Cara mengobati GUSI BENGKAK dengan Air Garam dan bahan Alami

Cara mengobati GUSI BENGKAK dengan Air Garam dan bahan Alami

Cara mengobati GUSI BENGKAK dengan Air Garam dan bahan Alami

Mengalami sakit gigi sudah pasti akan menganggu aktifitas anda dalam menjalankan pekerjaan. Anda tidak akan menjadi fokus dalam menjalankan tugas yang diberikan atasan dan pada akhirnya semua menjadi berantakan. Bukan hanya sakit gigi saja tetapi bengkak pada GUSI juga cukup menggangu. Rasa sakitnya tidak seperti pada saat sakit gigi tetapi bengkak pada gusi sangat mempengaruhi fisik kita saat beraktifitas.

Berawal dari badan panas tinggi dan setelah diberi obat badan saya akhirnya reda dan dapat beraktifitas kembali. Beberapa hari setelah melewati demam ternyata ada bonus tambahan lagi yaitu gusi saya tiba tiba bengkak tanpa sebab. Awalnya gusi terasa membesar saat saya mengkonsumsi ikan asin. Entah kandungan apa yang ada di Ikan Asin sehingga mempengaruhi dan mengakibatkan gusi saya bengkak.

Gosok gigi dua kali sehari sudah saya lakukan tetapi tetap saja gusi membengkak tanpa sebab dan sudah dua hari tidak mengalami perbaikan. Mencoba beberapa metode yang dilakukan oleh ibu ibu pada zaman dahulu kala yaitu dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Metode air garam tersebut diyakini dapat mengurangi bengkak pada gusi yang diakibatkan oleh kuman.

Cara mengurangi bengkak GUSI dengan berkumur Air Garam

Air garam memiliki sifat antibakterial yang dapat membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Bahkan ia juga diperkaya dengan kandungan anti-inflamasi yang dapat menenangkan radang gusi.
  • Sediakan air hangat sebanyak 1 gelas
  • Tambahkan satu sendok teh garam dapur
  • Aduk-aduk hingga semua garam terlarut sempurna
  • Gunakan air tadi untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama pada gusi bengkak. Ulangi lagi sebanyak 4-5 kali sehari.

Jika menggunakan air garam belum ada perubahan maka anda bisa mencoba beberapa bahan alami yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Dengan menggunakan bahan alami maka efek sampingnya cukup kecil dibandingkan anda menggunakan obat dari apotik. Jika anda menggunakan obat proses penyembuhannya cukup cepat tetapi untuk kesembuhan jangka panjang saya sarankan anda menggunakan bahan alami terutama perbanyak mengkonsumsi air putih.

Cara mengurangi bengkak GUSI dengan bahan Alami

Madu alami
Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakterial yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak akibat gingivitis. Oleskan madu secukupnya  ke bagian gusi bengkak setelah kamu menyikat gigi. Namun, jangan terlalu banyak mengoleskan madu ya, karena rasa manisnya dapat menyebabkan ngilu.

Minyak cengkeh
Minyak satu ini sudah terkenal memiliki banyak khasiat, apalagi untuk masalah mulut dan gigi. Akan tetapi sebelum menggunakan minyak cengkeh sebaiknya pastikan dulu apakah produk yang kamu beli asli atau tidak. Untuk penggunaan minyak cengkeh sangatlah mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak cengkeh ke bagian gusi yang bengkak minimal 2x sehari. Biasanya hanya dalam 3-4 hari saja gusi bengkak sudah sembuh.

Kantung teh
Menurut penelitian, asam tannic yang terdapat dalam kantung teh memiliki potensi besar untuk meringankan infeksi gusi dan iritasi yang menyebabkan gusi bengkak secara alami. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, celupkan kantong teh kedalam air panas, angkat lalu biarkan sampai dingin. Setelah itu, tempelkan kantung teh tadi ke bagian gusi bengkak selama 5 menit. Lakukan berulang sampai agak mendingan.

Bawang merah
Bawang merah mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang gusi, sakit gigi berlubang, dan gusi bengkak. Meskipun belum ada penelitian terkait, tapi saya sudah membuktikan sendiri khasiatnya. Untuk hasil terbaik tambahkan campurkan halusan bawang merah dengan garam. Kemudian oleskan secara merata ke bagian gusi bengkak. Diamkan sampai meresap, lalu berkumurlah dengan air hangat.

Baking soda
Beberapa penelitian membuktikan baking soda dapat menetralisir asam yang ada dalam mulut. Atas dasar inilah baking soda ampuh untuk mengobati gusi bengkak, penyakit gusi, dan kerusakan gigi. Menyembuhkan gusi bengkak dengan baking soda terbilang mudah. Pertama larutkan baking soda secukupnya kedalam air hangat hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke bagian gusi bengkak dan diamkan meresap.

Untuk perawatan supaya gigi dan gusi anda tidak membengkak kembali maka jagalah kebersihan karang gigi anda dengan cara rutin mengosok gigi. Apabila diperlukan belilah obat untuk berkumur pada gigi supaya celah yang tidak bisa dijangkau sikat gigi tetap bersih. Selain menjaga kebersihan gigi salah satu faktor bengkaknya gusi anda adalah karena STRESS. Stress memicu menurunnya kekebalan tubuh sehingga mempengaruhi gusi dan gigi anda.

Kekurangan Vitamin C dan Vitamin D juga mempengaruhi kesehatan anda. Perlengkapi kebutuhan vitamin pada tubuh anda dengan beberapa buah buahan seperti Jeruk, Anggur, Mangga, Pepaya, Strowberi dan masih banyak lagi buah yang mengadung vitamin C. Dengan terpenuhinya vitamin pada tubuh anda maka daya tahan tubuh anda akan semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Terakhir lakukan olah raga secara rutin supaya kesehatan tetep terjaga. Jika salah satu tubuh anda mengalami sakit maka bagian tubuh lain akan terinveksi karena daya tahan tubuh anda sedang menurun. Seperti yang saya alami awalnya hanya Panas saja tetapi berlanjut pusing pada kepala dan terakhir gusi saya membengkak. Dengan tips berkumur air garam Puji Tuhan gusi saya sudah mulai reda bengkaknya.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar