Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh pidato dan susunan acara MC pada HUR RI pada 17 Agustus

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73 pada tanggal 17 Agustus 2018 tersisa sekitar dua minggu lagi. Para Panitia sudah sibuk mempersiapkan segala sesuatunya terutama susunan kegiatan sepanjang bulan Agustus. Pada akhir bulan juli ini saja sudah banyak sekali pertandingan persahabatan memperingati HUT RI ke 73 dan puncaknya pada tanggal 17 Agustus mendatang.

Ketua Panitia berserta jajarannya harus mempersiapkan dengan baik semua yang dibutuhkan, peralatan dan termasuk orang orang yang terlibat didalamnya. Pada saat upacara bendera karena itu merupakan puncak acara maka diperlukan orang orang yang terampil dalam menjalankan tugas. Seperti petugas Pembawa Bendera, Petugas seksi peralatan harus bergerak cepat dan yang palin penting adalah seorang MC yang membawakan susunan Upacara bendera tersebut.

Baca Juga : Contoh Pidato HUT RI di Sekolah dan Perusahaan

Seperti artikel artikel sebelumnya yang banyak dilihat oleh pengunjung mastimon.com. Kali ini contoh susunan acara yang dibawakan oleh seorang MC semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Tahap awal yang harus dilakukan adalah melakukan pemilihan seorang MC yang baik. Sebaiknya Panitia HUT RI memilih seorang MC yang biasa berbicara di depan umum supaya tidak grogi. Pilih seorang MC yang pandai menggunakan kata kata dengan baik.

Jika sudah mendapatkan MC yang sudah dinyatakan sanggup melakukan tehnik penyampaian informasi yang jelas dan mengetahui nada suara supaya enak di dengan oleh para peserta upacara maka selanjutnya adalah menyusuh pidato atau susunan acara untuk dibuat menjadi sebuah teks bacaan. Seorang MC akan membacakan susunan acara tetapi sebelum membacakannya maka diperlukan kata kata sambutan awal upacara yang sudah di persiapkan.

Baca Juga : Kumpulan perlombaan Unik 17 Agustus terbaru

Berikut adalah salah satu contoh Pidato awal dan akhir seorang MC pada HUT RI yang ke 72, silahkan anda ambil beberapa kata yang anda anggap baik dan lakukan editing sesuaikan dengan kondisi atau lokasi tempat Upacara dilaksanakan. Buat dalam satu lembar kertas untuk ditulis manual terlebih dahulu dan selanjutnya ketiklah ke dalam komputer dan di Print.

Assalamu'alaikum WR. WB

Bapak kepala desa beserta staff dan perangkatnya yang kami hormati, Bapak ketua RT, RW berserta segenap undangan dan para hadirin yang kami hormati. Dengan mengucapkan puja dan puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena pada siang hari ini yang penuh dengan rasa bahagia ini kita bisa berkumpul dilapangan balai desa dalam rangka memperingati hari besar nasional, yakni Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI yang ke-72 tahun.

Hadirin yang berbahagia, kedua kalinya shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Karena hanya beliau sebagai Uswatun Hasanah yang patut sebagai suri tauladan bagi kehidupan umat di muka bumi ini. Mengingat siang hari ini acaranya begitu padat, sehingga langsung saja saya bacakan rangkaian acara yang sudah tersusun dengan rapi, sebagai berikut : 

1. Pembukaan
2. Upacara Bendera 
3. Sambutan-sambutan
  • Prakata Panitia
  • Sambutan Ketua Karang Taruna Bukuan
  • Sambutan Bapak Kepala Desa
  • Sambutan Perwakilan Ketua RT
4. Pentas Seni dan Pertunjukan tambahan
5. Istirahat
6. Doorprize
7. Do'a Bersama
8. Penutup

Mengingat padatnya acara pada siang ini, langsung saja acara yang kedua, yaitu sambutan-sambutan. Yang pertama akan disampaikan oleh prakata panitia pelaksana dalam hal ini akan disampaikan oleh Saudara Timon Adiyoso, kepadanya kami pesilahkan!

Itulah contoh singkat pidato seorang MC pada peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2017 yang bisa anda contoh. Jika kelebihan kata atau rangkaian acaranya silahkan dihapus sendiri dan jika ada kekurangannya dalam susunan tersebut silahkan anda tambahkan. Untuk dapat mengoreksi contoh pidato MC tersebut silahkan anda berikan sarannya di kolom komenar. Terimakasih sudah berkunjung ke blog mastimon.com yang sederhana ini, selamat siang dan semoga bermanfaat.