Tips dan cara membuat KETUPAT Lebaran Idul Fitri 1438 H yang Gurih

Tips dan cara membuat KETUPAT Lebaran Idul Fitri 1438 H yang Gurih

Tips dan cara membuat KETUPAT Lebaran Idul Fitri 1438 H yang Gurih

Hari raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017 sudah memasuki hari ke tiga. Permohonan maafpun sudah disampaikan kepada orang tua, saudara dan sahabat. Ada lagi tradisi di indonesia yang masih berjalan sampai saat ini adalah membuat Ketupat Lebaran.

Kartu ucapan dan kata kata selamat hari raya idul fitri yang biasa kita lihat adalah gambar ketupat. Tapi ada yang aneh mengapa pada saat hari raya ketupatnya tidak ada. Anda bisa temukan ketupat tersebut satu minggu setelah hari raya berakhir.

Ketupat terbuat dari bahan janur kelapa yang dibuat sedemikian cantik menggunakan keahlian tangan. Tidak semua orang dapat membuatnya. Janur kelapa adalah daun kelapa yang masih muda dan berwarna kuning. Janur tersebut terdapat di atas atau di ujung pohon kelapa.

Bagaimana anda bisa membuat ketupat ??? Jika belum bisa disini kita akan bahas bersama cara membuat ketupat dari daun kelapa dan cara mengolah isi ketupat supaya terasa gurih dilidah. Pemilihan beras yang baik juga mempengaruhi rasa dan aroma ketupat itu sendiri.

Cara membuat Ketupat dari Janur

Siapkan janur kelapa yang masih muda dan berwarna kuning, mengapa kita ambil yang masih muda? Karena lentur daun tersebut dan dapat dengan mudah kita bentuk. Buang lidinya dan sisakan daunnya, kita mulai dengan menggulungkan daun kelapa tersebut di kedua telapak tanggan. Berikut adalah beberapa gambar tutorialnya yang bisa anda ikuti.

Gambar 1 : Gulung janur di jari kanan seperti gambar dengan empat kali gulungan
Gambar 2 : Gulung juga janur di jari kanan kiri berlawanan dengan gulungan kanan dan juga sebanyak empat kali.
Gambar 3 : Pertemukan kedua ujung jari dan saling menyilang daun kelapa tersebut seperti gambar nomor 3.
Gambar 4 : Pegang ujung lilitan pada tangan kanan dan tangan kiri dengan erat dan saling memasukkan daun lilitan itu (silahkan lihat gambar) dan teruskan pada lilitan seterusnya seperti menganyam tikar.


Gambar 5 : Lanjutkan anyaman seperti gambar dibawah ini.
Gambar 6 : Juga melanjutkan anyaman
Gambar 7 : Teruskan anyaman hingga selesai
Gambar 8 : Apabila anyaman sudah hampir selesai, sobat akan mendapati bahwa ujung yang kecil bertemu dan ujung yang besar berada pada bucu yang berlawanan.


Gambar 9 : Tarik ujung yang kecil keluar dan gantikan ujung yang kecil dengan ujung yang besar (anyaman mirip anyaman tikar).
Gambar 10 : Teruskan anyaman yang satunya lagi
Gambar 11 : Ujung yang besar betemu dan ujung yang kecil berada pada bucu yang berlawanan.
Gambar 12 : Anyam ujung yang kecil ke arah bucu yang belawanan dgn bucu ujung yang besar.


Gambar 13 : Jadilah ketupat yang siap diisi dengan beras.
Gambar 14 : Untuk mengisi beras silahkan masukkan ujung yang besar ke anyaman ketupat.
Gambar 15 : Pada ujung yang kecil, bukakan sebelah ujung supaya kelihatan lubang seprti di gambar bawah. Kemudian, masukkan beras kurang lebih sebanyak 1 per 3 kedalam selongsong ketupat.
Gambar 16 : Setelah beras sudah di isi silahkan ikat ujung janur seperti gambar 16


Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat ketupat dengan Janur Kelapa. Jika masih gagal lakukan dan coba kembali sampai membentuk ketupat. Usahakan kencangkan setiap anyaman supaya beras yang dimasukkan tidak tumpah. Jika sudah membuat ketupat maka yang perlu di perhatikan kembali adalah cara memilih dan mengolah beras ketupat supaya rasanya enak dan gurih.

Cara memilih dan mengolah beras ketupat supaya gurih : 
  1. Pilihlah beras yang pulen dan enak, pasti anda mengerti yang saya maksud karena biasa beras yang rasanya enak harganya mahal maka sesuaikan dengan kantong anda.
  2. Bersihkan beras dari kotoran kotoran yang masih terlihat seperti masih ada yang dalam bentuk padi dan kerikil kerikil kecil.
  3. Cuci beras dengan air bersih dan bubuhkan air kapur sirih sedikit dan juga taburi garam secukupnya saat mencuci beras tersebut.
  4. Untuk 1 liter beras dapat di isi pada sekitar 10 bungkus ketupat.
  5. Isi bungkus ketupat dengan ± ¾ dari tinggi bungkus ketupat atau biasa disebut sebagai se pinggang .
  6. Rebus selama 4 hingga 5 jam. Namun jika bunda menggunakan panci presto maka hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Resep Sayur Ketupat Lebaran terbaru

Bumbu-bumbu :
  • 2sdm Minyak sayur
  • 200gr papaya muda, kupas dan potong persegi panjang
  • 10 kacang panjang, potong panjang 3cm
  • 3sdm ebi kering
  • 1,5l santan dari 2 butir kelapa
  • 2btg serai ditumbuk
  • 3cm lengkuas ditumbuk
  • 2lbr daun salam
  • 1sdm kaldu ayam

Cara Membuat Ketupat Lebaran :
  1. Haluskan semua bumbu: terasi goreng, merica bubuk, bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan garam
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum
  3. Masukkan lengkuas, ebi, daun salam, serai, dan santan, lalu tunggu hingga santan mendidih
  4. Masukkan papaya, masak sampai papaya lunak
  5. Tambahkan kacang panjang dan kaldu ayam, lalu masak beberapa saat hingga santan bergejolak

Bagaimana siap membuat ketupat sendiri dirumah ??? Sudah lengkap bukan caranya membuat ketupat, memilih beras dan membuat sayur ketupat yang enak dan lezat. Kami tunggu hasil ketupatnya dikolom komentar apakah bentuk dan rasa ketupatnya bisa enak hehehe. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017 dan selamat menyantap Ketupat Lebaran bersama keluarga.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

HANYA DENGAN RP.50.000 SUDAH MENDAPATKAN BLOG CANTIK DAN DAPAT BONUS TEMPLATE PREMIUM, PEMESANAN SILAHKAN KLIK LINK INI, TEMPLATE SUPER SEO CEPAT TERDETEKSI GOOGLE Kumpulan Bahan dan Cara Membuat Kue Kering, Sayur, Masakan Ikan dan Daging