Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara buat Aplikasi ANDROID Blog/WEB sendiri sampai tampil di Google Play

Mengelola sebuah blog/web ternyata menyenangkan, terlebih mendapatkan ilmu baru dan berhasil diterapkan. Blog mastimon.com saya buat semenjak pertengahan tahun 2016 dan pada awal tahun 2017 saya banyak mendapat usulan dari beberapa pengunjung untuk membuatkan aplikasi Android khusus mastimon.com. Karena saya newbie dan baru belajar soal Blogger walaupun saya mengenal blog sudah 6 tahun tetapi pengetahun saya masih dibawah rata rata. Salah satu ilmu yang baru saya coba adalah membuat Aplikasi Android sendiri untuk sebuah Blog/Website.

Tutorial ini sebenarnya saya hanya coba coba apakah saya bisa membuat Aplikasi Android sendiri untuk blog saya. Untuk percobaan pertama saya membuat aplikasi pada blog saya yaitu racikanbumbu.com. Visitornya masih sedikit tetapi saya yakin pengunjung blog tersebut adalah wanita dan ibu ibu. Supaya mereka tidak repot buka Google setiap hari dan mencari menu masakan terbaru maka saya coba buatkan sebuah Aplikasi Androidnya. Belajar dari beberapa blog melalui mbah Google dan akhirnya berhasil.

Cara buat Aplikasi ANDROID Blog/WEB sendiri sampai tampil di Google Play

Langkah 1 : Untuk membuat aplikasi android kita membutuhkan sebuah situs untuk membuatnya yaitu dengan situs appsgeyser.com.
Langkah 2 : Pilih Website seperti gambar dibawah ini.
 

Langkah 3 : Masukkan alamat blog/web anda dan klik GO

Langkah 4 : Pilih warna aplikasi (Klik salah satu warna pilihan anda).

Langkah 5 : Conteng dan ikuti contoh gambar dibawah ini dan klik NEXT

Langkah 6 : Buat aplikasi Nama blog anda (Saran jangan seperti gambar di bawah, buat nama "RACIKANBUMBU").

Langkah 7 : Masukkan Description blog anda dan klik NEXT

Langkah 8 : Upload foto icon untuk tampilan Aplikasinya dengan cara Custom Icon, Upload, Pilih gambar yang segi empat dan klik NEXT.

Langkah 9 : Pilihan untuk upload icon Aplikasi Android.

Langkah 10 : Silahkan Crop Picture untuk menyesuaikan

Langkah 11 :  Klik CREATE

Langkah 12 : Masukkan Email dan Password, anda bisa juga menggunakan akun FB dengan cara klik Icon Facebook terlebih dahulu, setelah selesai klik SIGN UP

Langkah 13 : Jika sudah masuk ke tahap ini bahwa ada Email yang dikirim, silahkan anda buka Email anda.

Langkah 14 : Pada email klik VERIFY YOUR EMAIL

Langkah 15 : Jika sudah berhasil di verifikasi maka akan tampil seperti ini.

Langkah 16 : Aplikasi sudah berhasil dibuat, anda tunggu sebentar supaya aplikasi benar benar bisa di Donlowad.

Langkah 17 : Buka Dasboard dan lihat ada beberapa pilihan, anda bisa mendonlowadnya dan menginstal langsung di Handphone anda dan anda juga bisa langsung Publish di Google Play. 

Langkah 18 : Jika anda klik Publish di Google Play maka akan tampil pilihan seperti gambar di bawah ini, Silahkan conteng semua dan klik CONTINUE.

Langkah 19 : Anda akan masuk ke tahap ini dimana anda bisa mengupload gambar gambar yang menarik seputar blog yang anda buat Aplikasi Androidnya.

Langkah 20 : Masukkan kembali Description blog anda dan klik I HAVE A DESCRIPTION!

Langkah 20 : Klik I HAVE ALL RESOURCES!

Langkah 21 : Klik  I HAVE AN ACCOUNT!

Langkah 22 :  Klik I HAVE PUBLISHED MY APP!

Langkah 23 :  Klik I GO REVIEWS!

Langkah 24 : Langkah terakhir conteng dan klik I JOINED APPSGEYSER CRITICAL NOTIFICATIONS' CHANNEL! dan selesai

Aplikasi android sudah selesai anda buat dan sudah anda Publikasikan ke Google Play. Jika anda kurang paham bisa melihat vidio pada Publish to Google Play dimana dibawah icon Google Play disediakan link vidio Youtubenya yaitu Watch a 'How To Publish' video. Selamat mencoba membuat Aplikasi Android untuk Blog/WEB sendiri, semoga berhasil dan Sukses selalu.