Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips mengatasi Aplikasi Android tidak bisa terinstal karena Memori Penuh

Apa yang anda pikirkan saat akan menginstal atau mengupdate Aplikasi Android tetapi ada peringatan MEMORI PENUH. Jengkel sudah pasti karena aplikasi yang kita gunakan terbilang sedikit tetapi mengapa memorinya sudah penuh. Aplikasi android selalu melakukan update setiap bulannya seperti Facebook dalam sebulan bisa dua kali melakukan upgrade dan apabila tidak dilakukan Upgrade aplikasi Facebook sering distop atau dihentikan. Dengan distop begitu saat asyik buka FB tiba tiba ditutup.

Seperti pengalaman saya menggunakan Handphone Samsung J3 dimana aplikasi android yang saya gunakan hanya sedikit. Aplikasi yang banyak memakan ruang memori hanya Facebook dan Game COC. Seperti biasa aktifitas saya setiap harinya banyak di Facebook karena di sana tempat Promosi yang cukup menarik. Saya saat ini adalah pekerja Freelands atau Full Time bekerja di rumah. Hampir setiap saat Facebook yang saya buka tetapi saat saya tidak melakukan Upgrade maka FB sering error.

Baca juga : Cara kunci SINYAL 4G Android supaya tindak menggunakan jaringan 3G

Samsung berbeda dengan HP Android lainnya seperti Lenovo, Oppo, Advan, Apple, Sony ataupun merek lainnya. Samsung terbilang baik digunakan sebelum saya berpindah dari Nokia yang tengelam entah kemana. Batrai yang tahan lama dan tahan banting itu adalah cori khas Samsung karena sudah beberapa kali Samsung J3 saya jatuh tetapi tetap saja tidak ada kerusakan. Hal ini yang membuat cinta saya dengan Nokia luntur dan beralih ke Samsung.

Kembali ke persoalan di atas yaitu mengapa saat akan upgrade apkikasi android ada peringatan bahwa memori penuh dan tidak ada ruang kosong. Aneh tapi nyata karena aplikasi yang saya gunakan hanya sedikit. Mulai berfikir panjang apa yang menyebabkan itu terjadi. Salah satu yang saya lakukan adalah menghapus aplikasi lain agar FB saya bisa di upgrade. Yang menjadi jorban unistal pertama adalah Instagram, Twitter dan BBM. Aplikasi ini kurang menarik menurut saya di bandingkan dengan Facebook dan What App.

Baca juga : Paket internet murah Telkomsel kartu AS dan Simpati hanya 65.000 dapat 30GB

Melakukan penghapusan aplikasi sudah tetapi mengapa memori masih saja penuh. Browsing di google mengintip blog atau web orang. Ternyata yang menyebabkan memori penuh adalah File Sampah atau Cache. Apa itu file sampah !!! Seperti yang kita ketahui bahwa para pengguna android paling mudah melakukan donlowad aplikasi, Instal Aplikasi dan jika bosan langsung di Unistal. Nah hal inilah yang menyebabkan ada sisa aplikasi walaupun sudah di hapus. Seperti di Komputer setelah kita hapus file maka file tersebut masih masuk ke tong sampah dan biasannya kita klik kanan dan hapus.

Sama dengan komputer atau laptop saat kita hapus sebuah file atau aplikasi di android maka supaya benar benar habis kita harus hapus menggunakan aplikasi. Bisa juga kita langsung ke penggaturan / Settingan HP untuk menghapus cachenya. Nah untuk tutorialnya ada beverapa cara menghapus file sampah di HP Android. Anda bisa mencoba salah satunya yang menurut anda lebih mudah. Dengan penghapusan file sampah saya sudah bisa mengupgrade aplikasi FB dengan mudah dan tanpa hambatan apapun.

Hapus file Sampah dengan aplikasi Smart Manager

Dengan aplikasi ini kita dapat melihat berapa persen penggunaan batrai handphone kita. Ruang memori yang masih kosong atau berapa persen menori yang kita gunakan. Penggunaan RAM berapa peraen dan settingan untuk keamanan HP anda. Untuk menghapus file sampah dan membuat HP menjadi fresh anda cukup menekan tombol BERSIHKAN di pojok kanan bawah seperti gambar di atas.

Hapus Sampah dengan aplikasi Clean Master

Langkah 1 : Buka Play Store anda
Langkah 2 : Instal aplikasinya sampai selesai (Saya menggunakan Super Cleaner 2018 terbaru).

Langkah 3 : Buka aplikasi dan mulai penghapusan file sampah dengan klik gambar Sampah.
 

Langkah 4 : Klik BERSIHKAN 249MB  dibawah yang berwarna hijau.
 
Langkah 5 : Tunggu proses penghapusan dilakukan dan lihat hasilnya sebelum di hapus dengan sesudah di hapus (Tutup iklan jika ada yang menutupi dan jangan klik lanjutkan).

Hapus file sampah di android langsung ke Pengaturan tanpa menggunakan Aplikasi

Setiap HP Android memiliki keungulan dan kelemahan tersendiri. Jika saya intip di blog tetangga bahwa penghapusan sampah atau cache aplikasi bisa langaung melalui Pengaturan, Aplikasi, Manager Aplikasi dan langsung klik aplikasi mana yang akan di hapus cachenya. Cara ini agak ribet karena anda harus melakukan satu persatu. Saya tetap merekomendasikan anda menggunakan Clean Master. Untuk samsung J3 tidak ada tombol cachenya seperti terlihat gambar di atas maka tidak bisa melakui cara ini.

Baca juga : Cara mengatasi sinyal Android lemah dengan 6 trik jitu dan berhasil

Dengan anda melakukan penghapusan file sampah atau cache maka kinerja handphone anda akan semakin cepat karena semua jejak yang tertinggal saat anda membuka aplikasi sudah di hapus menggunakan Clean Master. Lakukan penghapusan dengan Clean Master saat HP anda sudah mulai melambat atau minimal 3 hari penggunaan. Boleh setiap hari anda lakukan tetapi saya belum tau efek samping dari penggunaan aplikasi.

Setiap aplikasi android yang kita gunakan ada efek sampingnya. Salah satunya adalah Batrai cepat habis. Perangkat Lunak error karena banyaknya aplikasi yang terinstal. Gunakan aplikasi sewajarnya saja jika belum dibutuhkan maka jangan buka aplikasi tersebut. Menggunakan HP Android dengan cara normal dapat menambah daya tahan HP anda lebih lama. Selamat mencoba dan semoga aplikasi yang inggin anda Donlowad atau Upgrade bisa dilakukan.