu yang ditanam menggunakan potongan batangnya dan mudah tumbuh dimana saja. Kata lain dari singkong yaitu Manihot utilissima yang berarti perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Selain Singkong banyak manfaatnya ternyata daun singkong juga bermanfaat sebagai Sayuran yang dapat sebagai penambah darah. Dalam kehidupan sehari hari Singkong dan daunnya sangat digemari menjadi berbagai macam olahan. Selain dapat di konsumsi sendiri Singkong juga bisa dijadikan Bisnis jualan yang menjanjikan.
 

Cerita Sukses pak Hardadi menjadi pengusaha Singkong Keju saya saksikan di Trans 7 pada acara Hitam Putih. Walaupun awalnya beliau adalah seorang tahanan karena kasus Narkoba tetapi berkat dukungan Istri dan keluarga pak Hardadi berhasil membuat usaha Singkong Keju dengan sukses. Dibuat seperti apapun Singkong memiliki rasa yang khas dan enak. Direbus ataupun digoreng secara sederhana dan dinikmati dengan olahan sambal pedas maka rasanya akan menjadi luar biasa.

Baca juga : Bosan menjadi Pekerja Buruh, ini adalah Tips Sukses menjadi Pengusaha

Seperti judul pada artikel ini tentang "5 Jenis olahan Singkong untuk Bisnis jualan anda yang menjanjikan" maka mastimon.com coba melihat peluang usaha dari makanan ini. Banyak sekali kita lihat penjual pinggir jalan menggunakan gerobak dorong menjual olahan makanan dengan bahan singkong seperti Keripik Singkong, Singkong Goreng, Kolak Singkong, Getuk Singkong dan masih banyak lagi. Mungkin bagi anda ini makanan yang biasa di olah sendiri di rumah dengan mudah tetapi mengapa masih ada penjual makanan dari bahan singkong ?

Melihat peluang usaha makanan dari bahan dasar Singkong tersebut, mas
timon.com mencoba mengumpulkan beberapa jenis olahan Singkong yang dapat anda coba. Sebelum mengolah singkong menjadi makanan yang enak maka kita harus mengetahui seperti apa Singkong yang baik dan empuk saat di olah nanti. Cara yang paling praktis, potong singkong, jika terlihat putih merata dan segar berarti singkong baru dan bagus umbinya. Jika terdapat lingkaran hitam dan keras sekali teksturnya singkong sudah tua dan akan kenyal sekali saat dimasak.

1. Keripik Singkong

Ada beberapa macam keripik Singkong, diantaranya yaitu Keripik Singkong Balado Pedas, Keripik Singkong Rasa Bawang, Keripik Singkong Keju, Keripik Singkong Asin Manis, Keripik Singkong Jengkol teri, Keripik Singkong Gula merah dan masih banyak lagi jenis Keripik Singkong. Dengan membuat berbagai macam jenis Keripik Singkong maka cukup menarik perhatian konsumen karena Konsumen adalah Raja dan saat berkunjung ke warung anda dapat memilih Jenis Keripik Singkong yang di sukai.

2. Singkong Goreng / Rebus

Cara paling sederhana mengolah singkong adalah mengoreng atau merebusnya. Cukup disandingkan dengan sambal pedas maka makanan ini banyak digemari oleh semua kalangan. Dengan Pilihan singkong yang empuk dan merekah maka saat di Goreng atau direbus akan terlihat empuknya. Biasanya yang menjual jenis olahan ini adalah warung Gorengan yang dicampur dengan gorengan lainnya seperti Tempe Goreng, Bakwan Goreng, Tahu Isi Goreng dan makanan Gorengan lainnya.

3. Cenil Singkong

Bentuknya unik dan rasanya kenyal kenyal. Cenil Singkong biasa kita jumpai dijual oleh ibu ibu yang berdagang keliling menggunakan tempat di atas kepalannya. Dibungkus dengan daun singkong dan ditaburi dengan kelapa parut. Rasanya menjadi gurih dan enak. Terkadang jika anda inggin mencari cenil singkong tersebut bisa mencarinya di Pasar Malam atau di pasar Tradisional. Anda bisa mencoba membuat bisnis makanan Cenil Singkong ini untuk di supplay ke minimarket karena sepengetahuan saya belum ada disana.

4. Getuk Singkong

Tidak jauh berbeda dengan Cenil Singkong karena biasanya Getuk Singkong dijual bersamaan. Getuk Singkong memiliki tekstur makanan yang empuk dan gurih. Saat masih kecil sampai sekarang saya adalah penyuka Getuk Singkong. Ada berbagai macam jenis getuk singkong yaitu Getuk Singkong Goreng, Getuk Singkong Gula Merah, Getuk Lindri Singkong dan masih banyak jenis lainnya. Di minimarket makanan ini juga belum pernah saya jumpai, jika anda berminat untuk bisnis jualan, anda bisa mencobanya.

5. Kolak Singkong

Kolak Singkong menjadi makanan rumahan yang biasa kita jumpai. Jarang sekali orang menjual Kolak Singkong karena mungkin cara membuatnya yang cukup mudah. Anda bisa berkreasi membuat Kolak Singkong hasil karya anda sendiri. Dengan bahan dan bumbu khusus sehingga konsumen menyukainnya dan menjadi ciri khas warung Kolak Pisang Anda. Ada beberapa jenis kolak pisang seperti Kolak Singkong Kacang Ijo, Labu, Pisang dan Kolak Singkong Keju.

Baca juga : 5 Jenis Desain Kalender untuk usaha Percetakan Anda

Sebenarnya bukan hanya 5 Jenis olahan singkong yang bisa menjadi peluang usaha anda. Seperti Singkong Keju pak Hardadi hanya melalui Proses digoreng dan diberikan Taburan Keju sudah menjadi makanan yang enak dan banyak diminati Konsumen. 5 Jenis olahan singkong di atas hanya mengambarkan dari sekian ratus resep olahan singkong yang bisa anda buat. Dengan melihat peluang usaha yang cocok di daerah anda maka dengan ketekunan saya yakin usaha anda bisa menjadi maju.

Dunia teknologi dan informasi saat ini sudah menjadi maju. Anda bukan hanya menjual makanan secara langsung tetapi anda bisa mempromosikan bisnis jualan di internet. Media Sosial Facebook, Instagram, WA, BBM dan Twitter adalah cara yang paling efektif untuk mempromosikan Jualan anda. Masih ragu untuk memulai sebuah usaha ??? Mari mencoba usaha dengan bahan dasar Singkong selain bahannya mudah kita dapatkan dan ternyata Tidak membutuhkan modal besar.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar