10 Cara membuat Visitor/Pengunjung BLOG betah berlama lama

10 Cara membuat Visitor/Pengunjung BLOG betah berlama lama

10 Cara membuat Visitor/Pengunjung BLOG betah berlama lama

Betah berlama lama di sebuah Blog/Web itu karena apa ? Menjadi pemikiran saya selama ini karena banyak sekali Visitor yang datang tetapi Page View artikel tidak begitu banyak. Satu orang pengunjung rata rata hanya membuka 1 atau 2 artikel saja. Yang lebih parah lagi saat baru masuk dan belum dibaca tulisannya sudah ditutup. Apakah hal ini terjadi pada Blog atau situs yang sedang anda bangun ? Jika iya mulai sekarang pikirkan untuk memperbaikinya.

Membuat pengunjung betah berada di blog kita adalah salah satu untuk meningkatkan Trafik situs yang kita bangun. Banyak sekali seorang blogger yang hanya memikirkan mendapatkan hasil dari Adsense tetapi tidak memikirkan kepuasan pengunjung blog. Secara logika jika 1 orang Pengunjung blog anda merasa betah membaca tulisan anda hari ini maka dimungkinkan esok hari dia akan kembali untuk melihat artikel terbaru yang kita buat.

Banyak sekali faktor untuk membuat pengunjung tidak inggin cepat cepat meninggalkan artikel yang kita buat. Yang paling utama adalah Kualitas artikel dan kebenaran dari tulisan yang kita buat. Membuat artikel blog dengan asal asalan dan yang lebih parah lagi melakukan Copy Paste dari blog lain tetapi tidak memeriksa terlebih dahulu kebenarannya. Akibatnya pengunjung merasa tertipu dan secara tidak langsung Blog anda sudah ditandai untuk tidak akan dikunjungi lagi.

Selain Kualitas dan kebenaran artikel yang kita buat ternyata faktor lain juga menentukan seperti Loading Blog, Tampilan Blog, Kerapian penempatan tulisan dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberpa faktor yang mendukung supaya Pengunjung Blog merasa dimanjakan berada diblog kita. Ini adalah murni dari survey admin setelah melakukan beberapa perbaikan sehingga Pageview artikel blog semakin meningkat dan waktu tayang artikel juga meningkat.

1. Buat artikel yang banyak dicari

Artikel Trending atau yang sedang Viral adalah jenis artikel yang cukup mengiurkan untuk meningkatkan penghasilan adsense anda. Tetapi jangan salah jika anda membuat artikel Trending dengan asal asalan maka Pengunjung Blog anda akan kabur. Untuk mendapatkan artikel yang banyak dicari anda bisa mencoba melihat melalui Media Sosial FB dan IG. Anda bisa juga melihat di Google Trends untuk melihat hari ini yang sedang Trending.

2. Lengkapi artikel dengan Gambar

Gambar pada postingan blog ternyata menarik jika kita perhatikan. Saat saya mengunjungi sebuah situs kesehatan dimana tulisannya dilengkapi dengan gambar maka daya tarik saya untuk bertahan di blog tersebut lebih besar. Lebih lagi jika itu artikel tutorial maka wajib anda lampirkan gambar gambar contohnya. Saat seseorang belajar sesuatu lebih mudah menggunakan gambar dibandingkan dengan tulisan. Untuk mendapatkan gambar yang Gratis dan bebas hak cipta anda bisa mengunjungi pixabay.com.

3. Kualitas artikel diperhatikan

Seorang penulis sejati pasti memperhatikan Kualitas artikel yang dibuat. Pasti setiap kata kata yang dibuat memiliki arti dan makna. Bukan hanya sekedar menulis begitu saja untuk memancing visitor. Kualitas artikel bukan hanya menggunakan bahasa tinggi tetapi gunakan bahasa yang mudah dimengeri oleh pembaca. Pada saat awal menulis mungkin masih belepotan dan setiap kata dalam kalimat sering tertukar tetapi jika anda tekun menulis maka dengan sendirinya Kualitas dan gaya bahasa anda akan terbentuk.

4. Isi artikel lengkap dan terpercaya

Artikel yang lengkap mulai awal sampai akhir adalah paling disukai oleh pengunjung blog. Jangan terburu buru menyelesaikan tulisan anda. Cobalah untuk mengurai semua yang ada dalam artikel tersebut. Jangan buat artikel dengan isi yang singkat dan belum selesai. Sebelum membuat tulisan tersebut alangkah baiknya anda sudah mencoba terlebih dahulu. Jika berhasil silahkan anda buat artikelnya supaya tingkat kepercayaan pengunjung blog meningkat.

5. Loading Blog super ringan

Untuk melihat kecepatan loading blog anda bisa mengunjungi PageSpeed Insights. Silahkan kolom yang disediakan isi dengan blog/web anda dan klik ANALISIS. Disana anda akan melihat berapa skor Template blog yang anda Gunakan dengan 2 versi yaitu Mobile dan Desktop. Supaya pengunjung Blog tidak jengkel dan kabur karena artikel yang dibuka tak kunjung terbuka maka gunakan Template yang super Ringan. Skor yang baik adalah di atas 80 dan lebih baik lagi jika bisa mencapai di atas 90.

6. Tampilan blog dengan warna cantik

Warna blog juga mempengaruhi pengunjung untuk tetap berlama lama. Jika warna blog anda kusam dan tidak enak dilihat walaupun isi artikelnya bagus maka mungkin hanya satu artikel tersebut saja yang dibaca. Perhatikan blog maxmanroe.com dimana tampilannya cukup menarik. Selain itu ada juga blog Jalan Tikus dengan tampilan atau warna yang menarik serasa sayang untuk meninggalkan blog tersebut. Hal itu berakibat pada pengunjung penasaran dengan artikel artikel yang kita buat.

7. Jangan terlalu banyak Iklan dan Banner

Inggin mendapatkan hasil dari Iklan Adsense maka memasang banyak sekali Iklan dalan satu artikel blog. Mungkin dalam waktu dekat penghasilan anda akan meningkat tetapi untuk jangka panjang Kesehatan Blog anda akan menurun. Visitor yang pernah datang berkunjung akan malas untuk kembali karena untuk membaca artikel saja harus tertutupi dengan iklan dimana mana. Terlebih lagi anda menggunakan ikalan melayang. Visitor akan menutup artikel anda di saat tulisan anda belum dibaca karena melihat Iklan tersebut. Gunakan Iklan dan Banner sewajarnya dan tidak menggangu tulisan artikel yang akan dibaca.

8. Gunakan Widget Blog seperlunya

Widget dalam sebuah blog sangat diperlukan seperti Widget Popular Post, Recent Post, Label Blog sampai dengan Matched Content Adsense. Gunakan widget seperlunya dan tidak perlu banyak karena kebanyakan widget akan mempengaruhi Loading Blog anda. Anda cukup menggunakan beberapa widget yang saya sebutkan diatas. Tidak perlu menggunakan widget Histats, widhet Google+, Facebook atau Widget lainnya. Gunakan Widget yang menurut anda diperlukan oleh seorang Pengunjung seperti Popular Post, Recent Post dan Label Blog.

9. Buat Internal Link

Internal Link adalah sebuah link yang kita buat didalam sebuah artikel yang mengarah ke artikel lainnya. Contoh : Kompi Ajaib yang membawa Keberuntunggan mendatangkan Visitor Blog hingga Jutaan. Anda bisa lihat dibeberapa blog atau situs besar selalu membuat link Baca juga, Lihat Juga dan kata lainnya. Intenal Link juga akan membantu pembaca menemukan artikel yang di ingginkan dan memungkinkan pengunjung blog lebih lama membaca di blog kita.

10. Buat artikel satu Nice

Mengapa blog satu Nice lebih disukai pengunjung ? Saat anda menemukan sebuah situs yang lengkap dengan satu pembahasan pasti anda akan kembali terus ke web tersebut. Seperti Blog Tutorial Blogging, Web Tutorial Photoshop, Corel Draw ataupun sebuah situs bacaan Drama Korea. Berbeda dengan blog gado gado yang pastinya tidak bisa menyediakan artikel secara lengkap karena Fokus pembahasan yang terlalu luas dan sang pengunjung dipastikan hanya melihat beberapa artikel saja.

Dari 9 cara supaya Visitor atau Pengunjung Blog betah berlama lama membaca artikel di atas apakah masih ada faktor lainnya. Silahkan jika anda memiliki pengetahuan dalam mempertahankan Visitor dapat berbagi di kolom komentar Disqus. Anda bisa Login menggunakan akun Facebook, Disqus, Twiter dan Google+. Dan apabila ada yang belum anda mengerti juga tentang penjelasan di atas bisa bertanya karna admin mastimon.com dengan cepat merespon dan menjawab, Terimakasih.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar