Cara mengobati Gondongan pada anak anak dengan BLAU

Cara mengobati Gondongan pada anak anak dengan BLAU

Cara mengobati Gondongan pada anak anak dengan BLAU

Gondongan adalah penyakit yang diakibatkan oleh Virus yang menyerang anak anak pada umumnya. Penyebabnya adalah infeksi virus, yaitu Paramyxovirus, yang menyerang kelenjar ludah. Sakit dan pembekakan yang terjadi di bagian bawah telinga dan mengakibatkan susah mengunyah makanan.

Gondongan sebenarnya sudah tidak asing lagi di masyarakat karena banyak sekali anak anak yang terkena penyakit ini tetapi sampai saat ini belum ada obat paten yang dapat mengobati gondongan. Pengobatanya rata rata secara alami dan menggunakan metode sendiri.

Penyakit gondongan dapat dicegah dengan melakukan imunisasi atau vaksinasi MMR. Vaksin MMR (Mumps Measles Rubella) adalah campuran tiga jenis virus yang dilemahkan, yang disuntikkan untuk imunisasi melawan campak (measles), gondongan (mumps) dan rubella (german measles). Vaksin MMR umumnya diberikan kepada anak usia 1 tahun dengan booster diberikan sebelum memasuki usia sekolah (4-5 tahun).

Gejala gejala Penyakit Gondongan pada anak

Terlihat anak anak tidak merasakan sakit dan masih bisa beraktifitas bermain dengan bebas tetapi cukup terasa pada saat mengkonsumsi makanan yang agak keras. Bengkak dibawah telinga dan biasanya badan agak hangat tetapi tetap dalam kondisi normal. Terasa sakit pada saat mengerakkan mulut ini juga gejala dari Gondongan. Nyeri sendi, Demam tinggi, Mulut kering, Nyeri perut, Hilang nafsu makan, Lelah, Sakit kepala itu juga gejala Gondongan.

Cara mengobati Gondongan dengan Blau

Blau adalah bahan yang digunakan dalam proses akhir mencuci pakaian berwarna putih agar terlihat lebih cerah dan cemerlang. Apa hubungannya jadi antara Blau dengan penyakit Gondongan !!! Aneh bukan ??? tetapi tidak bisa dipungiri bahwa penggunaan blau untuk menyembuhkan gondongan masih banyak dilakukan oleh masyarakat termasuk orang tua saya.


Cara menggunakan BLAU pada bagian yang sakit gondongan adalah dengan cara mengumpulkan blau pada kain atau pakaian bekas. Siram blau yang sudah dibungkus pakaian tersebut dengan air hingga basah dan selanjutnya oleskan blau menggunakan kain tersebut di bagian yang sakit secara pelan pelan. Lakukan beberapa kali dan dipercaya orang tua dulu cara ini paling efektif.

Tetapi jika menurut alodokter.com bahwa penggunaan Blau pada Gondongan merupakan mitos saja. Anjuran Dokter tersebut adalah segera memeriksakan sakit tersebut segera ke Puskemas, Rumah Sakit atau Dokter Pribadi untuk diberikan obat Antivirus untuk melawan infeksi virus tersebut.

Cara mengobati Gondongan Secara Alami

Anda bisa juga menggunakan cara cara alami berikut untuk menyembuhkan gondongan. Ada sekitar 16 tips untuk menyembuhkan gondongan secara alami yang saya dapatkan dari halosehat.com. Berikut adalah 16 Tips pengobatan gondongan secara alami :
  1. Suplemen Vitamin C yang bisa anda dapatkan melalui buah buahan yang banyak mengandung Vitamin C, bisa juga dengan mengkonsumsi C100.
  2. Mencukupi kebutuhan Gizi anda yaitu 4 Sehat 5 Sempurna.
  3. Kompres dengan air hangat menggunakan handuk sebanyak tiga kali sehari
  4. Isrirahat yang cukup supaya tidak banyak pergerakan dan tubuh bisa rileks untuk mengendorkan otot.
  5. Jangan keluar rumah selama mengalami penyakit gondongan supaya virus lainnya juga masuk karena kondisi tubuh dalam keadaan lemah.
  6. Perbanyak mengkonsumsi air Putih supaya kebutuhan cairan dalam tubuh tetap tercukupi.
  7. Hindari Jus Buah karena jus buah itu bisa menyebabkan kelenjar partoid yang membengkak semakin terkena dehidrasi.
  8. Mengkonsumsi makanan yang lunak supaya rongga mulut tidak bekerja keras sehingga mengakibatkan pembengkakan kembali.
  9. Gunakan Obat obatan yang bisa digunakan untuk meedakan pembengkakan dan peradangan adalah parasetamol dan juga ibuprofen.
  10. Konsumsi Yodium yang bisa anda temukan pada sayuran yang kaya akan yodium. Mengkonsumsi garam yang kaya akan yodium tidak diperbolehkan berlebihan sebab bisa menyebabkan hipertensi.
  11. Mengkonsumsi daun dandellion yang dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian anda bisa menjadikannya sebagai lalapan. Daun dandellion ini bisa berfungsi untuk menghilangkan nyeri dan sakit akibat pembengkakan yang terjadi di kelenjar parotid.
  12. Bawang Putih juga bisa mengobati gondongan pada anak anak yaitu berikan banyak bawang putih pada masakan untuk di konsumsi anak anak.
  13. Konsumsi Selada air merupakan salah satu sayuran yang mengandung yodium tinggi sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus bisa meredakan keluhan saat terkena gondongan.
  14. Buah Nanas yang banyak mengandung Vitamin C baik dikonsumsi untuk meredakan gondongan.
  15. Mengkonsumsi noni atau mengkudu yang berwarna putih yang artinya sudah tua atau matang.
  16. Mengompres gondongan dengan Jahe
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments