Cara jitu memperbaiki HP Android yang rusak masuk ke dalam Air

Cara jitu memperbaiki HP Android yang rusak masuk ke dalam Air

Cara jitu memperbaiki HP Android yang rusak masuk ke dalam Air

Memiliki HP Android yang ada Foto dan bisa merekan Vidio adalah kebahagiaan tersendiri bagi para remaja saat ini. Tanpa Handphone Android tersebut terasa dunia sudah berakhir karena sudah tidak bisa update status di Facebook dan Instagram lagi. Hal tersebut bisa saja terjadi saat HP sahabat hilang karena jatuh, Rusak karena sudah waktunya rusak atau error karena terkena Air Hujan. Yang biasa sekali terjadi adalah HP masuk ke bak mandi karena HP diletakkan di kantong baju dan pada saat mengambil air dengan menunduk maka plungggg HP masuk ke bak mandi dengan terjun bebas.

Rasa marah, cemas dan inggin sekali berteriak sekeras mungkin kenapa bisa terjadi. Yang paling ditakutkan adalah File yang ada di HP tersebut bisa error dan hilang. Tetapi jangan kuatir karena seperti apapun HP yang masuk ke dalam air maka Memori Eksternal tempat penyimpanan File di pastikan 70% masih dapat di gunakan. Memori bisa di ambil dan di buka menggunakan HP Android lainnya ataupun di buka di Komputer/Laptop untuk di copy.

Baca juga : Cara mengembalikan Foto atau File yang terhapus di Android dengan mudah

Menghadapi HP Android sahabat yang terkena Air atau masuk ke BAK MANDI maka hal pertama yang harus di perhatikan adalah apakah kondisi HP tersebut masih dalam kondisi menyala atau sudah mati. Jika sahabat mengambil dengan cepat HP tersebut dan tidak terendam dalam waktu yang lama maka di pastikan HP masih menyala dan jika iya langsung matikan di tombol power. Jika HP sahabat dalam kondisi mati maka jangan coba coba menyalakan power sebelum melakukan Trik di bawah ini

Trik Jitu untuk memperbaiki HP yang terkena Air

1. Lepaskan Batrai, SIM Card dan Memori
Tahap pertama adalah melepaskan semua yang ada di HP android sahabat mulai Casing, Batrai, dan Memori Eksternal. Jika HP masih dalam kondisi menyala, langsung saja matikan dan jika HP dalam kondisi sudah mati maka jangan coba coba untuk menyalakan karena kerusakan yang terjadi akibat air masuk ke HP akan semakin parah. PCB itu tempat dimana komponen penting seperti CPU, Ram, dan lain-lain diletakkan. Jadi, ini komponen utamanya. Kerusakan paling ringan biasanya ada pada speaker, slot sim card, dan LCD.

2. Bongkar bagian dalam HP Android
Tahap selanjutnya adalah membuka semua body HP termasuk LCD. Buka semua baut yang menempel pada HP supaya proses pengeringan di dalam lebih cepat dan komponen HP tidak terlalu lama terendam. Jika sahabat tidak berani membukanya atau tidak memiliki obeng khusus yang kecil maka langsung saja bawa ke counter teman (minta tolong bukakan hehehe, jika di service sudah pasti mahal mas kwkwkw).

3. Bersihkan LCD terlebih dahulu
Yang paling rawan rusak terkena air adalah bagian LCD karena berisi Flagmen Lunak yang tidak tahan terhadap kelembababan air. Jika sahabat biarkan terlalu lama terkena air maka ada noda atau fleg hitam di layar LCD.

4. Pengeringan Total ke semua Komponen HP
Lakukan pengeringan total ke semua komponen yang ada di HP, termasuk PCB menggunakan Kipas Anggin, Blower atau bisa juga dengan Hair Drayer. Untuk mengeringkan PCB menggunakan Hair Drayer jangan terlalu dekat dan jangan terlalu lama karena akan merusak komponen. Keringkan Batrai di panas sinar matahari sekitar 2 sampai 3 jam, setelah itu lakukan pengecasan menggunakan Ces Portable.

5. Rendam Komponen HP dalam Beras
Beras memiliki tingkat kepanasan yang cukup stabil dan baik, hal tersebut sangat baik untuk mengeringkan air sisa sisa yang tidak bisa terjangkau dan masih basah. Biasanya untuk membuat buah cepat masak juga di masukkan ke dalam beras. Proses mengubur komponen HP ke dalam beras membutuhkan waktu 1 atau 2 hari (lama juga ya). Sudah pasti sahabat tidak sabar menunggunya tetapi pilih mana mau HPnya baik kembali atau tetap rusak.

6. Rakit HP Android seperti semula
Cara terakhir adalah merakit kembali HP yang sudah dilepaskan komponennya tadi. Lakukan perakitan dengan hati hati dan usahakan jangan ada baut yang tersisa atau terlewatkan. Jika sudah selesai merakit maka cobalah menyalakan HP tersebut dengan berlahan. Jika HP tersebut berhasil maka akan menyala dengan Normal seperti biasanya tetapi jika layar hanya menyala tetapi tidak tampil gambar maka di mungkinkan LCD yang sudah terlanjur rusak karena lamanya terkena air. Perlu di ketahui bahwa tips ini bukanlah untuk memperbaiki HP yang sudah rusak tetapi cara Pertolongan pertama saat HP terkena air. Semoga bermanfaat dan jika HP sahabat tetap tidak baik maka segeralah ke Counter terdekat agar tingkat keparahannya semakin mendalam.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

HANYA DENGAN RP.50.000 SUDAH MENDAPATKAN BLOG CANTIK DAN DAPAT BONUS TEMPLATE PREMIUM, PEMESANAN SILAHKAN KLIK LINK INI, TEMPLATE SUPER SEO CEPAT TERDETEKSI GOOGLE Kumpulan Bahan dan Cara Membuat Kue Kering, Sayur, Masakan Ikan dan Daging