Cara mengatasi HP tidak bisa mengambil Foto atau Vidio karena memori Penuh

Cara mengatasi HP tidak bisa mengambil Foto atau Vidio karena memori Penuh

Cara mengatasi HP tidak bisa mengambil Foto atau Vidio karena memori Penuh

Memiliki handphone android tidak afdol jika kita tidak bisa menggunakan kamera untuk mengambil Foto atau mrnggunakannya untuk merekam vidio. Kejadian tersebut sangat menjengkelkan karena moment penting tidak bisa kita ambil gambarnya gara gara memori hp full.

Periksa kapasitas memori ternyata masih memiliki ruang yang banyak. Tetapi mengapa tidak bisa mengambil gambar dari kamera gara gara memori penuh. Setelah di periksa memori internal hp ternyata sudah penuh dan ini ternyata yang menjadi akar masalah.

Tidak hanya hp dengan merek terkenal seperti samsung tetapi android yang lain juga banyak sekali masalahnya sama. Mengapa demikian!!! Karna settingan penyimpanan otomatis dari kamera di arahkan ke memori internal. Tidak hanya save dari kamera yang membuat memori internal penuh tetapi dari aplikasi lainnya yang secara otomatis menyimpan ke memori hp anda.

Aplikasi apa saja yang cukup menguras memori anda. WhatApps atau WA adalah aplikasi yang menyimpan secara otomatis baik dari hasil kiriman chat ataupun dari kiriman group. Berbeda dengan aplikasi lainnya seperti facebook, Instagram, twitter dan bbm yang tidak menyimpan secara otomatis jika kita tidak menyimpannya.

Mengapa WA cukup menguras memori ? Selain foto ternyata vidio juga dari WA menyimpan secara otomatis. Bisa anda bayangkan jika di group wa banyak yang mengirim vidio dan secara otomatis menyimpan ke memori hp. Selain Gambar dan Vido yang tersimpan ternya yang membuat memori penuh adalah aplikasi android yang anda instal terlalu banyak.

Berikut adalah tips supaya memori internal tetap terjaga ruangnya agar anda bisa mengambil foto atau vidio di moment penting. Baca dan ikuti petunjuk ini supaya tidak ada dusta di antara kita karna setelah mengikuti cara ini hampir tidak pernah memori hp saya penuh dan tetap bisa mengambil foto dan vidio di moment apapun.

Periksa Memori Internal dan Eksternal
Memiliki memori besar sudah pasti anda akan bisa menyimpan banyak file dan banyak menginstal aplikasi android. Meskipun memori besar jika anda tidak memperhatikan penggunaanya pasti memori akan cepat penuh. Jika memori internal anda penuh maka anda bisa melakukan tahap berikutnya. Untuk mengecek penggunaan data memori silahkan buka Pengaturan, Penyimpanan dan Lihat p Kapasitas tersedia.

Hapus Foto dan Vidio di memori Internal
Lakukan penghapusan foto dan vidio yang tidak penting. Jika masih di gunakan maka pindahkan file dari memori internal ke memori eksternal. Bukan hanya foto dan vidio dari kamera saja yang di hapus atau di pindahkan tetapi di media lain dengan cara periksa media penyimpanan seperti WA, Masanger FB, BBM, Screenshot dan file di aplikasi lainnya. Cara menghapusnya yaitu buka media penyimpanan, jika HP saya samsung J3 namanya File Saya, pilih Penyimpanan Perangkat, buka setiap Folder jika menemukan Foto dan Vidio silahkan hapus atau pindah ke memori Eksternal.

Hapus aplikasi yang tidak penting
Biasanya yang suka instal aplikasi adalah anak anak. Saat hp di pegang anak anak maka aplikasi apapun yang ada di playstore di instal. Silahkan unistal aplikasi yang tidak digunakan supaya menambah ruang memori internal. Aplikasi mediasosial adalah aplikasi yang paling banyak memakan ruang memori dan banyak menguras kuota seperti Facebook dan Instagram. Cara unistalnya cukup tekan lama aplikasinya dan akan muncul hapus di atas dan arahkan aplikasi ke atas.

Setting aplikasi WA tidak menyimpan otomatis
Jika cara cara di atas pasti anda pengguna android sudah bisa melakukannya. Untuk anda pengguna aplikasi WhatApps maka anda perlu melakukan settingan di WA supaya tidak menyimpan secara otomatis. Lihat : Cara supaya WA tidak simpan secara otomatis semua File Foto dan Vidio.

Itu adalah beberapa trik supaya memori tidak penuh saat mengambil foto. Apabila masih saja penuh memori anda maka cara yang terakhir adalah membeli HP baru dengan kapasitas memori yang besar. Tetapi inggat antara memori dan kualitas HP harus seimbang jika tidak maka hp anda akan lemot dan loading hp akan cukup lama. Selamat mencoba semoga berhasil dan jangan lupa berikan komentar anda.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

HANYA DENGAN RP.50.000 SUDAH MENDAPATKAN BLOG CANTIK DAN DAPAT BONUS TEMPLATE PREMIUM, PEMESANAN SILAHKAN KLIK LINK INI, TEMPLATE SUPER SEO CEPAT TERDETEKSI GOOGLE Kumpulan Bahan dan Cara Membuat Kue Kering, Sayur, Masakan Ikan dan Daging