Kumpulan daftar menu Sahur puasa di bulan Ramadhan | Tips terbaru 2017

Kumpulan daftar menu Sahur puasa di bulan Ramadhan | Tips terbaru 2017

Kumpulan daftar menu Sahur puasa di bulan Ramadhan | Tips terbaru 2017

Puasa bagi umat Islam sebentar lagi akan tiba, berbagai persiapan sudah dimulai saat ini yaitu di antaranya menu masakan atau menu makanan untuk sahur di pagi hari dan menu makanan saat berbuka puasa. Sebelum kita membahas jauh tentang menu apa saja untuk Sahur di pagi hari terlebih dahulu sahabat harus tau tentang 5 langkah sehat untuk tetap Prima pada saat menjalankan Ibadah Puasa.
  1. Penuhi Asupan Kalsium; jika Anda ingin pembakaran lemak terjadi lebih cepat terjadi di tubuh Anda, pastikan asupan kalsium yang Anda konsumsi cukup. Ini bagus bagi Anda yang sedang diet. Karena ketika seseorang kekurangan kalsium, maka tubuhnya akan menghasilkan calcittriol, yaitu hormon yang memperlambat proses pencernaan lemak di dalam tubuh.
  2. Penuhi Kebutuhan Cairan; Penuhi kebutuhan cairan tubuh sebanyak 2,5 liter per hari. Selain berfungsi menghalau dehidrasi, cairan juga membantu membawa sel pemicu kanker usus keluar.
  3. Tambahan Vitamin dan Mineral; pastikan karbohidrat kompleks (nasi, kentang, ubi) dan lemak masuk ke tubuh saat sahur dan berbuka, dan perbanyak makanan yang mengandung vitamin A, B, C serta mineral, agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.
  4. Jangan Lupa Serat; pastikan kecukupan serat Anda terpenuhi agar tidak terkena sembelit. Selain itu makanan serat juga dapat membantu Anda menahan rasa lapar karena tuuh memerlukan waktu yang lama  untuk mencerna makanan berserat.
  5. Hindari Rasa Lemas; perlunya asupan kalsium untuk menghindari rasa lemas akibat tubuh mengambilnya dari tulang.

Jika sahabat sudah mengetahui 5 langkah agar tetap prima pada saat menjalankan ibadah puasa maka sudah pasti sahabat dapat menentukan jenis makanan apa yang cocok di konsumsi pada saat Sahur di Pagi Hari, berikut adalah daftar masakan yang palin cocok di konsumsi pada saat Sahur.

IKAN SARDEN
Sarden kalengan mengandung energi, protein, lipid atau lemak, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Vitamin dalam sarden meliputi thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, A, D, E dan vitamin K. asam lemak yang ditemukan dalam ikan sarden termasuk lemak total yang jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan kolesterol. Manfaat Ikan Sarden meliputi : Pencegahan penyakit jantung, Mencegah pembekuan darah, Mengurangi risiko degenerasi makula yang terkait usia, Sifat anti-kanker, Memperkuat tulang, Sistem kekebalan tubuh yang sehat, Kulit yang sehat, Resistensi insulin, Zat Antioksidan, Kaya protein.

SAYUR BOBOR
Sayur bobor merupakan sayur yang terbuat dari bahan Sayur bayam dengan kuah santan yang tidak kental merupakan variasi memasak bayam dengan kuah segar bernuansa gurih. Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia. Beberapa kultivar A. tricolor memiliki daun berwarna merah atau putih dan dipakai sebagai tanaman hias, meskipun dapat pula disayur. Jenis tanaman hias lainnya adalah A. caudatus karena tandan bunganya berwarna merah panjang menggantung seperti ekor. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya(bayam biji) sebagai sumber karbohidrat. Biji ini sekarang juga populer sebagai makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan.

NUGET TAHU
Membuat nugget memang sedikit lebih ribet, namun sekali bikin bisa menjadi menu-menu praktis berikutnya. Lobak bisa diskip atau diganti dengan sayur yang lain, namun gunakan saja jika ada untuk menambah nilai gizi dan cita rasanya. Manfaat Tahu untuk kesehatan yaitu Mencegah Anemia, Menjaga Kesehatan Jantung, Menguatkan Tulang, Melawan Radikal Bebas, Mencegah Kanker Payudara.

TUMIS KACANG PANJANG
Kacang panjang ialah salah satu jenis sayuran dari kacang-kacangan dengan untaian yang lebih panjang. Manfaat kacang panjang yaitu Menjaga dan meningkatkan stamina tubuh, Sebagai sumber protein, Menjaga kesehatan tulang, Menjaga kesehatan persendian, Mencegah resiko diabetes, Sebagai zat antibodi, Membantu proses pembentukan sel darah merah, Membantu proses pembentukan enzim.

SUP KACANG MERAH
Kacang merah adalah salah satu makanan yang tinggi serat. Manfaat kacang merah untuk kesehatan yaitu Kaya Antioksidan, Sumber Protein Nabati, Meningkatkan Energi Tubuh, Menyehatkan Pencernaan, Mengontrol Kadar Gula Darah, Mengoptimalkan Memori Otak, Mencegah pikun, Membentuk otot tubuh, Memenuhi kebutuhan gizi sehat, Mencegah kanker.

SOSIS ASAM MANIS
Selain bakso, sosis pun kerap menjadi bahan pilihan yang mengisi ruang di kulkas. Berikut adalah manfaat sosis bagi kesehatan yaitu banyak mengandung Protein dengan komposisi dasar pembuatan sosis dari ikan, otomatis sosis mempunyai protein yang sangat baik bagi kesehatan. Selain berguna sebagai komponen pembangun, protein juga merupakan zat yang mengandung mineral yang ideal ke seluruh organ tubuh. Protein juga bisa meningkatkan sistem ketahanan tubuh.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar