Pengalaman pertama membuat PENTOL BAKSO SAPI Sendiri

Pengalaman pertama membuat PENTOL BAKSO SAPI Sendiri

Pengalaman pertama membuat PENTOL BAKSO SAPI Sendiri

Siapa yang tidak suka dengan pentol ??? Makanan ini sudah menjadi faforit di indonesia, rugi jika anda tidak menyukai pentol bakso. Rasanya bervariasi tergantung racikannya si penjual pentol. Ada pentol bakso yang dicampur dengan mie dan Ada pula pentol yang dibakar ataupun pentol yang dijual secara langsung oleh paklek Pentol.

Awalnya saya tidak suka makan bakso karena rasanya aneh dan tidak ada nasinya, kalau ada nasinya namanya bukan bakso tapi nasi campur hehehe. Setelah menikah selama 9 tahun, setiap jalan jalan jika inggin makan selalu dibawa ke warung bakso. Mau menolak tidak bisa karna apa yang disukai istri saya harus suka juga dong (walaupun nelan baksonya setengah mati).

Berbeda dengan 9 tahun yang lalu karna saat ini saya sudah menyukai namanya pentol bakso. Rasanya kenyal dan enak di nikmati dengan saos sambal secara langsung. Terlebih lagi ditengahnya ada telur puyuh atau telur ayamnya, pasti rasanya nikmat.

Satu minggu yang lalu ada perayaan Idul Adha (Hari Raya Kurban). Walaupun saya Non Muslim tetapi di daerah saya tinggal warganya cukup baik memberikan kami bagian daging kurban. Senang campur binggung hahaha karna saya dan istri jarang masak daging (bukan karna tidak bisa beli tapi tidak bisa masak). Perundingan keluargapun dilakukan dan akhirnya tercetuslah kita buat PENTOL BAKSO.

Karna saya seorang yang kerjanya di depan komputer dan selalu di rumah maka ini jadi pekerjaan saya juga (Maklum istri sedang semangat menjadi wanita karier). Ini menjadi pengalaman pertama saya membuat pentol bakso karna selama ini saya taunya makan saja. Bagaimana cerita saya menbuat Pentol Bakso Sapi mulai awal sampai jadi Bakso beneran, silahkan anda baca kisah dibawah ini.

Pengalaman pertama membuat PENTOL BAKSO SAPI Sendiri

Langkah 1 : Pisahkan daging sapi dengan tulangnya (daging untuk membuat pentol sedangkan tulangnya nanti kita campurkan saat membuat bakso).
Langkah 2 : Potong potong daging menjadi kecil kecil supaya enak digilingnya.

Langkah 3 : Bawa daging sapi ke pasar (ke pengilingan daging). Karana pertama kali saya binggung, ini daging langsung di giling atau di apain dulu. Untung ada ibu ibu yang ajarin, jadi daging digiling terlebih dahulu melalui antrian. Setelah digiling bawa dagingnya ke tukang racik bumbu untuk diberikan macam macam bumbu seperti telur, garam, gula, picin dan bumbu lainnya. Bayar dan bawa daging yang sudah dicampur bumbu dengan tepung ke tempat pencampuran menjadi bahan olahan bakso.

Langkah 4 : Siapkan panci dengan air setengahnya, biarkan hingga air mendidih. Kecilkan api saat akan memasukkan adonan bakso.
Langkah 5 : Pencet adonan bakso menggunakan tangan (seperti gambar), ambil menggunakan sendok dan masukkan ke dalam air yang sudah mendidih tadi.

Langkah 6 : Tunggu beberapa saat sampai pentol mengapung ke permukaan (jika sudah timbul itu tandanya sudah masak). Angkat dan tiriskan.

Langkah 7 : Diamkan bakso yang sudah jadi hingga dinggin untuk anda bisa stock di kulkas.

Bagaimana dengan cerita pengalaman saya membuat pentol bakso sapi sendiri. Cerita di atas hanya berlaku buat bapak bapak atau ibu ibu yang baru pertama kali menbuat pentol bakso. Bagi anda yang sudah terbiasa membuatnya minggir dulu. Pengalaman adalah guru yang paling berharga jadi jangan bilang tidak bisa dulu sebelum mencoba, Semangat !!!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments