5 Jenis Desain Kalender untuk usaha Percetakan Anda

5 Jenis Desain Kalender untuk usaha Percetakan Anda

5 Jenis Desain Kalender untuk usaha Percetakan Anda

Usaha bisnis percetakan Kalender cukup menjanjikan. Bukan hanya beruntung untuk sebuah toko percetakan tetapi buat seseorang yang suka Desain grafis juga memberikan keuntungan karena dapat menjual File CDR (Corel Draw) hasil desainnya. Jenis dan bentuk kalender juga banyak memiliki pilihan mulai dari bentuk Kalender dinding sampai dengan kalender duduk di meja. Kalender ini dibutuhkan bukan oleh instansi Perusahaan saja tetapi perorangan ataupun didalam rumah pribadi membutuhkan sebuah kalender.

Bagi anda yang sudah membuka sebuah percetakan kalender pasti sudah mengetahui jenis kalender seperti apa saja yang dapat di jual ke pasaran. Usaha percetakan bukan berarti kita memiliki mesin printernya. Jenis mesin cetak laser dengan kualitas tinggi dibutuhkan biaya yang tidak kecil. Harga print tersebut bisa mencapai ratusan juta rupiah. Membuat usaha percetakan tanpa modal bisa kita siasati dengan membuka jasa desain kalender dan nantinya kita cetak ke percetakan besar.

Baca juga : Dapatkan Gratis Template Kalender  dengan Desain Cantik, File CDR, PDF, PNG dan JPG

Buat anda yang tidak bisa mendesain sendiri template Kalender 2018 bisa membelinya di Internet. Banyak sekali yang menjual dengan harga rata rata 100 rb per template. Anda juga bisa membeli template Kalender melalui blog mastimon.com, caranya cukup mentransfer uang ke rekening bank atau mengirim pulsa sudah bisa mendapatkan Kalender dengan Desain Cantik. Untuk informasi lebih lanjut silahkan WhatApps no admin yaitu 085250104838.

Kembali ke judul artikel ini tentang 5 Jenis Desain Kalender untuk usaha Percetakan Anda. Banyak sekali jenis kalender yang bisa kita jual tetapi jenis kalender seperti apa yang paling banyak digunakan orang. Sudah tentu para konsumen menginginkan kalender dengan harga murah dan kualitas bagus. Hasil desain dan mesin cetak kalender menentukan usaha anda apakah akan berhasil atau tidak. Untuk desain anda wajib bisa menggunakan aplikasi / sofyware corel draw atau photoshop. Anda juga bisa menggunakan Microsoft Office Publisher.

Baca juga : Cara buat Kalender dengan Mudah dan Cepat

Untuk mendapatkan hasil cetak yang baik anda bisa memilih tempat percetakan yang baik. Jika di Samarinda saya sudah berlangganan di Percetakan XYS. Hasil cetaknya cukup baik terlebih lagi bisa untuk Cetak Foto seperti yang saya lakukan Selain Kalender saya juga mencetak Foto ukuran 32x48 cm yang sudah saya lengkapi dengan Bingkai Foto. Kembali lagi ke laptop, seperti apa saja bentuk Kalender yang banyak dijual di pasaran, berikut penjelasannya.

1. Kalender Duduk

Kalender duduk paling cocok diletakkan di atas meja kantor. Pemesanana kalender duduk adalah rata rata orang yang bekerja di depan komputer. Biasanya untuk backround kalender menggunakan foto keluarga atau foto bersama pacar / kekasih. Ada juga membuat Kalendet Duduk sekaligus membuat Undangan Pernikahan. Harga Kalender Duduk terbilang cukup mahal karena 1 buah Kalender bisa di hargai sampai dengan Rp.50.000.

2. Kalender Dinding Setiap Bulan

Kalender Dinding banyak bentuk dan macamnya. Salah satunya adalah kalender yang dibuat setiap lembarnya terdapat tanggalan perbulan. Jadi untuk kalender ini memiliki 12 lembar halaman. Ukurannya rata rata hanya 20x35 cm lebih kecil dari ukuran kalender dinding pada umumnya. Bentuk kalender minimalis ini sering digunakan oleh Bank Negri maupun Swasta. Pada saat saya bekerja dulu sering kali mendapatkan kalender dari Bank Mandiri, Bank BCA dan Bank BRI.

3. Kalender Dinding isi beberapa Bulan

Kalender dengan desain menggunakan 3 atau 4 lembar Kalender biasanya yang paling banyak memesan adalah sebuah Organisasi Agama. Seperi Kalender sebuah Gereja, Kalender Masjid / Langgar ataupun sebuah toko yang memesan dalam bentuk partai / banyak. Untuk kalender jenis ini berukuran 32x48 cm menggunakan kertas yang agak tipis dan diberi jepitan pada atas kalender utuk digantung di dinding. Kalender 3 lembar memiliki 4 bulan tanggalan setiap lembarnya atau bisa juga membuat 4 lembar kalender dengan 3 bulan tangalan setiap lembarnya.

4. Kalender 1 lembar isi 12 Bulan

Jenis Kalender ini paling banyak dijual dipasaran. Selain simpel harganyapun cukup murah. Hanya dengan Rp.15.000 anda sudah mendapatkan Kalender berukuran 32x48 cm. Jenis kertas yang digunakan lebih tebal dari kertas Foto. Selain murah, proses pembuatannyapun cukup mudah karena hanya menggunakan 1 halaman lembar kerja dan tidak membutuhkan jepitan gantungan dinding. Kalender seperti ini biasanya ditempel di dinding begitu saja menggunakan plaster bening ataupun menggunakan doubletip.

5. Kalender 12 Bulan HVS / Kwarto

Jika 4 kalender sebelumnya melakukan pencetakan di Percetakan besar maka untuk Kalender menggunakan kertas HVS / Kwarto ini bisa dilakukan sendiri. Yang paling bagus untuk cetak Kalender sendiri adalah menggunakan Printer merek EPSON. Anda bisa juga menggunakan merek Canon atau HP. Kalender jenis ini menggunakan kertas Foto ukuran HVS / Kwarto yang terdiri dari Kalender 12 bulan dengan Backround Foto pribadi atau Keluarga. Harganya biasanya mencapai 10.000 untuk perlembarnya tetapi kualitas cetak tidak bisa bertahan karena menggunakan Printer dengan tinta cair.

Nah itu adalah 5 jenis Kalender yang bisa anda buat untuk anda jual ke konsumen. Semakin banyak jenis kalender dengan kualitas cetak bagus maka semakin banyak pelangan anda. Konsumen adalah Raja jadi usahakan kepuasan Konsumen adalah nomor satu. Jika konsumen puas maka dimungkinkan akan kembali bahkan bisa membantu mempromosikan ke orang lain. Selain desain dan kualitas Kalender, Harga kalender juga mempengaruhi konsumen jadi jangan ambil untung banyak pada jualan kalender anda jika tidak inggin konsumen anda kabur.

Untuk kalender yang popular di maayarakat adalah Kalender 1 lembar isi 12 bulan. Hampir setiap minggu saya datang ke percetakan untuk ukuran kalender 32x48 cm. Selain mudah mendesainnya, kalender ini juga cukup murah dengan ukuran yang cukup besar. Pemesanan biasanya melalui Masaanger Facebook, Chat WA dan BBM. Cukup kirim foto maka kalender bisa langsung dicetak. Bagaimana masih ragu untuk usaha percetakan Kalender !!! Saya saja sudah 2 tahun menjual Kalender rumahan dengan keuntungan lumayan, jadi kalian kapan mulai !!!
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar