5 Cara melatih OTAK agar CERDAS dan tidak LEMOT

5 Cara melatih OTAK agar CERDAS dan tidak LEMOT

5 Cara melatih OTAK agar CERDAS dan tidak LEMOT

Setiap orang tentu ingin memiliki otak yang cerdas dan aktif. Namun, seringkali keinginan itu hanyalah sebuah keinginan belaka. Terkadang kita merasa malas untuk melatih otak supaya terus berfikir. Padahal, melatih otak tidaklah sulit, kita hanya perlu berlatih, berlatih, dan terus berlatih, lama-kelamaan otak akan terbiasa untuk berfikir, sehingga kita tidak berketergantungan kepada orang lain ataupun teknologi.

Kita tahu bahwa otak merupakan organ penting bagi tubuh kita. Tanpa otak, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Maka itu, otak perlu dijaga dan dilatih supaya terus aktif. Karena dengan aktifnya otak, kita tidak akan bertindak ceroboh. Berbeda dengan otak malas, otak yang malas cenderung ogah-ogahan untuk berfikir, akhirnya melakukan pekerjaan dengan asal-asalan dan hasilnya pun buruk.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Sulit Fokus dan Konsentrasi Ketika Beraktifitas

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi otak telmi atau telat mikir alias malas berfikir. Cara ini sudah saya terapkan di kehidupan sehari-hari dan terbukti berhasil. Mau tau? Yaudah, berikut ini adalah cara melatih otak agar cerdas dan tidak lemot

1. Mandi dengan menutup mata


Terkadang kita merasa malas untuk melakukan hal yang dominan. Hal ini disebabkan oleh rasa bosan ketika melakukan suatu hal yang sering dilakukan sehari-hari. Maka itu, cobalah untuk melakukan hal yang tidak biasa, misalnya mandi dengan menutup mata. Mandi dengan menutup mata dapat meningkatkan daya ingat otak anda serta membugarkan tubuh. Hal ini telah terbukti berdasarkan jurnal Alternative and Complementary Therapies.

2. Tidur yang cukup

Setiap orang tentu memiliki waktu yang berbeda ketika tidur. Contohnya guru, seorang guru yang bekerja di pagi hari tentu berbeda jam tidur yang berbeda dengan hansip yang bekerja pada malam hari.

Namun, idealnya setiap manusia membutuhkan waktu tidur selama 8 jam perhari dan ditandai dengan rasa bugar ketika bangun tidur, itulah tidur yang cukup. Selain itu, kurang tidur juga akan menimbulkan kerusakan jaringan otak, hal ini ditandai oleh susah berfikirnya otak. Maka itu, mulai dari sekarang perbaiki kualitas tidurmu, buat senyaman mungkin kamar tidurmu.

Baca juga : 8 Cara Sederhana Membuat Suara Merdu dengan Mudah.

3. Jangan berketergantungan dengan Teknologi

Didalam teknologi terdapat EMF (elektromagnet field) yaitu jenis radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang energinya bahkan tidak cukup untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, berbeda dengan radiasi uranium, yang merupakan radiasi ionisasi. Selain itu, teknologi seperti smartphone juga dapat membuat otak seseorang menjadi malas, contohnya seorang siswa yang diberikan PR, bukannya mengerjakan, malah searching di Google.

Hal ini membuktikan bahwa kecanggihan suatu teknologi dapat membuat otak menjadi malas. Jadi, mulai sekarang latih otakmu untuk berfikir tentang suatu hal, misal jika anda punya sebuah masalah, pikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

4. Hindari mengonsumsi MSG berlebihan

MSG sebaiknya digunakan sebanyak setengah sendok vetsin saja. Namun, pada era globalisasi sekarang ini, orang seperti dibohongi. Mereka mencicipi sebuah makanan, lalu ia berkata makanan itu sangat lezat, padahal makanan itu biasa saja. Hal ini jelas membuktikan bahwa MSG dapat mengubah pola pikir seseorang.

Selain itu, MSG atau yang biasa disebut mecin sangatlah berbahaya bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat memperlambat perkembangan otak, hal ini akan menyebabkan otak sulit untuk berfikir. Jadi, upayakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi MSG, dan sebaiknya ganti menggunakan alternatf lain, seperti gula merah atau gula dan garam.

5. Hindari stress

Jika anda terus berfikir juga tidak baik bagi kesehatan. Nah, salah satu gejala terlalu banyak berfikir adalah stress. Otak yang terlalu banyak berfikir akan merasa tertekan, sehingga terjadilah depresi. Ketika anda stress dan depresi, otak akan sulit untuk berfikir. Maka itu, ada saatnya untuk berfikir dan ada saatnya pula untuk bersantai dan beristirahat. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya, jadi jangan sia-siakan waktu ini untuk bermalas-malasan.

Bagaimana? Mudah bukan? Anda perlu menerapkan cara diatas dengan tekun. Karena insyaallah, otak anda tidak akan lagi lemot dan malas untuk berfikir.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar