Cara memasang widget HISTATS di blog untuk mengetahui VISITOR yang datang

Cara memasang widget HISTATS di blog untuk mengetahui VISITOR yang datang

Cara memasang widget HISTATS di blog untuk mengetahui VISITOR yang datang

Menjadi penulis di Blogger tidaklah mudah karena sebelum melakukan penulisan artikel yang unik dan menarik kita harus mendesain WEB/Blog tersebut dengan tampilan yang mudah dan enak dilihat. Memasang beberapa widget blog menjadi tambahan nilai tersendiri karena pengunjung akan lebih betah berlama lama di blog kita jika terlihat unik dan enak dilihat. Tetapi perlu anda ketahui bahwa menambahkan widget terlalu banyak akan mengakibatkan loading blog akan melambat.

Widget Histats adalah salah satu widget dari sekian banyak pilihan untuk mengetahui visitor yang datang. Untuk para master blog biasanya tidak akan memasang widget Histats ini karena untuk menjaga privasi blog agar tidak mudah di baca oleh pengunjung. Jangan kuatir karena Histats bisa kita setting supaya pengunjung tidak dapat melihat langsung statistik blog yang kita punya. Hanya pemilig blog saya yang bisa membukannya.

Mastimon.com adalah blog sederhana yang setia menggunakan histats pada blognya karena dengan menggunakan widget ini banyak sekali fungsinya dalam kita menentukan artikel atau tulisan yang akan kita buat. Mengapa saya katakan bisa menentukan artikel karna kita dapat melihat artikel mana yang sedang banyak dicari maka dengan begitu kita dapat dengan Fokus kepada jenis artikel tersebut.

Cara daftar sampai dengan pasang Widget HISTATS di blog

Langkah 1 : Buka webnya : www.histats.com dan klik Pendaftaran di pojok kanan bawah.

Langkah 2 : Isi data Email seperti contoh di bawah ini dan klik Daftar.

Langkah 3 : Pendaftaran sudah berhasil dan silahkan cek Inbox email anda

Langkah 4 : Klik link biru di Email untuk konfirmasi

Langkah 5 : Masukkan Email dan Password lalu klik Masuk

Langkah 6 : Klik Add a website untuk menambah atau membuat widget Histats di website

Langkah 7 : Isi alamat situs anda, gunakan bahasa Indonesia, jika sudah semua di isi silahkan klik Lanjutkan pada kolom dibawah.

Langkah 8 : Pendaftaran blog atau website telah berhasil lalu Klik websitenya.

Langkah 9 : Klik counter code untuk membuat code HTML yang akan kita pasang di blog

Langkah 10 : Klik add new counter

Langkah 11 : Pilih widget sesuai selera anda dan klik pada widget tersebut

Langkah 12 : Untuk menampilkan yang sedang Online dan berapa pengunjung perhari, perminggu, perbulan dan selama ini silahkan klik conteng pada kolom yang di sediakan lalu klik Simpan.

Langkah 13 : Copy semua kode HTML Histats yang ada untuk kita pasang di blog.

Cara Pasang Kode HTML widget Histats di blog
  1. Masuk ke akun blogger anda
  2. Klik Tata Letak
  3. Klik Tambahkan Ganget
  4. Pilih tambahkan HTML/JavaScript
  5. Kosongkan saja judulnya dan silahkan Paste kode HTML Histatsnya dan klik Simpan
  6. Simpan Setelan Blogger dan lihat tampilan blog untuk melihat Widget Histats.

Cukup mudah bukan cara memsang histats di blog. Mungkin bagi para mastah yang sudah biasa membuatnya tidak perlu menggunakan tutorial ini. Artikel ini diperuntukkan bagi anda yang baru pertama kali membuat blog dan selain menggunakan Histats dalam melihat statistik blog, anda juga bisa menggunakan widget amoung, Google Analitics ataupun melihat langsung di daskboard blog anda.


Perhatikan tampilan Histats mastimon.com di atas, kita bisa melihat artikel mana yang sedang popular dan banyak dibaca oleh pengunjung. Untuk melihat data data lainnya anda bisa coba klik User Online dan Search Engines di menu samping kanan. Apabila statistik ini tidak inggin dilihat orang lain dan hanya anda yang melihatnya silahkan klik Panel Kendali di Pojok kanan atas, klik gambar obeng blog anda (Modify Website Data). Rubah Stats Visibility menjadi Site Stats are visible only to you dan Klik Lanjutkan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments